May 19, 2014

Riset Kata Kunci Menggunakan Jaaxy

jaaxy keyword toolSalah satu keterampilan yang sangat penting di miliki oleh seorang blogger adalah kemampuan melakukan riset kata kunci. Ini penting di lakukan sebagai cara mendatangkan pegunjung yang potensial ke blog.

Di luar sana ada banyak alat yang dapat di gunakan untuk melakukan riset kata kunci, baik yang gratisan maupun berbayar. Misalnya google keyword planner, Spyglass, Wordtracker, samurai dll

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas salah satu alat riset kata kunci yang menurut saya sangat handal dan mudah di gunakan. Alat yang saya maksud adalah jaaxy, yang dapat di akses melalui jaaxy.com.

Riset kata kunci menggunakan jaaxy


Pada saat artikel ini di buat, di USA sekarang sedang memasuki summer season ( musim panas ) yang akan berlangsung hingga Agustus nanti. Pada saat seperti ini masyarakatnya banyak melakukan kegiatan di luar rumah untuk mengisi liburan. Saya ingin memanfaatkan momen ini untuk meriset kata kunci potensial terkait dengan penggunaan berbagai produk summer season.

Pada kesempatan ini saya ingin meriset kata kunci yang terkait dengan liburan di pantai. Produk apa yang biasa di gunakan di pantai. Untuk mempersingkat saya akan coba memilih alat yang di gunakan orang ketika selesai mandi. Handuk ya tepatnya handuk pantai ( beach towel ), saya akan merise kata ini.

Saya akan memulai pencarian di google.com untuk melihat kata kunci apa yang terpopular terkait kata kunci beach towels.


cek kata kunci populer di google

Dari pencarian ini ada beberapa kata kunci yang potensial yang sering di cari di google, yaitu Beach Towels Cheap, Beach Towels Clearance dan Beach Towels personalized. Selanjutnya saya akan mencari kata kunci ini di amazon sekalian melihat produknya.

cek popularitas kata kunci di amazon

Hasil yang di dapatkan adalah “beach towels clearance” adalah yang  terpopular di cari di amazon untuk kata kunci utama  beach towels.  Selanjutnya saya akan meriset kata kunci yang di peroleh di amazon  ( beach towels clearance ) dengan menggunakan jaaxy. 

Silahkan log in. Bagi anda yang belum punya akun di jaaxy silahkan buat dulu. Gratis. BUAT AKUN DI SINI .Setelah terbuka silahkan masukkan kata kunci di form yang tersedia. Klik tombol search dan tunggu beberapa detik. 


riset kata kunci di jaaxy

Perhatikan data yang di tampilkan oleh jaaxy terkait dengan kata kunci yang di riset.

daftar kata kunci di jaaxy

Pada kolom sebelah kiri terdapat data hasil yang di tampilkan yaitu:
1. Keywords:  Daftar kata kunci hasil riset
2. Monthly Searches:  Jumlah pencarian bulanan
3. Estimated Traffic:  Prakiraan lalu lintas
4. QSR:  Quoted Search Results/excat competition. Tingkat persaingan
5. KQI:  Keyword Quality Index
6. SEO Power:  Angka yang menunjukkan kekuatan SEO  kata kunci tersebut
7. Domain Search:. Fitur untuk mememeriksa ketersediaan Top Level Domain
8. To do: Tindakan yang di lakukan. Klik add untuk mengambil kata kunci ini sebagai pilihan.

Pada riset ini alat memilih kata kunci yang memiliki jumlah pencarian bulanan ( Estimated Traffic )  > 100 dan jumlah saingan yang kecil/semakin kecil semakin baik (QSR ) < 400. Untuk mudahnya langsung saja melihat warna yang di tampilkan oleh Keyword Quality Index.
Semua kata kunci yang KQI di tampilkan berwarna hijau masuk dalam kategori baik ( SEO friendly ). Ini salah satu kelebihan dari jaaxy.

