Nov 10, 2012

5 Cara Mudah Mempercepat Postingan Baru Di Indeks Mesin Pencari


Di indeks oleh mesin pencari seperti google,. Bing , yahoo dan yang lainnya merupakan kebutuhan sebuah blog atau lebih specific lagi halaman atau postingan di suatu blog. Di indeks berarti menempati suatu posisi tertentu di halaman mesin pencari sebagai hasil suatu proses pencarian seseorang.  Semakin cepat di indeks berarti semakin cepat pula bisa di temukan oleh pencari informasi yang kemudian berpotensi berkunjung ke blog kita.

Inilah alasan utama mengapa setiap postingan baru di blog perlu segera di indeks oleh mesin pencari.  Apa yang dapat di lakukan untuk mempercepat indeksing mesin pencari terhadap halaman atau postingan baru di blog.

Inilah 5 cara mempercepat postingan baru di indeks oleh mesin pencari

1. veryfikasi blog anda di mesin pencari seperti google, bing, dll
Memverifikasi blog di mesin pencari sepeti google dan bing, berarti memperkenalkan blog anda dan diri anda sebagai pemiliki blog kepada mesin pencari. Setelah verifikasi selesai selanjutnya kita dapat memasukkan sitemap  yang akan memberi  tahu mesin pencari pada setiap postingan baru yang di publikasikan di blog. Dengan demikian postingan baru akan lebih cepat di indeks oleh mesin pencari.
Selain memasang sitemap , beberapa mesin pencari memberi  tool untuk memasukkan URL secara manual. Salah satu diantaranya adalah Bing yang sekarang terintegrasi dengan yahoo .

Jika anda menggunakan browser Mozilla firefox dengan SEO quake.yang terinstal anda dapat  memeriksa halaman Blog Bisnis Online yang terindeks di bing. Sebagai informasi selama sebelas bulan blog ini aktif di up date tetapi bing hanya dapat mengindeks 2 halaman, yaitu home page dan salah satu halaman tertua di blog ini. Namun berbeda setelah blog ini di verifikasi di bing, mensubmit sitemap dan mensubmit URL secara manual sekarang bing sudah mengindeks lebih banyak halaman di blog ini, dan itu akan terus bertambah setiap saat. Kini indeksing bing bukan lagi masalah buat blog ini. Begitu pula dengan google.

2.  Submit di direktori blog
Salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh pengguna dan pencari informasi di internet adalah direktori blog. Direktori blog merupakan wadah yang menghimpun beberapa blog dari berbagai kategori . Pencari akan lebih muda menemukan konten yang mereka minati hanya dengan melihat daftar atau dengan memasukkan kata kunci  relevan kedalam form pencarian yang tersedia.

Menempatkan blog anda  pada salah satu daftar kategori mereka berarti mempercepat seseorang menemukan konten blog anda.

Ada dua alasan mengapa direktori blog dapat mempercepat blog yang terdaftar dapat di indeks  lebih cepat oleh mesin pencari

Pertama: direktori blog memiliki tingkat up date yang sangat tinggi. Hal ini yang membuat mesin pencari lebih rajin datang memeriksa sekaligus mengindeks semua konten di dalamnya. Menempatkan blog anda  sebagai salah satu bagian konten blog direktori berarti membiarkan blog anda iklut di rayapi oleh mesin pencari.

Kedua : blog direktori dapat mengarahkan lalu lintas ke blog anda sekaligus mengarahkan laba-laba mesin pencari mendatangi dan memeriksa blog anda ketika seseorang mengklik link ke blog anda.
Direktori  mana yang tepat untuk di pilih.

Karena kita mengharapkan kunjungan seseorang ke blog kita sekaligus mengarahkan mesin pencari mengunjungi blog maka sebaiknya kita memilih direktori yang pengunjungnya memiliki bahasa yang sama dengan bahasa yang anda gunakan di blog. Jadi jika blog anda berbahasa Indonesia maka blog direktori terbaik adalah yang berbahasa Indonesia.

