Sep 2, 2012

10 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Dari Ajang Seminar Nasional Blogilicious


Sumber gambar
blogiliciousid.com
Seminar nasional blogilicious 2012 di maros telah selesai. Seminar yang di hadiri sekitar 300 orang blogger  dari berbagai daerah tersebut merupakan seminar yang secara rutin di laksanakan setiap tahun . Sebuah moment yang akan mempertemukan calon blogger dengan para blogger pemula sampai blogger sukses.

Apa yang dapat di peroleh dari seminar seperti itu?

Mengikuti  kegiatan  seperti  Seminar nasuonal blogilicious 2012 dan seminar  atau workshop blogger yang lain sangat bermanfaat bagi setiap blogger. Paling tidak ada 10 manfaat yang dapat di peroleh dari kegiatan seperti itu.  Dibawah ini manfaat yang dapat anda peroleh:

1.  Moment untuk berbagi  dan belajar
     Tidak dapat di pungkiri jika kegiatan seperti  seminar atau worshop adalah tempat untuk menimbah ilmu dari blogger lain. Terutama dari blogger sukses yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak tips dan trik untuk sukses.  Ini kesempatan besar bagi anda.  Jangan ragu untuk meminta nasihat dan saran  karena kemungkinan besar anda akan memperoleh apa yang anda ingingkan. Saya yakin blogger sukse tidak pelit dengan ilmunya bahkan mereka akan dengan senang hati berbagi dengan siapapun yang memintanya. Jadi jangan siasiakan peluang ini.

2. Sarana bersosialisasi
     Setiap blogger yang ingin sukses harus bisa bersosialisasi dengan  blogger lain di komunitas.  Kegiatan seperti ini akan di hadiri oleh ratusan orang blogger baik yang baru maupun yang sudah lama eksis dan telah merasakan nikmatnya beraktifitas di blog. Mereka adalah sumber inspirasi dan motivasi  dimana ketika anda bertemu dan berkomunikasi dengan mereka akan membuat anda tertular dengan semangat mereka. Kegiatan sepeerti ini merupakan sarana untuk berbagi sekaligus saling mendukung sesama blogger.

3. Inspirasi untuk bahan postingan
     Mengikuti kegiatan semacam ini akan memicu inspirasi bagi anda untuk membuat bahan yang dapat anda posting di blog anda. Ada banyak informasi  dan  kejutan yang dapat di jadikan bahan untuk di posting. Anda hanya perlu kreatif dan peka pada moment yang terjadi selama kegiatan berlangsung.  Anda bisa bercerita tentang banyak hal seperti pemateri, materi itu sendiri, para sponsor dan pendukung , atau apapun yang mengispirasi anda.

5. Meminta wawancara dengan blogger sukses
    Ini merupakan sesuatu yang lebih bernilai ketika anda dapat meminta dan mengatur jadwal wawancara dengan blogger sukses di niche anda. Mereka adalah sumber informasi yang terpercaya, mereka telah membuktikan dan memiliki reputasi yang baik di komunitas niche. Mendapatkan  kesediaan dan kesepakatan dari mereka merupakan prestasi yang akan menambah motivasi dan rasa percaya diri bagi anda.  Cari kesempatan untuk berbincang secara personal dan sampaikan keinginan anda.  Hasil wawancara anda dapat di posting di blog dan ini akan menambah reputasi anda  dimata blogger lain. Ketika itu sudah di posting jangan ragu untuk mengabari nara sumber anda via email atau melalui form kontak di blognya. Katakana jika hasil wawancara nya dengan dia telah di posting di blog anda. 

6. Foto bersama dengan blogger  sukses dan nara sumber
     Berfoto bersama dengan mereka yang memiliki reputasi sebagai blogger sukses di komuntas niche blog  anda merupakan hal baik yang akan menambah nilai positif pada citra anda sebagai salah seorang anggota  komunitas blogger. Orang meliha dan merasa anda beruntung telah sukses mendapatkan moment special berfoto dengan blogger sukses. Posting atau jadikan gambar pendukung untuk postingan anda yang relefan dengan foto tersebut dan lihat apa komentar dari pengunjung blog anda.

