Dec 6, 2012

Bahaya Melanggar Term Of Service


Menurut Wikipedia Term Of service atau Persyaratan layanan ( biasa disingkat TOS dan juga dikenal sebagai Syarat Penggunaan atau Syarat & Kondisi ) adalah aturan yang harus disetujui untuk dipatuhi oleh pengguna layanan . Syarat Layanan ini juga dapat disebut sebagai Ketentuan Penggunaan atau kadang-kadang hanya disebut disclaimer,  terutama mengenai penggunaan website.

Term Of service dapat mencakup berbagai isu seperti perilaku user online, kebijakan perusahaan pemasaran, pemberitahuan hak cipta, dan yang lebih penting adalah menjaga tingkat kepercayaan masyarakat.

Beberapa website terkenal dan memiliki otoritas tinggi ( seperti eBay, paypal, amazon, google, yahoo dll ) menerapkan term of service ini dengan sangat ketat. Bahkan mereka dapat mengubah TOS nya tanpa harus memberi tahu ke masyarakat pengguna.

Artikel ini di tulis untuk berbagi pengalaman dengan pembaca blog bisnis online.
Sebagai pengguna layanan internet, sekarang mungkin kita terdaftar di satu atau lebih website sebagai member. Penting bagi kita sebelum maupun setelah bergabung di salah satu website untuk memahami aturan atau persyaratan layanan yang mereka terapkan.

Ketika kita mendaftar untuk mengikuti suatu affiliate program, member forum, social media, dll  sebelum proses penyelesaian pendaftaran selalu di tampilkan halaman atau kotak dialog yang berisi aturan yang harus di setujui. Kelakuan kita adalah dengan serta merta langsung menceklis pilihan “setuju” atau “accept” hanya untuk mempercepat penyelesaian proses pendaftaran.

Ok, mungkin pada saat itu kita memiliki keterbatasan waktu untuk membaca, atau karena factor lain sehingga kita tidak merasa perlu membaca dan memahami term of service yang di tampilkan. Akan tetapi di lain waktu paling tidak kita harus mengetahui secara umum apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan di website tersebut.

Ini penting! Karena kita dan website p[enyedia layanan harus sepakat dalam kemitraan sehingga kedua belah pihak bisa saling  menjaga posisi masing-masing.

Mengapa kita harus memahami Term Of Service suatu website?

Term Of Service di buat untuk kebaikan bersama antara member dengan website penyedia layanan. Didalamnya terdapat aturan main, hak dan kewajiban, prosedur, standar kualitas, atau pernyataan sepihak dari penyedia layanan, cara penyelesaian suatu sengketa dll.

Aturan atau standar etika yang mereka buat merupakan cara terbaik untuk menjaga aktifitas kita di website penyedia layanan tetap baik. Paling tidak, baik menurut mereka.
Posisi kita sebagai member atau pengguna layanan harus mematuhi aturan tersebut. Suka atau tidak. Konsekwensi dari melanggar term of service mereka adalah dapat berupa:
  1. Peringatan tertulis ( pemberitahuan via email )
  2. Penangguhan akun
  3. Pemutusan atau pemblokiran akun.

Sudah banyak kasus yang melibatkan teman-teman internet marketer yang merasakan nikmatnya (:D) di banned, atau tangguhkan akunnya karena pelanggaran yang di lakukan.
Website seperti google, paling banyak memakan korban akibat perubahan aturan dan standar kualitas layanan yang mereka terapkan.

Baru-baru ini saya baru mengalami penangguhan akun di layanan yahoo answer gara –gara ketidak tahuan ( lebih tepatnya perubahan aturan yang terlambat di ketahui ). Sekarang sedang berusaha memulihkan akun dengan menjelaskan ke pihak yahoo duduk persoalannya. Semoga akun saya cepat di aktifkan kembali, sehingga aktifitas make money di yahoo answer dapat kembali berjalan.
Kasus diatas inilah yang sebenarnya menginspirasi penulisan artikel ini. Sebuah upaya untuk meningkatakan kesadaran dan kepedulian masyarakat internet untuk lebih berhati-hati.

Terutama bagi teman-teman yang aktifitasnya lebih ke bisnis online atau make money online di internet. Sungguh sebuah kerugian jika kita telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencapai minimum pay out di suatu layanan program affiliate marketing, tetapi tiba-tiba akun kita di banned, di nonaktfkan atau di putus ke anggotaan secara sepihak hanya gara-gara pelanggaran term of service.

Bagaimanapun juga setiap kita para pengguna internet, internet marketer, affiliate marketer dll penting untuk meningkatkan kesadaran dalam berinterakasi dan beraktifitas di internet. Salah satu di antaranya adalah dengan berusaha mencoba. Mengetahui dan memahami term of service yang di tetapkan oleh website penyedia layanan.

Semoga kedepan jumlah orang yang mengalami kejadian seperi di jelaskan diatas makin berkuran sebagai tanda bahwa kita memang bergerak kearah yang lebih baik dalam berinternet.

========================================================
Apakah anda terinspirasi dengan artikel diatas. Biarkan kami mengetahui apapun yang anda pikirkan setelah membaca artikel inidengan menuliskannya di kotak komentar di bawah. Terima kasih atas apapun yang ingin anda katakan. 




2 comments:

  1. Thanks sharingnya, gan!
    Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
  2. @Direktori WeBlog tentu Blog Bisnis Online akan bergabung dengan teman-teman blogger yang sudah duluan terdaftar. Terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!