3. Submit Postingan baru di social media
Apakah yang di maksud Social Media? Social media adalah media online dimana setiap orang dapat berinteraksi, berpartisipasi, berbagi, menjalin pertemanan dan bookmarking.

Secara umum social media di kelompokkan dalam 4 macam yaitu:

Social Sharing : situs untuk berbagi foto dan video. Contohnya flickr,youtube dll.
Social News : tempat dimana kita bisa membaca berita atau topik tertentu , memberi komentar dan rating. contohnya digg, sphinn, slashdot, newsvine.
Social Network : media social untuk menjalin pertemanan. Contohnya Facebook, Twitter, Linkedin dll
Social Bookmarking : Seperti  lintasme, infogue, delicious, linkagogo, dll

Saat ini algoritma mesin pencari sudah memperhitungkan social media sebagai salah satu komponen penting dalam menilai suatu kinerja web/blog. Jadi sangat baik membiarkan konten anda berada di sana dengan link URL yang mengarah ke halaman blog.

Tingkat up datenya yang sangat tinggi, dan pengunjung yang sangat besar  membuat laba-laba mesin pencari aktif berkunjung ke social media. Jadi bisa di bayangkan jika konten blog anda berada pada tempat yang memiliki banyak pengunjung dan dengan frekwensi perayapan laba-laba mesin pencari yang juga tinggi. 

Jadi  secara sederhana dapat di jelaskan bahwa social media berfungsi sebagai katalisator ( yang mempercepat ) pertemuan antara suatu informasi/konten blog dengan pengguna informasi dan antara postingan blog dengan laba-laba mesin pencari.

Setiap postingan di Blog Bisnis Online selalu di submit paling tidak di facebook ( komunitas blogger ) infogue dan di google +.

4. Ping setiap kali selesai memposting
Ping berarti mengundang atau memberitahu mesin pencari bahwa blog tertentu baru saja mengalami up date. Pada saat itu laba-laba mesin pencari akan merayapi , memeriksa link URL yang di sertakan pada proses ping tersebut.  Beberapa web layanan ping adalah:

Pingler.com
Pingomatic.com
Ping.in

Kita dapat menggunakan salah satu di antaranya.
Lakukan ping pada setiap postingan yang baru saja di publish di blog anda.  Bagi pengguna  woordPress proses ping dapat di lakukan dengan lebih mudah bahkan otomatis hanya dengan menginstal plug in  seperti cb net ping optimizer yang akan men ping blog secara berkala .

5. Buat komentar di blog dengan niche relevan , dofollow dan no follow.
Salah satu manfaat komentar adalah mengarahkan lalu lintas dan link balik ke blog anda.  Blogdofollow atau no follow ? Dua-duanya penting.

Berkomentar pada blog do follow dengan link URL yang tertanam di dalamnya dapat memberikan backlink ke blog atau postingan yang di target. Status do follow membuat mesin pencari akan langsung mengikuti link hingga sampai ke halaman blog target link. Jika target link adalah postingan baru, maka postingan baru akan di indeks.

Yang perlu di perhatikan adalah blog tempat kita berkomentar, apakah tingkat up datenya tinggi atau tidak. Karena bisa jadi walaupun blog do follow tetapi jarang bahkan sudah lama tidak di up date berarti mesin pencari juga sudah lama tidak jalan-jalan ke blog tersebut.

Berkomentar di blog no follow walaupun mesin pencari tidak akan mengikuti link hingga poastingan  target link,  kita masih dapat memperoleh manfaat darinya. Komentar yang baik akan mendatangkan lalu lintas. Ketika sesorang meng klik link URL yang ada pada komentar anda, itu berarti sama saja mengarahkan mesin pencari memeriksa link URL target link. Disinilah terjadi indeksing oleh mesin pencari terhadap postingan baru anda.

Mengapa niche yang relevan dengan blog kita? ITU karena blog yang memiliki niche yang relevan berarti juga memiliki pengunjung yang kurang lebih sama. Nah mereka inilah sesungguhnya yang di harapkan mengklik link URL di komentar sehingan akan mengarahka lalu lintas plus kunjungan mesin pencari ke postingan blog yang di jadikan target.  

3 comments:

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!