May 1, 2011

Perlunya Mengenalkan Bisnis Online Bagi Pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas

Pertumbuhan pengguna internet setiap tahun menunjukkan grafik peningkatan yang terus bertambah. 

Di indonesia pengguna internet pada tahun 2009 adalah data internetworldstats.com, berjumlah 30 juta orang  dan tahun 2010 sebanyak 57,8 juta orang.  

Khusus pengguna faceebook di indonesia sampai 31 Maret 2009 sebanyak 2,325,840 orang dan 20,775,320.orang pada 31 maret 2010.Dalam 12 bulan tumbuh sebesar 793%. 

Berapa pengguna internet yang datang dari kalangan remaja/pelajar SMP dan SMA ?. Hasil penelitian Yahoo dan Taylor Nelson Sofres (TNS ) Indonesia menunjukkan pengakses terbesar di Indonesia adalah mereka yang berusia antara 15-19 tahun yaitu sekitar 64 % 149.760.000 ( Data tahun 2010 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan sekitar : 234,2 juta jiwa ( sumber : http://kepri-dev.bps.go.id/in/sensus-penduduk-2010/162-sensus-penduduk-2010 orang ) Ini sangat luar bisa besarnya 

Apa yang di lakukan oleh mereka di internet

Faktanya menunjukkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia yang melek internet lebih banyak sebagai pengguna/konsumen yang hanya memanfaatkan nya sebatas mengakses informasi dan untuk bersenag-senang seperti Game,chating, berkomentar, up date status di media social networking dll.

Tentu adalah haknya orang untuk memilih, mau menjadi apa dan menggunakan internet untuk apa. Tetapi rasanya mubasir membiarkan internet yang menyimpan potensi besar untuk penghasilan dan pekerjaan online tetapi tidak di manfaatkan dengan baik.

Mungkin hal ini di sebabkan oleh ketidak tahuan apa dan bagaimana cara menjadikan internet sebgai sumber penghasilan ( make money online ) .

Disinilah pentingnya megenalkan bisnis online sejak dari bangku sekolah. Terutama bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Pemberian dan pengenalan materi bisnis online dapat di lakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan pengembangan diri.  Sehingga tidak perlu menggangu materi utama yang sudah terprogram di kurikulum sekolah.

Bahkan ini pun bisa menjadi materi life skil yang dapat kelak atau segera di gunakan. Manfaatnya sangat besar karena selain siswa mengenal potensi ekonomi dan sumber-sumber penghasilan di internet, sekaligus mereka sudah dapat mengetahui tips memilih sumber penghasilan di internet dan mempraktekkan beberapa macam bisnis online. Jika ini mereka lakukan secara berkelanjutan ( belajar sambil praktek )

saya yakin mereka sudah dapat memulai langkah pertamanya menjadi pengusaha online di  internet . Ketika mereka dapat memperoleh penghasilan maka itu dapat  digunakan sebagai tambahan uang saku atau lebih baik lagi jika mereka diarahkan untuk membayar biaya sekolah yang dapat meringangkan beban orang tua.

Pengetahuan dan Pemahaman bisnis online yang terus meningkat  di harapkan berpengaruh pada sikap mental mereka pada dunia online. Sejak dari awal dan perlahan mereka dibina menjadi wirausaha mandiri sebagai pengusaha online di internet.

Saya yakin ketika mereka sudah dapat memperoleh penghasilan yang sekalipun masih kecil, tentu mereka mau menekuni kegiatan ini secara serius. Bayangkan jika kemudian banyak diantara mereka yang mau berbisnis online dan menekuni secara serius.

Paling tidak pengangguran dapat di tanggulangi tanpa harus memusingkan pemerintah. 

Sebagai langkah awal mereka di ajarkan pengenalan dasar-dasar pemasaran di  internet( internet marketing ) blogging, monetize blog , PTC, menulis dan memposting artikel ,pengaturan dan pemanfatan email.

