Oct 23, 2012

Cara Mengukur Kecepatan Loading Halaman Blog


Kecepatan akses suatu halaman blog sangat di tentukan oleh kecepatan loading pada halaman tersebut. Setiap web master dan pemilik blog wajib mengetahui kecepatan loading halaman blognya.  Kenapa ? Agar supaya kita dapat segera memperbaiki setiap kali blog mengalami penurunan kecepatan akses .

Kita semua memahami bahwa  kecepatan loading halaman yang lambat akan menyebabkan visitor kabur pindah ke web lain. Ditengah persaingan yang ketat ( pada saat artikel ini di tulis, terdapat lebih dari 162 juta blog online ) sumber informasi yang banyak membuat mereka tidak dapat menunggu lebih lama hanya untuk melihat proses akses yamg lambat. Bukankah masing-masing kita sering melakukannya. Kaburrr……..!

Bagaimana cara mengukur kecepatan loading halaman blog?


Ada beberapa website yang menyediakan layanan pengukuran kecepatan loading pada suatu web/blog. Masing-masing menggunakan teknologi pengukurang yang akurat.

Pada kesempatan ini blog bisnis online akan membahas layanan gratis dari google page speed. Bukan apa-apa google saat ini adalah yang terbaik dalam banyak hal  atau bahkan semuanya jika berbicara soal teknologi layanan internet.

Google page speed  adalah tool yang di gunakan untuk mengukur kecepatan loading web/blog anda. Kita dapat melakukannya dengan memasukkan URL di form page speed kemudian klik analisis. Setelah menunggu beberapa saat muncul hasil berupa data seperti: nama web/blog, skor kecepatan akses hasil pengukuran  dan yang tidak kalah pentingnya adalah saran perbaikan untuk lebih meningkatkan skor kecepatan akses halaman blog kita.  Saran tersebut terdiri dari beberapa kategori seperti: Prioritas tinggi, sedang dan rendah, selain itu terdapat saran eksperimental untuk anda lakukan.

Contoh hasil pengukuran halaman blog bisnis online :

Halaman Blog Bisnis online mendapat Skor PageSpeed ​​keseluruhan 93 (dari 100) cukup baik.
Saran perbaikan dari layanan ini :

Prioritas tinggi. Saran ini menunjukkan kemenangan terbesar kinerja potensial untuk usaha pengembangan paling kecil. Namun, tidak ada saran prioritas tinggi untuk situs ini. Good job!

Prioritas menengah. Saran ini mungkin menunjukkan perbaikan yang lebih kecil atau bekerja lebih banyak untuk melaksanakan. Anda harus mengatasi item ini: Gabungkan GAMBAR Ke Dalam, CSS sprite , Manfaatkan penyimpanan tembolok peramban , Tunda penguraian JavaScript , Optimalkan GAMBAR , Minimalkan pengalihan , Sajikan Sumber Daya Bahasa Dari URL Yang konsisten

Prioritas rendah. Saran ini menunjukkan kemenangan terkecil. Anda hanya harus peduli dengan barang-barang setelah Anda menangani tinggi-prioritas yang: Tentukan validator tembolok , Optimalkan Urutan Gaya Dan skrip , Pilih Sumber Daya asinkron , Memperkecil JavaScript , HTML Memperkecil , Memperkecil CSS , Sajikan GAMBAR Yang diperkecil , Letakkan CSS di Kepala Dokumen. Tentukan Himpunan Karakter , Hapus string yang kueri bahasa Dari Sumber Daya statis , Tentukan Kepala Vary: Terima-Encoding

Aturan eksperimental. Saran ini eksperimental, namun tidak mempengaruhi skor PageSpeed ​​keseluruhan. Pertimbangkan item ini sebagai poin ke suatu daerah untuk mengeksplorasi, tapi jarak tempuh Anda mungkin bervariasi: * Mengurangi serialisasi permintaan , Hapus perubahan ukuran Yang tidak Perlu

Sudah dilakukan.! ada saran untuk aturan ini, karena halaman ini sudah mengikuti praktek-praktek terbaik. Good job!

( maaf jika tata bahasanya agak blepotan soalnya saran di atas hasil terjemahan bebas dari google chrome )

Saran tersebut walaupun hanya prioritas menengah namun tetap harus di upayakan sehingga kelak kecepatan loading ketika di akses halaman blog ini bisa lebih cepat lagi.

Kunjungi : (https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights ) untuk mendapatkan layanan tersebut.

Bagaimana dengan kecepatan web/blog anda? Saya berharap hasil pengukurannya bisa lebih cepat.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. Jangan ragu memberi saran dan tanggapan dengan menulis di kotak komentar yang tersedia. Terima kasih anda mau berbagi.


2 comments:

  1. bagaimana cara meManfaatkan penyimpanan tembolok peramban. blog saya ada peringatan ini

    ReplyDelete
  2. @kumpulan kata bijak, terima kasih sudah berkunjung ke Blog Bisnis Online. Karena jawaban anda butuh penjelesan agak teknis dan panjang maka saya hanya bisa menyarangkan untuk mengunjungi link berikut:
    1. http://m-alwi.com/cara-setting-expired-header.html
    2. http://support.microsoft.com/kb/313561/id-id
    3. http://www.mnot.net/
    Semoga ini bisa membantu. Ok

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!