Oct 17, 2012

Ketahui 7 Faktor Yang Membuat Produktif Menulis Di Blog


Bagi seorang blogger, menulis dan mengupdate postingan merupakan kewajiban yang harus di tunaikan. Ini merupakan cara terbaik untuk membuat blog up to date dan tetap fresh 

Kemampuan menulis dan menghasilkan postingan setiap hari atau jangka waktu tertentu merupakan ketrampilan yang harus di miliki oleh setiap blogger untuk membangun dan mengembangkan blognya.  Oleh karena itu setiap blogger harus membiasakan lebih sering menulis artikel untuk di posting.  Kita harus punya alasan dan mencari cara, bahkan memaksakan diri menulis dan menulis. Seorang Pepih Nugraha blogger kompasiana mengatakan “ Temukan pekerjaan yang baik untuk menulis , Mungkin ini lebih baik dari pada menulis untuk mencari pekerjaan” Jika kita menyadari, sesungguhnya menjadi blogger adalah salah satu pekerjaan baik untuk menjadi penulis produktif


Menjadi blogger produktif

Artikel yang di tulis dan frekwensi postingan di blog, merupakan indikator yang dapat di jadikan patokan mengukur produktifitas seorang blogger. Pertanyaannya adalah factor apakah yang dapat membuat kita produktif menulis di blog.

Inilah 7 faktor yang dapat kita jadikan alasan, untuk produktif menulis.

1. Tuntutan menerbitkan postingan. Sebagai blogger salah satu aktifitas utama setiap hari atau suatu rentang waktu tertentu adalah menulis artikel untuk di posting.  Ini merupakan kewajiban atau tuntutan yang harus di penuhi jika kita ingin melihat blog tumbuh dan berkembang.  
Menemukan ide dan menyiapkan bahan sebelum mulai menulis adalah kebiasaan yang baik di lakukan. Misalnya dengan membaca, riset topic yang ingin di tulis, mengumpul data pendukung yang dapat memperkuat gagasan yang ingin di sampaikan dalam artikel termasuk mencari cuplikan pernyataan dari seorang yang berpengaruh dan memiliki otoritas di topic tersebut. Mencari dan mengedit gambar pendukung yang akan melengkapi  tampilan postingan.

Rangkaian kegiatan membaca, riset, mengumpul data, menulis  artikel, mengedit dan posting adalah siklus yang ketika di lakukan dengan konsiten merupakan rangkaian proses yang berdampak langsung pada peningkatan kompetensi dan produktifitas menulis. 

Hanya blog yang memiliki konten up to date dan fresh yang akan di sukai oleh visitor dan search engine.

2. Posting tamu. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menguji kompetensi menulis. Karena admin blog yang akan kita tempati memposting artikel memiliki standart kualitas tertentu maka wajar jika kita menulis artikel yang berkualitas. Sekali lagi konsistensilah yang membuat upaya ini dapat memberi efek positip pada peningkatan produktifitas menulis anda. Jadi buat itu konsisten.

3. Menulis di Social Media. Mengirim tulisan di social media yang editornya adalah manusia seperti Hubpage dan squido. Mereka memiliki standart kualitas yang tinggi. Mereka tidak segan mengirim penolakan dan saran perbaikan jika tulisan kita tidak dapat mereka terbitkan. Mereka akan mengorekasi tata bahasa, efektifitas kalimat, sistimatika pembahasan dan urgensi topic yang kita tulis. Kita bisa bayangkan bagaimana rasanya jika artikel yang anda tulis di setujui dan diterbitkan oleh social media seperti itu. Pasti semangat kita terpicu melakukannya lagi.

4. Review produk. Ada banyak merchant yang sering meminta review produk dari blogger yang blognya memiliki banyak visitor. Selain itu bergabung di web penyedia layanan paid review adalah cara lain untuk mendapatkan klien untuk di review. Menerima review berarti mengambil tantangan untuk maju dan berkembang.

5. Blog walking . Mengunjungi dan menulis komentar yang berkualitas, yang dapat meningkatkan pembahasan di blog orang lain sangat membantu meningkatkan kualitas dan produktivitas menulis anda. Jangan abaikan dan asal-asalan menulis komentar di dsuatu blog. Membiasakan diri menulis satu atau dua paragraph dengan tata bahasa yang benar akan sangat berdampak pada kemampuan menulis. Lakukan dengan benar, sering dan konsisten .selanjutnya lihat apa hasilnya.

6. Blog kontes. Cara ini sering dijadikan salah satu alasan menulis artikel yang berkualitas baik . Hal ini disebabkan oleh motivasi untuk mendapatkan hadiah jika menjadi pemenang. Anda hanya perlu sering berinteraksi dengan komunitas blog di niche anda untuk mendapatkan informasi pertama. Kita perlu Blog walking, interaksi di social media seperti pan page face book, twitter dan google + untuk mendapatkan informasi tersebut. Keseringan menulis artikel yang akan di ikutkan dapat memacu kita melakukannya lebih sungguh-sungguh.

 7. Membuat Target waktu. Membuat jadwal postingan setiap pekan, disiplin dan bekerja keras memenuhi jadwal postingan di blog yang telah di targetkan, dapat memaksa diri kita  menghasilkan tulisan. Kita hanya perlu konsisten dan memastikan hal ini bekerja dengan benar.
Menulis  dan menulis , melakukannya setiap hari, terus……lagi dan lagi adalah cara terbaik menigkatkan kemampuan dan produktifitas.

Bagi pemula memenuhi jadwal postingan di blog setiap hari sudah merupakan hal yang dapat berdampak sangat luar biasa dalam memacu produktifitas menulis. Seiring dengan perkembangan dan peningkatan kemampuan maka  sangat wajar jika anda berani mengambil tantangan menjadi penulis tamu , mengirim artikel di social media seperti hub page dan squido atau yang lain yang editornya adalah manusia.. Menurut Bamidele Onibalusi dari  youngpre pro.com : “tidak ada cara  meningkatkan ketrampilan dan produktifitas menulis kecuali dengan menulis dan terus melakukannya setiap hari”. Jadi lakukan setiap hari

Ini bukan saran dan rekomendasi dari saya. Ini hanya merupakan sebuah catatan dan rangkuman yang beberapa di antaranya terbukti efektif untuk saya. Ini pula yang menjadi penegasan mengapa BBO masih terus mengalami up date tulisan sampai hari ini. Jika kemudian ada yang setuju dan terbukti efektif pula untuk dirinya maka itu berarti memang factor tersebut bekerja dengan baik.

Saya berharap artikel ini dapat membuka wawasan kita sebagai blogger, sehingga kita dapat terus melakukan upaya meningkatkan kemampuan dan produktifitas menulis artikel postingan di media seperti blog.

Itu yang saya lakukan. Apa yang anda lakukan untuk menigkatkan kemampuan dan produktifitas menulis di blog. Sudilah kiranya anda mengatakan dan menuliskannya di kotak komentar. Terima kasih untuk berbagi.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!