Hasil pencarian menunjukkan ada 11 kata kunci yang terkait dengan beach towels clearance yang memenuhi criteria, yaitu:

N0
Keywords
Monthly Searches
QSR
1
 beach towels clearance
3502
87
2
 bath towels clearance
3735
72
3
 cheap beach towels
3100
185
4
 luxury bath towels
5867
242
5
 beach towels sale
831
74
6
 bath towel sets clearance
178
46
7
 walmart beach towels
320
37
8
 luxury beach towels
346
192
9
 beach towels oversized clearance
189
21
10
 striped beach towels
267
194
11
 beach towels oversized
220
105

Semua kata kunci di atas adalah potensial untuk di tindak lanjuti baik untuk pembuatan konten yang tertarget, maupun di jadikan domain yang profitable.

Karena tujuan saya ingin mempromosikan/menjual produk beach towels maka Saya memutuskan mengambil beach towels clearance.  Walaupun jaaxy menganggap kata kunci di atas baik ( SEO friendly dan prospektif ) tetapi saya boleh menambahkan dengan mengambil kata kunci yang lebih specific dengan volume pencarian bulanan > 300 dan tingkat persaingan yang lebih kecil yaitu < 100.  Anda boleh melakukan hal yang sama atau dengan tambahan criteria yang lebih specific.

Inilah alasan saya mengabil kata kunci  beach towels clearance sebagai kata kunci utama.

Selanjutnya dengan mengklik Find Domain kita dapat memeriksa ketersediaan domain untuk kata kunci beach towels clearance, tanpa harus membuka situs penyedia layanan register domain name. Seperti name cheap, god daddy atau yang lain.

cek ketersediaan domain

Hasil pemeriksaan  menunjukkan bahwa untuk nama domain beach towels clearance. com sudah tidak tersedia. Seseorang telah membelinya.  Tidak masalah karena masih ada ekstensi  lain seperti .net dan .org yang tersedia. Selanjutnya tinggal membeli nama domain dengan ekstensi yang di pilih untuk membuat mini site dan mempromosika produk amazon terkait.

Seandainya kata kunci yang  diriset itu terkait dengan produk yang di jual melalui program affiliasi, maka dengan mudah mencari dan menemukan program affiliasinya ( produk dan website ) yang memiliki program tersebut.

Pada postingan berikut saya ingin membahas mengenai cara meriemukan program affiliasi yang relevan dengan suatu kata kunci hasil riset menggunakan jaaxy.

Jika anda tertarik silahkan langsung mendaftar di jaaxy. GRATIS ( dengan akun gratis anda memiliki jatah 30 kali pencarian/riset kata kunci. Lumayan untuk mendapatkan kata kunci yang baik. Seperti contoh dalam postingan ini hanya sekali menggunakan, sudah di peroleh 11 kata kunci yang SEO Friendly.  Bagaimana jika 30 kali untuk 30 variasi kata kunci yang berbeda.

Saya berharap informasi ini bermanfaat bagi teman-teman blogger yang lain.

6 comments:

  1. selamat Pagi Sob, saya belum pernah menggunakan Jaaxy dalam melakukan Riset kata Kunci, saya dulu biasanya menggunakan Google Planner...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hayardin Putra mungkin kebanyakan dari kita menggunakan GPT untuk melakukan riset kata kunci. Jika kemudian pada akhirnya kita menggunakan tool lain maka tak lain untuk mencoba mendapatkan hasil yang lebih baik, menambah senjata untuk riset atau sekedar membandingkan kinerja tool yang tersedia dan dapat di gunakan dengan mudah.

      Delete
  2. Nah ini perlu di coba apa lagi bagi saya blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. @YosLF, selamat mencoba. Silahka di eksplorasi kemampuan jaaxy dan temukan kata kunci profitable anda.

      Delete
  3. Replies
    1. Maaf bukan 30 hari Mas, tetapi 30 x melakukan riset ( frekwensi riset ). Jika anda melakukan riset kata kunci selama 30x dalam sehari maka hari itu juga kuota anda habis.

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!