Jun 1, 2012

COPAS Konten?Sebaiknya Jangan Deh...!

Copy Paste konten alias Copas konten adalah mengambil konten dari suatu web/blog dan memposting di blog yang lain. Semua juga tahu akan hal itu. Tetapi mungkin tidak banyak yang tahu jika itu illegal. Atau paling tidak mungkin tidak banyak yang mau peduli jika copas itu tidak baik. Atau….???? 


Tidak ada yang salah dengan copas selama materi yang di ambil tersebut hanya di simpan untuk di gunakan sebagai bahan pelajaran dan sumber pengetahuan. Kecuali jika konten tersebut berlisesnsi atau memiliki keterangan dari pemiliknya untuk tidak mencopy, menyebarkan , dan seterusnya …., tanpa seizin dari pemilik conten.


Permasalahan muncul ketika copas konten di publikasikan di media seperti di web/blog, mengklaim nya sebagai pemilik konten tersebut , tidak mencantumkan sumber konten dan menghapus link yang terdapat di dalamnya. Beberapa conten di copas 100%, sebagian lagi di modifikasi sedikit sebelum di posting.


Jadi copaster waspadalah

Sebagai webmaster kita membutuhkan konten untuk membuat web/blog tetap hidup dan bertumbuh. Terkadang karena kebutuhan itulah sehingga beberapa di antara blogger menempuh cara illegal untuk mendapatkan konten. Padahal ada banyak cara menumbuhkan ide menulis untuk bahan postingan di web/blog. 


Secara etika copas memang tidak baik, selain itu perkembangan algoritma mesin pencari terutama google dengan pinguinnya yang semakin ketat menilai kualitas konten di sebuah web/blog. Mesin pencari memiliki standar kualitas yang harus di perhatikan oleh setiap webmaste. Kecuali jika seseorang berani mengambil resiko hukuman dari mesin pencari tersebut. Saya tahu beberapa rekan blogger pernah mengalami hukuman dari google lantaran kasus copas. Kita tidak mau menjadi orang berikut lantaran mengambil konten orang lain secara illegal.


Konten yang terindeks belakangan selalu dianggap sebagai duplikat konten dari postingan konten yang terindeks lebih awal. Dan jika anda berada di posisi belakangan maka bersiaplah untuk suatu hal yang tidak anda sukai sebagai blogger.


Bagaimana sebaiknya

Saya biasanya ,sebelum membuat konten melakukan riset kecil, untuk mencari bahan yang dapat di gunakan sebagai pendukung . Membaca dan memahami isi dari bahan-bahan tersebut. Setelah itu baru menulis ulang dengan gaya dan bahasa kita sendiri serta membuat pembahasan dari sudut pandang yang berbeda.


Jujur saja, Kita sebagai blogger tidak memiliki ilmu sendiri. Kita bukan professor yang memiliki otoritas keilmuan yang di akui public. Kita hanya memiliki sedikit pengalaman , orientasi pemikiran dan pemahaman pada suatu hal. Tetapi karena itupulalah sehingga kita bisa bembuat tulisan dan pembahasan pada suatu topic tertentu. Termasuk membuat konten untuk di posting di web/blog.


Meminta izin pada pemilik konten adalah cara yang baik untuk menunjukkan niat baik kita mendapatkan konten. Selain anda dapat menunjukkan sikap profesionalisme anda sebagai blogger plus anda juga menunjukkan penghargaan kepada mereka yang telah bekerja keras , mendedikasikan pikiran dan tenaga membuat konten. Dan itu adalah cara yang sangat baik, lebih bermartabat untuk di lakukan. 


Intinya adalah apapun yang akan anda lakukan terhadap suatu konten, cobalah untuk bersahabat dengan mesin pencari dengan aturannya yang ketat. Mesin pencari mau kita produktif, berkualitas dan setiap konten bermanfaat bagi pembaca online di internet. Pastinya semua blogger mau seperti itu. 


Kita semua berharap web/blog masing-masing tumbuh dan berkembang dengan konten yang berkualitas. Konten yang bukan hanya bermanfaat bagi pembaca tetapi juga di buat dengan cara yang beretika. Sehingga apapun yang di posting di web/blog adala hasil dari kreatifitas kita mengolah bahan postingan yang tersedia. 


Semoga postingan ini bisa menjadi bahan untuk saling mengingatkan , sehingga sebagai blogger kita bisa tumbuh dan berkembang untuk jangka waktu yang sangat lama. Apa yang anda telah lakukan untuk membuat konten di blog teman-teman atau yang berhubungan dengan tanggapan anda tentang copas konten


Saya berharap teman-teman blogger mau berbagi dengan pengunjung blog Smart Bisnis Online. Silahkan menambahkan ide anda atau apapun dengan menuliskannya di form komentar di bawah ini. Terima kasih untuk semuanya.





2 comments:

  1. qw setuju kak ama pesan kakak...,,kalo ingin maju itu harus kreatif dan jgn asal copas"
    moga" ajh generasi penerus blogger indonesia g gtu y kak,,,???

    salam kenal kak,,,,

    ReplyDelete
  2. @cakkandar, salam kenal balik. Harapan kita semua blogger Indonesia maju dengan kreatifitas dan kualitas yang tinggi. Semua harus di mulai dan di usahakan.Kita hanya berharap semua mau melakukannya, tetapi bagaimanapun masing-masing blogger punya karakter yang berbeda.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!