Dec 27, 2012

Blog Bisnis Online: Catatan Akhir Tahun 2012



Tahun 2012 Sedikit lagi usai. Kita sekarang berada di penghujung akhir tahun. Selama  dua belas bulan kita di si bukkan oleh berbagai aktifitas. Sebagai blogger tentu ada banyak aktifitas yang berkaitan dengan blogging. Belajar meningkatkan kemampuan blogging, SEO dan copy writing adalah beberapa topic aktifitas setahun terakhir. Termasuk di dalamnya riset dan menulis artikel untuk di posting di blog.

Pada kesempatan ini Blog Bisnis Online membuat catatan akhir tahun sebagai evaluasi terhadapa apa yang telah terjadi selama tahun 2012.

Salah satu hal yang sangat mendasar yang terjadi pada Blog Bisnis Online adalah perubahan nama domain dan alamat URL dari Smart Bisnis Online yang merupakan sub domain blogspot.com ke Blog Bisnis online yang merupakan domain berbayar ( www.blogbisnisonline.info ). Di satu sisi perubahan ini baik sebagai wujud peningkatan dan keseriusan untuk membangun dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik dan professional, tetapi di sisi lain perubahan ini juga berdampak pada:
  • Penurunan alexa traffic rank dari  800 ribu lebih ke lebih besar 25 juta dan dari 10 ribu ke 20 ribuan untuk tingkat popularitas blog Indonesia.
  • Penurunan page view dari > 100 ke < 10 perhari.
  • Penurunan PR dari PR 1 ke N/A
Ini sangat berat, terutama untuk mengembalikan posisi blog sebelum perubahan nama domain dan URL. Setelah berjuang membangun blog hingga penghujung tahun 2012, indikasi perbaikan terus menunjukkan trend positif. Sampai artikel ini di posting posisi ATR sudah berada di posisi 699 ribu dan 11 untuk posisi popularitas blog di Indonesia. Page view terus menunjunkan grafik naik setiap hari.  Walaupun PR masih 0 tetapi saya berharap dengan konsisten membangun inbound link dan terus memperbaiki atau meningkatkan kualitas artikel yang di tuulis, saya yakin PR tersebut akan meningkat.

Selain aktifitas blogging, pada tahun 2012 ini pula program bisnis online ( affiliate program ) mulai menunjukkan hasil positip. Beberapa program affiliate mulai menghasilkan, seperti yang saya daftar di bawah ini.

·     Amazon affiliate telah berhasil mencapai bahkan melebihi minimum pay out ( >$100 ). Pencapaian berasal dari satu mini site aktif  dan satu produk GPS navigation system. Ceknya sedang dalam perjalanan dari amazon ke saya…. :D

·     Globaltest market. Ini adalah program paid survey online yang membayar membernya setelah mencapai 1000 market point. Sekarang sedikit lagi akan mencapai minimal pay out.

·     Shareasale. Ini program affiliate yang mulai menghasilkan dollar dalam tahun 2012 ini. Walaupun belum mencapai minimum pay out tetapi hasil sudah ada dan akan terus bertambah. Aminnn…

·     Adsense. Program adsenses yang di pasang di blog ini sudah mulai menghasilkan rupiah. Saya yakin ini akan terus bertambah seiring dengan makin bertambahnya pengunjung ke blog.

·     Beberapa program affiliate yang lain sebenarnya sudah menghasilkan juga namun masih kecil-kecil alias recehan jadi saya belum sampaikan di sini.

Ditahun ini pula beberapa program affiliate baru masuk menambah daftar program make money online yang saya ikuti. Di satu sisi ada kemajuan dan peningkatan hasil namun disisi lain ada hal yang harus di perbaiki.

Amazon affiliate walaupun sekarang sudah menghasilkan namun hal ini belum memuaskan. Membangun 10 amazonmini site dari awal kemudian bertahan hanya satu ini sungguh sesuatu yang tidak baik. . Faktor utamanya adalah infeksi malware ke masing-masing mini site tersebut yang membuat kemudian google memberi warning “bahaya” pada setiap orang yang mencoba akses ke mini site tersebut. Jadi factor keamanan adalah kendala yang serius yang harus segera di atasi.

Peningkatan kemampuan menjaga keamanan setiap website terutama yang di bangun menggunakan platform wordpress merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Saya berharap di tahun depan masalah ini sudah dapat teratasi sehingga akan lebih banyak blog WP yang selamat dan menghasilkan $$$ yang lebih banyak.

Salah satu factor yang menghambat pencapaian minimum pay out pada paid survey online di global test market adalah ketersediaan waktu untuk mengerjakan dan menyelesaikan survey yang tersedia. Terkadang survey sudah ditutup baru sempat lihat undangannya. 

Ada banyak hal yang terjadi, positif dan negatif bercampur aduk menjadi satu. Semua itu merupakan hal yang jika di sikapi dengan bijaksana hal yang negative dapat berubah menjadi sebuah kekuatan dan pemicu peningkatan kemanjuan di tahun depan.

Hal terbaik yang harus di lakukan setiap akhir tahun adalah mencoba melakukan evaluasi atas apa yang telah terjadi sepanjang tahun 2012.  Di awal tahun kita telah membuat perencanaan aktifitas, melaksanakan dan mendapatkan hasil. Terlepas dari apakah hasilnya positif atau negatif. Mendatangkan keuntungan atau kerugian, maka yang terbaik yang perlu dilakukan adalah membuat evaluasi dan refleksi atas semua yang telah di lakukan sepanjang tahun ini.

Bersyukur atas pencapaian positif yang di peroleh dan terus belajarmeningkatkan kemampuan karena masih adanya yang kurang adalah sikap bijaksana yang harus di kedepankan.

Selamat memasuki tahun baru, semoga di tahun 2013 apapun yang direncanakan akan mendatangkan hasil yang lebih baik dari tahun ini. Aminnnn

Bagaimana dengan anda. Apa yang telah di lakukan dan hasil apa yang telah di capai di tahun 2012?. Apapun itu hendaknya membuat kita tetap konsisten membangun mengembangkan aktifitas kita masing-masing sehingga pada akhirnya kita memperoleh hasil yang maksimal.



No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!