Jun 3, 2011

Senangnya Beraktifitas Dengan Blogging Setiap Hari

BloggingPada postingan kali ini Blog Bisnis Online ingin berbagi cerita tentang blogging yang merupakan aktifitas yang menyenangkan di lakukan setiap hari.
Blogging sudah menjadi rutinitas diantara sekian banyak aktivitas setiap hari. Bagi beberapa orang, kegiatan ini malah sudah seperti candu yang membuat ketagihan jika tidak dilakukan. Terutama bagi blogger pemula yang sedang bersemangat membangun dan mengupdate blognya.

Seperti kebanyakan aktifitas yang ketika dilakukan terasa menimbulkan perasaan yang menyenangkan, terutama jika kegiatan tersebut mulai dipahami sehingga semakin mudah dalam melakukannya.

Mengapa blogging menyenangkan untuk dilakukan ?

Bagi saya pribadi yang kembali beraktifitas blogging dalam  beberapa bulan terakhir, kesenangan itu disebabkan oleh beberapa hal berukut :

1. Tertantang untuk terus memperbaiki tampilan blog
2. Tertantang untuk  mencari bahan dan membuat tulisan yang kualitasnya terus meningkat
3. Ada perasaan was-was jika tulisan kita tidak dianggap oleh pengunjung blog
4. Ada kesan penghargaan melihat dan membaca komentar yang di tulis oleh pengunjung yang membaca tulisan
5. Kegembiraan saat melihat perubahan alexa traffic rangk  dan PR yang terus membaik
6. Kepuasan hati melihat posisi blog ada di halaman pertama mesin pencari seperti google apa lagi jika dengan keyword yang tingkat persaingannya sangat tinggi
Selain itu yang pasti tentulah karena manfaat yang di peroleh. Seperti yang tercantum di bawah ini :

1. Dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel
2. Dapat berbagi informasi yang bermanfaat kepada masyarakat
3. Sebagai sarana bersosialisasi dan menunjukkan jati diri sebagai blogger
4. Berkesempatan ikut mencerdaskan masyarakat 

Bagaimana penjelasannya ?

Membangun blog sepertinya merupakan pekerjaan yang butuh waktu dan ketelatenan apalagi jika dikerjakan secara otodidak wah lamaaaa……………., dan hasilnya juga terkadang kurang memuaskan. Tetapi jika ada perubahan berdampak positif pada blog maka perasaan senang dan puas otomatis muncul dalam diri.

Begitu pula ketika kita melakukan pencarian materi tulisan, menulis hingga memposting artikel merupakan serangkaian proses yang jika dilakukan denga benar akan berdanpak sangat positif bagi peningkatan kualitas intelektual.

Betapa tidak sejak  surfing, membaca artikel di beberapa sumber dan merewrite menjadi tulisan baru yang mudah-mudahan lebih komunikatif, merupakan serangkaian proses yang memerlukan pemikiran dan ketranpilan mengolah data menjadi informasi dan menyusunnya menjadi tulisan.

Jika ini dilaksanakan secara berkala dan dengan tingkat pemahaman yang juga terus membaik, maka upaya ini akan positif bagi peningkatan kualitas diri kita.

Jadi baru menulis dan memposting artikel saja sudah memberi pengaruh positif bagi bloggernya ( kecuali jika artikelnya cuma copy paste ) belum lagi jika artikel itu dibaca sehingga dapat memberi pengaruh positif atau memberi solusi bagi pembaca, maka tingkat kepuasannya semakin tinggi.

Mengevaluasi kinerja blog seperti mengukur kecepatan loading,melihat alexa traffic rank, dan perubahan pada page rangk, sungguh hal-hal ini sering menimbulkan perasaan yang campur aduk. 

Senang jika mengetahui ada peningkatan dan penasaran jika mengalami penurunan. Dan untuk mengatasinya blogger dituntut untuk terus belajar untuk mencari jawaban atas apa yang terjadi pada blog. 

Bagaimana jika anda blogging dengan tujuan untuk monetize blog ,monetize content atau menjadikan blog sebagai sarana cari duit dengan bisnis online, wah…..tentu semakin menyenangkan apalagi ketika blog anda sudah dapat menghasilkan pendapatan yang sekalipun masih kecil mungkin, tetapi itu sudah cukup menjadi alasan dan penegasan betapa anda akan lebih bersemangat melakukannya.

Sesungguhnya ada cukup banyak alasan untuk mengatakan bahwa blogging memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Karena itu, jika perasaan menyenangkan maka nikmatilah sehingga anda benar-benar merasakan manfaat darinya.Ok...

Bagaimana dengan anda adakah aktifitas selama ini juga terasa menyenangkan ? atau sebaliknya. Pastinya, jika blog anda masih terus hidup dan penuh dinamika maka itu sudah menjadi indicator yang memberi petunjuk jika anda masih senang melakukannya.

Saya mengundang teman pembaca untuk sharing, mungkin anda ingin menambai daftar diatas dengan alasan dan manfaat lain yang dirasakan oleh agan selama beraktifitas blogging. Silahkan tulis komentar di bawah dan untuk alasan itu saya berterima kasih atas partisipasi agan semuanya.

1 comment:

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!