Sep 23, 2012

Cara Register Domain Di Namecheap.com

Bagi blogger atau webmaster, domain adalah merupakan sebuah identitas yang menunjukkan gambaran content suatu blog atau website. Memilih suatu domain merupakan salah satu tahap yang sangat krusial dalam perjalanan suatu blog/web site. Internet marketer menyiapkan suatu nama domain dengan melakukan riset kata kunci yang low konpetitor tetapi banyak di cari di search engine. 

Setelah mendapatkan suatu kata kunci yang terpilih yang akan di jadikan nama domain di blog/web site yang akan di bangun. 

Selanjutnya anda masih harus melakukan register nama domain di salah satu penyediah layanan web register domain yang terpercaya. Salah satu yang terbaik yang banyak di rekomendasikan oleh internet marketer adalah namecheasp.com. 

Bagaimana cara register domain di namecheap.com?

Ikuti tutorial step by step di bawah ini 

1. Log in atau register/sign up dulu ( Buat akun di namecheap.com

2. Klik DOMAINS > Register a Domain 


Selanjutnya akan terbuka halaman untuk mulai register domain seperti di bawah ini 


silahkan masukkan nama domain yang anda pilih kedalam kotak search domain . Secara default tercantum (.com) sebagai top level domain( TLD) . Anda boleh menyesuaikan TLD pilihan anda dengan mengklik tanda ceklis di belakang .com kemudian klik search Hasilnya kemudian di tampilkan ada atau tidak tersedia nama domain dengan TLD yang anda pilih. 

Perhatikan di bagian bawah tersdia pilihan nama domain yang sama dengan TLD yang berbeda. Misalnya jika .com sudah terpakai oleh blog/web site lain maka di bawah tersedia alternative pilhan yang dapat anda pilih, misalnya .net. ,org atau ,info dll dengan harga yang bervariasi . 

Sebagai contoh saya masukkan nama domain resellerblog dengan TLD .com. 


Hasil search pada gambar resellerblog.com ternyata sudah ada yang ambil maka saya dapat memilih alternative yang tersedia seperti .net, .org dan .info dll. Silahkan ceklis pilihan anda dan selanjutnya klik add to cart tombolnya ada di bagian bawah. 


 Hasilnya seperti gambar di bawah ini 


Perhatikan nama domain yang anda pilih ( dalam gambar resellerblog.org ) dengan harga $10,69. Di namecheap anda setiap bulan selalu menerbitkan coupon code untuk di gunakan oleh klien yang membeli nama domain. Perhatikan di sebelah kanan bawah gambar ada kotak isian untuk coupon code

3. Cari kode coupon namecheap untuk bulan pembelian anda. Silahkan search dengan kata kunci pencarian “kode coupon namecheap bulan……” seuaikan bulannya. Atau boleh juga dapatkan kode tersebut di blog namecheap .Kemudian isikan di kotah coupon code tersebut kemudian klik aplly. Misalnya untuk bulan sepetember 2012 ini coupon kode nya adalah BACK2SCHOOL .

Copy dan pate di kotak isian coupon code tersebut untuk mendapatkan potongan harga pembelian Setelah anda menerapkan aplly coupn code tersebut maka hasilnya seperti di bawah ini: 


Harganya sudah berubah dari $10,69 menjadi $9,61. Selanjutnya anda tinggal membayar nama domain tersebut.

4. Untuk membayar silahkan klik EXPRESS CHECK OUT atau CHECK OUT. Jika ingin cepat pilih yang pertama. 5. Selanjutnya anda akan mendapat 3 pilihan cara pembayaran yaitu : 

       1. Pay with funds 
       2. Pay with Credit/ Debit card 
       3. Pay with paypal 


Jika anda memiliki cadangan saldo kas yang cukup di namecheap maka silahkan gunakan cara yang pertama. ( cara cepat dan praktis ) 

Jika anda punya kartu kredit atau kartu debit anda boleh menggunakan nya . ( sedikit lebih rumit ) 

Jika anda punya rekening dan saldo yang cukup di paypal silahkan anda gunakan yang ketiga ini ( anda akan di hubungkan dengan rekening/account anda di paypal ) 

Apapun pilihan cara yang anda pilih, silahkan klik dan ikuti petunjuk selanjutnya 

 6. Jika anda sebagai orang yang baru di namecheap dan belum memiliki cadangan/saldo kas di account namecheap anda, dan mungkin anda juga belum memiliki kartu kredit, maka kemungkinanannya anda sudah memiliki akun/rekening di paypal dengan saldo yang cukup maka silahkan klik cara yang ketiga dan hasilnya seperti ini. 


Silahkan log in dengan mengisi email yang anda gunakan sebagai alamat akun anda di paypal dan paswordnya. ( jika anda ingin membatalkanya silahkan klik Cancel and return to un ferified register.( ada di bagian bawah) Selanjutnya anda akan mendapat email pemberitahuan dari namecheap.com atas pembelian domain baru anda dan email dari paypal atas pembayaran /transaksi yang anda lakukan dari akun di paypal. 

Sekarang anda dapat menghubungkan domain baru anda dengan layanan web hosting yang anda gunakan. Atau anda dapat menggunakan domain baru tersebut untuk mengganti URL blog anda yang mungkin sekarang masih menggunakan subdomain. Misalnya subdomain.blogspot.com dengan domain berbayar.

Bagaimana jelas bukan. Selamat mencoba sukses atas registrasi domain anda.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!