7. Mendapatkan rekomendasi
     Rekomendasi anda perlukan ketika anda menginginkan mendaptar dan mempercepat di approve oleh pemilik suatu layanan. Walaupun sepertinya ini terlalu berlebihan tapi memang ada blog/web yang menginginkan rekomendasi dari seseorang di komunitas anda yangb telah lebih dahulu mendaftar dan diterima di layanan tersebut. Misalnya anda ingin mendaftar di “id blog network” anda  akan lebih baik jika dua orang blogger yang sudah di terima  di blog network tersebut .  kesan yang timbul akan sangat berbeda ketika anda meminta lewat face to face di bandingkan dengan lewat email.

8. Menperoleh follower
     Berinteraksi dengan sekian banyak blogger sekaligus anda bisa saling mefollow di twitter. Jika anda blogger yang di kenal dan memiliki reputasi baik maka kemungkinan anda akan mendapat following dari anggota komunitas.  Kalaupun anda blogger baru maka anda cukup saling menfollow dengan anggota komunitas yang lain. 

9. Menunjukkan reputasi anda
     Keberadaan anda di acara seperti Seminar nasuonal blogilicious 2012 ini dapat di jadikan wadah untuk menunjukkan kemanpuan dan potensi diri anda. Ketika itu anda lakukan maka anda akan mendapat perhatian dan akan mendapat penilaian positif dari mereka yang ada. Kertika reputasi itu di peroleh , yakin bahwa orang yang mengenal  berpotensi untuk menjadi pengikut di blog anda, following di twitter dan menjadi teman di facebook dan media social yang lain.

10. Memperoleh soupenir resmi dari sponsor dan komunitas
     Soupenir resmi dari sponsor dan komunitas akan menjadi sesuatu yang bernilai dan berarti bagi anda. Ini  merupakan hal yang kecil tetapi dapat membuat perbedaan besar dengan mereka yang tidak memilikinya. Paling tidak dengan soupenir tersebut anda menunjukkan bahwa anda adalah bagian dari komunitas yang turut aktif dalam suatu kegiatan.

Jadi betapa banyak manfaat yang dapat di peroleh dari kegiatan seperti seminar dan worshop blogilicious ini. Setiap moment yang dapat membuat anda berinteraksi secara face to face dengan anggota komunitas akan selalu menjadi sesuatu yang bernilai positif bagi peningkatan kemampuan atau  konpetensi sebagai blogger. 

Itulah manfaat menurut saya yang dapat di peroleh dari suatu kegiatan seperti Seminar nasuonal blogilicious 2012. Bagaimana dengan anda? 

9 comments:

  1. Sangat berarti sekali buat saya ini adalah hal yang baru buat saya moga kita semua bisa bersua kembali di ajang blogilicus yang akan datang

    ReplyDelete
  2. @Dara Daeng, terima kasih telah berkunjung di blog Smart Bisnis Online. Kita semua blogger selalu berharap untuk mendapatkan manfaat dari ajang seperti blogilicious 2012 yang lalu. Semoga setelah ini kita makin tumbuh dan berkembang menjadi blogger sukses. Aminnn. Jangan lupa Kopdar Blogger Nusantara di Makassar Bulan.

    ReplyDelete
  3. Makasih Udah Turut Berpartisipasi Dalam Acara Seminar blogilicious 2012 Di Kab. Maros

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Perpustakaan, sama-sama. Saya senang bisa menjadi bagian dari kesuksesan blogilicious 2012 di Maros. Semoga KBM masih bisa menjadi tuan rumah di tahun 2013.Pasti lebih banyak pesertanya!

      Delete
  4. mantap daeng, sesekali ngobrol dan ngopi bareng KBM yuk..

    ReplyDelete
  5. @IHSYAH, trims sudah berkunjung ke blog SBO. Saya merasa tersanjung dapat kunjungan dari salah seorang senior di KBM. Sukses terus untuk KBM dan blogger Maros!

    ReplyDelete
  6. mantaph memang acara blogilicious maros, semoga tahun depan masih ada acara blogilicious dimaros lagi, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yudiyuba, trims udah nyampe di blog SBO. KBM perlu di propokasi biar ngotot untuk sekali lagi jadi tuan rumah...:D

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!