May 27, 2011

Mengapa Kecepatan Load Begitu Penting Bagi Sebuah Situs?

Pada postingan kali ini Smart Bisnis Online ingin berbagi informasi tentang kecepatan loading suatu situs. Hal ini penting untuk bisnis online anda karena kecepatan loading bisa menjadi pembeda jumlah penjualan yang terjadi di situs anda dengan situs kompetitor.

Sebagai gudang informasi, internet  merupakan tempat yang selalu di kunjungi oleh jutaan orang setiap hari. Tercatat pada tahun 2010 pengguna internet di dunia  sebanyak lebih dari 2 M orang. Mudah, cepat dan banyak pilihan merupakan alasan mengapa internet jadi tempat pavorit untuk mencari informasi di bandingkan sumber lain.

Dalam kaitan inilah seorang pencari informasi selalu membuka situs dengan kualitas informasi yang terpercaya, dan tidak kurang pentingnya adalah situs dengan loading cepat sehingga informasinya bisa lebih cepat di akses.

Ali Husayni, MasterGoogle.com Mei 2011, mengemukakan 3 alasan mengapa sebuah situs harus memiliki kecepatan loading yang cepat.
1. Google mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan "Speed ​​Situs" untuk hasil Google Analytics. 

2. Berkurangnya kesabaran Pengguna internet ketika menunggu loading sebuah halaman situs.

3. Menurut hasil penelitian Pear Analytics, Pada tahun 2007 Amazon melakukan uji coba untuk mengukur kecepatan loading halaman. Hasilnya mengejutkan. Untuk setiap detik beban lebih lambat situs Anda, maka Anda kehilangan sekitar 1% dari lalu lintas situs Anda.

Ini berarti jika Anda memiliki situs FLASH dan itu membutuhkan waktu 20 detik untuk loading sempurna,maka Anda kehilangan 20% dari pengunjung situs Anda bahkan sebelum mereka melihat situs Anda. Dalam angka penjualan, kehilangan 20% dari pelanggan potensial Anda adalah BESAR.  

Selain 3 alasan diatas, berikut adalah beberapa poin kunci dari penelitian PearAnalytics.com :

- Penelitian Zona mengatakan pada tahun 1999 bahwa Anda bisa kehilangan hingga 33% dari pengunjung anda jika halaman anda membutuhkan waktu lebih dari 8 detik untuk loading.

- Akamai mengatakan pada tahun 2006 bahwa Anda bisa kehilangan hingga 33% dari pengunjung anda jika halaman Anda membutuhkan waktu lebih dari 4 detik untuk loading pada koneksi broadband.

- Pengujian dilakukan oleh Google pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa dari 10 sampai 30 hasil per halaman meningkat waktu buka dengan 0,5 detik saja, namun menghasilkan penurunan 20% pada lalu lintas.

Pada tahun 2011 ini ketika google meluncurkan algoritma yang baru dimana  google memasukkan kecepatan loading suatu situs sebagai salah satu indicator untuk menentukan PR suatu situs.

Perilaku pengguna internet yang rata-rata orang sibuk sehingga mereka kehilangan kesabaran dalam mengakses suatu situs. Mereka akan segera meninggalkan situs dengan cepat mlebihi kecepatan nafas mereka ( weleh,weleh..cepat amat ya!).

Mereka tidak dapat berlama-lama hanya untuk melihat proses loading yang sedang berlangsung. Jangan sampai ini terjadi.....:(!
Jika seseorang yang sedang terburu-buru ingin memilih dan membeli suatu produk untuk kebutuhan yang sangat mendesak, dan bertemu dengan situs yang menampilkan gambar yang waktu loadingnya lambat.

Maka dapat di pastikan bahwa mereka lansung kabur berpindah ke lain hati.... Akibatnya situs tersebut telah kehilangan peluang penjualan hanya dalam beberapa detik.
Karena itu sangat baik jika sebuah situs tidak disesaki banner ukuran besar, atau animasi Flash yang membutuhkan waktu lama untuk memuat secara sempurna.

Bagaimana dengan situs anda apakah loadingnya cepat atau lambat. Silahkan diukur secara manual dengan menggunakan timer. Jika waktu loadingnya kuran dari 4 detik maka alamat baik untuk situs anda. 

Tapi jika lebih mungkin perlu di tinjau lagi factor-faktor yang menyebabkannya. Untuk melakukan tes dengan akurasi yang lebih baik anda dapat mengunjungi http://www.iwebtool.com/speed_test. Masukkan URL blog anda didalam kotak lalu klik Check kemudian alat ini akan menampilkan 3 hasil yaitu size, loading time, dan avg speed per KB. Jika size blog anda kurang dari 100 KB maka loadingnya masih bagus.

Kalau blog ini ukurannya 122.27 KB,dengan 0.59 sec (loading time). Kalau sampai 150 KB maka anda harus mengurangi aksesoris yang kurang berguna.Sealain itu anda juga dapat mengecek kecepatan loading situs anda di Pingdom.com /Tools.

Jika situs anda adalah situs penjualan maka anda harus mendaur ulang situs anda (hehehe... kejam amat) supaya loadingnya lebih cepat. Walaupun situs anda tidak untuk dikomersilkan maka tetap saja anda butuh kecepatan loading yang cepat.

Karena situs komersil atau non komersil tetap saja pengguna internet membutuhkan kecepatan loading yang cepat.Kecuali mungkin jika situs anda hanya untuk di lihat, di baca dan di kunjungi sendiri. Ini lain ceritanya...:D

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!