Disadari bahwa kebutuhan mereka berbeda sesuai dengan tingkat pemahaman dan pengalaman mereka tentang internet. Bagi sekolah yang sudah maju yang bahkan sudah belajar tentang desain web dan atau pemprograman, tentu lebih diarahkan pada design web/blog, monitize blog/konten dan materi lebih kompleks.

Para gapteker diajar dengan materi yang sangat dasar. Kegiatan ini sekaligus menjadi kegiatan pengayaan materi teknologi informasi Dan komunikasi ( TIK ) yang mereka pelajari secara formal di kelas utama.

Untuk mendukung program ini maka guru pembimbing sebaiknya  pelaku dan mempunyai pemgalaman empiris tentang bisnis online. Lebih baik lagi jika gurunya dapat menunjukkan bukti 
pembayaran/penerimaan komisi dari kegiatan bisnis online.

Atau jika tidak ada guru pelaku bisnis online, mungkin bisa bekerja sama dengan pelaku dari luar sekolah atau di arahkan belajar secara online dari para guru internet marketing pelaku bisnis online yang sudah berpenghasilan jutaan rupiah dari internet.

Ini perlu untuk meyakinkan para pelajar untuk lebih bersemangat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Bagaimanapun juga mereka harus diyakinkan dengan bukti dan bukannya hanya menyampaikan teori yang membosankan.

Kebanyakan orang mau melakukan sesuatu jika melihat bukti empiris di lapangan. Apalagi siswa yang memiliki jiwa yang masih labil, terkadang semangat, kadang -kadang loyo. 

Pemberian materi bisnis online pada pelajar manfaatnya sangat besar, terutama agar :

1. Mereka dapat menyalurkan hobi online nya menjadi kegiatan produktif
2. Mereka melek akan potensi penghasilan di internet
3. Mereka dapat mempraktekkan beberapa jenis kegiatan online yang  berpotensi mendatangkan penghasilan seperti PTC, blogging, menulis artikel dll
4. Mereka dapat mulai membangun  usaha secara serius

Pemahaman yang baik tentang bisnis online di internet bagi pelajar dapat membuat mental dam pola pikir mereka jadi lebih positif memamdang kehidupan di dunia yang sarat dengan peluang  kerja . 

Semoga dengan pengetahuan itu mereka mau lebih mandiri dan siap memjadi wirausahawan online yang berpenghasilan layak .
Semoga informasi ini bisa menginspirasi bagi pelajar dan pengelola pendidikan di sekolah.

5 comments:

  1. Pelajar rata-rata sudah melek internet, hanya saja mereka tidak meggunakannya untuk kegiatan produktif. tetapi lebih banyak untuk bersenag-senag seperti game,ngefaceebook, ngetwitt, dll. Informasi ini harusnya dapat menginspirasi pelaku pendidikan untuk mengarahkan pelajar untuk kegiatan Ol yang produktif

    ReplyDelete
  2. wah..bener banget tuh perlu, saya juga sekarang sedang outsource ke beberapa siswa sma utuk menulis artikel/konten untuk beberapa blog saya, memang mereka perlu untuk diperkenalkan bahkan harus ada kursus yang sangat intensive...

    ReplyDelete
  3. @mercedes....saya senang mengeathui bahwa anda sudah mencoba melibatkan siswa sma dalam kegiatan produktif. Semoga maereka bisa memahami jika kegiatan seperi itu sangat bermanfaat, sebagai life skill yang dapat digunakan kapan saja.

    ReplyDelete
  4. Blog yang terlihat lengkap,tapi untuk pemula sepertiku,baru menjadi inspirasi. Bagus,meski saya belum sepenuhnya mengerti.

    ReplyDelete
  5. mampir ya >>> http://gagukjunior.blogspot.com/ blog ini tentang bisnis yang cocok untuk pelajar smp sma yang belum banyak diketahui orang. termasuk ada bisnis online juga

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!