Sep 8, 2012

Nge Blog Untuk Berbagi Informasi



Sumber gambar : look-j.com Siap berbagi informasi dengan blog

Perkembangan internet yang sangat pesat di kalangan masyarakat Indonesia merupakan indikasi makin tingginya kebutuhan masyarakat pada suatu informasi. Salah satu sumber informasi yang cukup banyak jumlah dan ragamnya serta mudah diakses adalah internet. 

Hasil riset dari MarkPlus Insight, menemukan fakta jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2011  sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya ( 2010 )  yang berjumlah  42 juta orang. Naik 13 juta orang atau sekitar 0,76% ( Sumber: http://tekno.kompas.com ) . Bisa di bayangkan betapa besar pertumbuhan angka pengguna internet di tahun-tahun mendatang seiring makin meleknya masyarakat Indonesia pada internet. 

Satu hal yang perlu di cermati terkait dengan pertumbuhan angka pengguna internet di Indonesia adalah kenyataan bahwa sebagian besar pengguna internet Indonesia adalah konsumen informasi. Artinya mereka meperlakukan internet hanya sebagai tempat atau media untuk mencari dan mendapatkan informasi semata. Internet hanya sebatas cari artikel, data, gambar dan video.  

Pola konsumtif ini bukannya tidak baik,  tetapi tentu jauh lebih baik jika kita dapat menjadi bagian yang turut bekontribusi memberi manfaat dengan menjadi sumber dan berbagi informasi yang di butuhkan oleh masyarakat.

Ada banyak jenis informasi yang dapat di publish di internet. Segala aspek kehidupan , ada cerita dan pengalaman ,  kisah dan peluang yang perlu di ketahui oleh masyarakat.

Salah satu media yang sangat tepat dan mudah di gunakan untuk berbagi informasi di internet adalah media blog. Blog yang di kelola dengan baik dapat menjadi ujung tombak menyuarakan berbagai ide dan gagasan dari sesorang blogger. 

Sebagai media informasi blog memiliki kelebihan sebagai berikut :


1. Mudah di buat. Beberapa platform blog menyediakan tools yang mudah di gunakan dalam membangun sebuah blog. Beberapa diatara mereka seperti blogspot, com, wordpress.org, tumblir.com, webly dll menyediakan layanan gratis. Ini memungkinkan anda membuat blog tampa harus mengeluarkan biaya. 

2. Dapat di maintenance. Semua blog dapat di maintenance sehingga akan lebih muda untuk di gunakan dan dimaksimalkan sebagai media informasi.  Layout, warna, template, ukuran dll,  dapat di customize sehingga lebih personal sesuai selera , kebutuhan dan kepribadian anda.

3. Memiliki pasilitas untuk interaksi dengan pengunjung.  Sebagai media berbagi blog memiliki bagian untuk menjalin interaksi dengan pengunjung. Tempat untuk berkomentar di mana pengunjung dapat ikut berpartisipasi menambah percakapan dan tanggapan pada postingan yang di publikasikan.

4. Dapat di optimasi untuk lebih SEO friendly.  Sebagai pemilik blog anda dapat mengoptimasi blog anda sehingga lebih bersahabat dengan mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

5. Dapat di monetize. Ini merupakan peluang yang oleh banyak blogger menjadi salah satu alasan membuat blog. Monitize atau menjadikan blog sebagai pencari uang di internet. Ada banyak cara monetize blog, seperti publisher iklan adsense, review produk, paid perposting, dll. Berbagai macam bisnis online dapat di integrasikan dengan blog sebagai media promosi dan publikasi.

6. Blogger dapat di jadikan sebagai profesi. Sebagai blogpreneur anda dapat menjadikan blogger sebagai profesi. Betapa tidak seperti di jelaskan diatas bahwa blog dapat di monetize untuk memperoleh penghasilan dari bisnis online di internet. Jika anda focus dan terus mengoptimasi blog anda sehingga terus tumbuh dan berkembang maka penghasilan yang layak bukan hal yang mustahil. Kenyataanya  sudah banyak blogger yang telah sukses membangun blognya menjadi blog yang berkualitas dan menjadi sumber penghasilan yang sangat layak bagi diri dan keluarganya. 

Memiliki blog atau menjadi blogger berarti siap berbagi informasi yang bermanfaat dengan orang lain. Berbagi informasi dengan orang lain bisa sangat menyenangkan bagi banyak orang. Blog pun dapat di gunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri, media pemasaran dll. 

Cerita dan kisah yang di posting bisa sangat menarik bagi kalangan penerbit guku untuk di jadikan buku yang dijual secara komersil. Beberapa puisi yang sebelumnya sekedar kesenangan berbagi,  akhirnya di terbitkan menjadi buku kumpulan puisi oleh penerbit. 

Beberapa cerita menginspirasi produser untuk menjadikannya sebagai senetron yang tanyang di media televise nasional. Itulah beberapa pakta yang telah dialami oleh blogger.

Blog yang pada awalnya di buat hanya untuk sekedar berbagi cerita, kisah dan informasi apapun ternyata telah berkembang dan menginspirasi beberapa orang untuk memanfaatkan konten nya menjadi produk baru yang bernilai ekonomi. 

Jadi walaupun blog yang di bangun dan di kembangkan hanya sekedar untuk bersenang-senang,  pada akhirnya tetap bisa menjadi blog yang bernilai ekonomi tinggi. Hal itu sangat tergantung pada kualitas konten yang di posting. Semakin berkualitas, semakin bermanfaat semakin banyak orang yang membutuhkannya.

Jumlah pengunjung yang besar merupakan indikator kualitas konten dan blog itu sendiri.  Banyak blogger yang bekerja keras mengoptimasi blognya hanya untuk memudahkan orang menemukannya di mesin pencari seperti google, yahoo, bing atau yang lain. Nilai ekonomi suatu konten dan blog sangat di tentukan oleh jumlah pengunjung di blog tersebut.  

Ktika suatu blog memiliki pengunjung  harian yang besar maka peluang penghasilan dari blog tersebut akan semakin besar. Apalagi jika pengunjung yang datang adalah orang yang memang mencari informasi yang ada di blog tersebut.

Menyadari potensi blog yang sangat besar maka sudah saatnya masyarakat yang su dah melek internet untuk mulai serius menggunakan blog sebagai media untuk beraktifitas dan berbagi informasi di internet. Tanpa mengabaikan media social yang lain seperti facebook, twitter, google+, linkedin, dll. Semua itu jika di maksimalkan dapat bersinergi dengan blog sebagai pusat dan media social yang lain sebagai pintu masuk rnedatangkan pengunjung.

Inilah cerita saya tentang blog dan blogger. Bagaimana dengan anda, apa yang anda pikirkan . Mari berdiskusi dan berbagi gagasan.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!