Nov 24, 2012

Inilah 10 Tips Belanja Online Aman


Hasil Survei Global Ipsos 2012, menunjukkan,  empat dari sepuluh pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Tercatat ada 40 juta pembeli online di Indonesia tahun lalu dan diperkirakan akan ada 175 juta pembeli online tahun 2016 di Indonesia ( gibbon.com )’

Tingginya  frekwensi dan nilai transaksi yang terjadi di internet tidak terlepas dari makin berkembang dan bertumbuhnya pengguna internet dari tahun ketahu. Sebagai inflikasinya adalah makin bertambahnya aktifitas pemasaran dan bisnis online dengan segala produk dan jasa yang di tawarkan.

Selain itu kenyamanan dan kemudahan bernbelanja di internet juga merupakan salah satu faktor makin banyaknya transaksi online yang terjadi. Bayangkan saja anda dapat berbelanja , melakukan transaksi hanya dari dalam rumah, dari dalam selimut bahkan tanpa harus bangun dari tempat tidur sekalian.  Anda hanya perlu koneksi internet, browsing klik dan jadi.

Kenyamanan belanja online terkadang terkadang terganggu akibat ulah dari orang yangtidak bertanggung jawab. Bagaimanapun internet agalah dunia yang tetap tidak aman dan rentang terhadap upaya penipuan.  Bagi anda sering berbelanja sewajarnya lebih berhati-hati terhadap keamanan akun, profil anda di suatu situs.

Blog Bisnis Online pada postingan ini menurunkan artikel tentang bagaimana cara belanja online yang aman. Artikel ini merupakan kompilasi dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Berikut ini  8 tips yang perlu anda perhatikan sebagai cara aman belanja online .

1. Gunakan browser yang up to date ( versi terbaru ). Browser versi lama biasanya rentang terhadapa serangan. Jangan menggunakan browser yang akan membuat anda berada pada kondisi tidak aman. Lakukan up date dengan mengunjungi situs resminya.

2. Gunakan software pemeriksa keamanan sebelum Anda  mendarat di website tersebut. Software ini bekerja memeriksa potensi bahaya yang terdapat di web site yang ingin anda kunjungi. Alat seperti ini selalu memberikan peringatan bahkan memblokir web site yang mengandung ancaman bahaya bagi anda. Saya menggunakan Mc afee advisor yang selalu memblok situs yang mengandung potensi bahaya.

3. Kunjungi toko online langganan anda ( yang sering anda kunjungi ). Ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan  anda terhadap suatu situs penyedia produk atau layanan. Gunakan situs yang akrab bagi Anda . Akan  lebih aman jika Anda tetap ke situs yang Anda tahu.  Pastikan situs tersebut memiliki kebijakan privasi dan informasi tentang langkah-langkah keamanan situs tersebut, Jika anda tidak terbiasa dengan situs.

4. Berbelanja pada situs yang menerapkan standar kemanan. Hal yang paling cepat di jadikan patokan keamana suatu situs adalah URL. Situs yang menerapkan standar keamana tinggi menggunakan protokol https. Yang umum adalah http. Selain itu situs aman juga selalu menujukkan gambar/ikon gembok yang tampil di address bar di browser.

5. Gunakan kartu kredit untuk membayar bukan kartu debit. Banyak kartu kredit menawarkan perlindungan penipuan,  debit tidak. Sebuah kartu sekali pakai atau kartu hadiah bahkan lebih baik, karena dana yang tersediah terbatas pada jumlah tertentu ( jauh lebih aman )

6. Gunakan password yang sangat kuat. Pasword yang sangat kuat jauh lebih aman dari password yang lemah. Pasword yang terdiri dari Kombinasi teks angka dan karakter tertentu misalnya “sdf7&89klm?” jaul kuat.

7. Gunanakan computer dirumah  jangan computer public. Komputer di rumah jauh lebih aman karena bersifat pribadi  sehingga informasi yang mungkin terekam di computer masih aman oleh pencurian orang lain.

8. Selalu ikuti prosedur keluar yang benar yaitu dengan mengklik log out. Prosedur Log out akan menutup akses  dan jejak rekam aktifitas anda di situs tertentu. Jadi pastikan anda mengklik Log out.

9. Ketahui ciri-ciri situs yang anda kunjungi bukan situs scam ( penipuan ). Anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri situs yang bukan scam.

10. Sebagai tambahan mungkin anda dapat mempertimbangkan situs yang member layanan bayar di tempat ketika produk sampai ditangan, atau kirim pembayaran ketika produk sudah sampai di tangan anda. Sekarang beberapa online store mulai menerapkan layanan seperti itu untuk member layanan prima dan jaminan keamanan serta kenyamanan pada konsumennya. Situs seperti itu patut di prioritaskan sebagai pilihan untuk berbelanja.

Hati-hati dan waspada adalah sikap yang sangat bijaksana ketika anda sedang bertransaksi secara online. 

Selamat berbelanja,  nikmati layanan dan kemudahan berbelanja online. Semoga  mendapatkan produk pavorit anda tanpa harus merasa was-was.



2 comments:

  1. bener banget tuh tipsnya. bagi yang suka belanja must read this article nih. intinya si hati2 dan jangan sembarangan aja kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agen sobet, ya.....begitulah. kita kudu hati-hati biar ngak ketipu.

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!