Pada postingan kali ini BBO ingin berbagi informasi
tentang berberapa aspek penting dalam membangun bisnis online di internet.
Artikel ini merupakan hasil pembelajaran dan kompilasi berbagai
sumber, yang di himpun dan dikembangkan menjadi sebuh artikel.
Seperti halnya bisnis off line, bisnis online adalah
usaha menawarkan suatu produk atau jasa kepada orang lain. Hanya saja bisnis
online memamfaatkan media internet sebagai kekuatan utama untuk menawarkan
produk atau jasa tersebut.
Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis online kita
harus mengetahui aspek yang dapat mendukung usaha penawaran dan penjualan kita
di internet secara berkelanjutan.
Tiga aspek yang paling penting untuk membuat uang dengan bisnis online adalah :
1. Konten
( Isi )
Setiap internet marketer pasti memahami aturan emas ini “
Konten adalah raja”. Begitu urgennya konten tersebut sehingga sertiap Internet
marketer dan web master menempatkan konten sebagai prioritas utama.
Inti dari internet
adalah konten unik, kreatif, asli dan berguna.
Ketika konten Anda adalah seperti itu berarti tidak hanya pembaca Anda akan
datang kembali untuk mendapatkan lebih, tetapi mereka akan berbagi!
Konten yang
mengisi suatu web/blog dapat berupa keterangan atau informasi , review dan
gambar suatu produk atau jasa yang di tawarkan ke masyarakat online. Jika kita membuat pengandaian gula dan semut
maka konten adalah gula dan semut adalah pengunjung yang datang ke suatu
website. Gula akan selalu di kerumuni oleh semut. Konten yang berguna juga akan
mendatangkan banyak pengunjung ke web/blog kita.
2. Traffic
( lalu lintas )
Hal yang kedua yang sangat urgen adalah traffic atau lalu
lintas pengunjung di web/blog kita. Sebenarnya ini sangat berkaitan dengan
konten yang berkualitas atau berguna. Namun demikian sebaik apapun konten ( produk atau jasa ) yang kita miliki jika
orang lain tidak tahu maka ini sama saja tidak ada artinya.
Inilah mengapa banyak internet marketer menghabiskan
banyak dananya dan berinvestasi melakukan kampanye dan pemasangan iklan dalam
berbagai bentuk dan program di situs
penyedia layanan penerbitan iklan. Mereka melakukan ini untuk mengarahkan
traffic ke web/blog.
Tahukah anda mengapa hampir setiap bisnis online gagal? Hal
yang sangat simpel. Mereka tidak memiliki siapapun yang mengunjungi situs
Web mereka.. Jika orang tidak dapat menemukan Anda, mereka tidak dapat
memesan apa pun dari Anda. Atau dengan
kata lain jika tidak ada orang yang datang ke situs Anda, maka hampir tidak ada
kesempatan untuk menghasilkan pendapatan.
Jadi kesuksesan penjualan sangat tergantung dari seberapa
banyak orang yang datang ke situs kita. Apalagi jika yang datang adalah orang
yang memang di targetkan untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan. Pasti
tingkat konversinya jauh lebih tinggi lagi.
3. List
Building ( Membangun daftar prospek )
List building adalah daftar yang berisi alamat email
seseorang. Mererka inilah yang di sebut sebagai prospek. Sebagai prospek mereka
adalah harta karun bagi setiap internet marketer. Mereka dapat menjadi pembeli
atau bahkan pelanggan dari produk atau jasa yang di tawarkan.
List building adalah jantung dan jiwa dari internet
marketing. Kenyataan yang di hadapi oleh internet marketer adalah mendapatkan
pelanggan baru jauh lebih sulit daripada menjual ke yang sudah ada.
Disinalh
pentingnya memiliki daftar prospek. Karena memiliki mereka berarti kita dapat
memenghubungi, memberitahu dan menawarkan suatu produk atau jasa kapanpun kita
mau. Bahkan jika kita mau proses tersebut dapat dilakukan secara otomatis hanya
dengan melakukan setting sederhana di web penyedia layanan list building
langganan anda.
Memiliki daftar yang tumbuh dan memelihara daftar email
dari pelanggan yang ditargetkan adalah salah satu hal yang paling menguntungkan
yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis online yang sukses. Betapa
tidak, dari mereka Anda dapat mengarahkan traffic atau lalu lintas instan ke situs pilihan yang menyediakan penawaran produk atau jasa anda. Tanpa harus mengeluarkan
biaya tambahan.
Inilah mengapa banyak internet marketer memasang form
berlangganan misalnya: berlangganan artikel terbaru, form penawaran ebook dan
video gratis dll. Semua itu tujuannya jelas mendapatkan daftar prospek yang
sebanyak banyaknya. Begitulah kita membangun list sehingga semakin lama semakin
banyak dan tumbuh terus terus dan terus….
Jadi konten, traffic dan list building adalah 3 aspek
yang sangat penting dalam jika kita ingin mendapatkan penghasilan dari bisnis
online.
Semoga artikel ini bermanfaat, menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam
upaya membangun bisnis online di internet yang lebih baik.
Salam sahabat, Saya tambahkan satu ya...teknik konversi traffic menjadi pembeli.
ReplyDelete@qbonk, trims ya udah menambahkan.
Delete