Aug 15, 2012

Saling Mendukung Sesama Blogger


Beberapa hari yang lalu, seperti biasa ketika beraktivitas melakukan salah satu rutinitas sebagai blogger yaitu blog walking. Niat awal sebenarnya adalah melakukan riset kecil-kecil tentang iklan CPM ( Cost Per Milli ). Saya berencana meyiapkan postingan tentang CPM, dan seperti biasa sebelum membuat artikelnya selalu mencari bahan pendukung yang akan melengkapi postingan tersebut. Nah ketika itulah di salah satu blog,  saya menemukan suatu pernyataan dan ajakan dari pemilik blog untuk saling mendukung dalam memajukan blog sesama blogger Indonesia.

Dalam pengamatan teman blogger tersebut menemukan bahwa terkadang para blogger tidak mau ngeklik link referral ( link affiliate ) untuk menuju ke suatu website atau sumber informasi yang menjadi rujukan pemilik blog.  Seakan-akan gengsi untuk menjadi referral dari blogger yang mungkin masih baru atau newbie.

Dari informasi inilah kemudian muncul ide untuk menulis artikel tentang “ Apa yang dapat kita lakukan untuk saling menghidupkan sesama blogger Indonesia”

Sebagai blogger tentu kita semua ingin blog kita tetap hidup, terus tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan itu dapat di indikasikan oleh peningkatan PR, alexa rank, peningkatan traffic, dan jika blog nya dimonitize maka paling tidak traffic blog tersebut menghasilkan peningkatan konversi sehingga makin produktif sebagai blog penghasil uang.

Beberapa hal yang mugkin dapat di lakukan adalah :
Menurut saya ketika kita sedang mengunjungi  suatu blog dan menemukan informasi yang menarik maka sudah sewajarnya ikut nimbrung menulis komentar yang membangun dan relevan dengan artikel terkait. Berikan komentar yang akan memperkaya artikel, memberi saran atau masukan untuk perbaikan atau bisa juga menyampaikan pertanyaan yang dapat memancing diskusi dengan pengunjung yang lain. Terkait informasi tentang blog walking, silahkan baca artikel Blog walking Bagaimana sebaiknya.

Selain itu seperti yang di sampaikan oleh teman blogger di atas jangan gengsi alias alergi untuk mengunjungi  atau mendaftar suatu program tertentu melalui link refferal atau affiliate pemailik blog.  Tindakan ini akan menguntungkan kita sebagai user informasi dan bagi pemilik link refferal tentu akan mendapatkan keuntungan berupa anggota, member, down line atau apapun istilahnya yang akan memungkinkan mereka di bayar. Atau paling tidak menambah jumlah refferalnya di suatu program tertentu.

Hal lain yang mungkin dapat dilakukan adalah ngeklik iklan PPC  yang ditayangkan di blog tersebut. Bukan sekedar ngeklik doang tetapi benar-benar menelusuri informasi yang mereka sajikan di web site iklan tersebut. ( walaupun ini sebaiknya jangan sering-sering di lakukan  karena bisa dianggap klik palsu yang tidak mendatangkan konversi bagi pemilik iklan) kasihan adversiter harus mengeluarkan biaya iklan yang besar tetapi tidak menghasilkan konversi yang maksimal. Selain itu mengunjungi suatu halaman tertentu pada suatu blog yang di isi dengan iklan CPM akan meningkatkan impressi iklan dan angka kunjungan ke blog tersebut.

Beberapa blogger senior sekarang malah sudah lebih jauh melangkah dengan menyediakan menu submit artikel di blognya. Ini memungkinkan blogger lain menjadi blogger tamu dengan mensubmit satu atau beberapa artikel terbaiknya yang relevan dengan blog tuan ruma. Walaupun masih tetap menunggu moderasi sebelum di approve, tetapi paling tidak cara ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata yang sangat efektif bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu blog. Terutama bagi blogger tamu. Memanpaatkan peluang posting tamu ini dapat sekaligus meningkatkan traffic dan jumlah back link ke salah satu halaman di blog anda.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk saling mendukung menghidupkan blog kita . Kita berharap blogger Indonesia maju dan terus berkembang dari hari ke hari. Dan semoga bisnis online yang memanfaatkan blog sebagai media dapat terus bertumbuh dan memberi kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.  

Blog dengan bisnis online didalamya dapat menjadi solusi bagi teman-teman yang kesulitan mendapatkan pekerjaan tetap karena terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!