Aug 26, 2012

Jadilah Berkomentar Untuk Bersosialisasi Dengan Komunitas



Menjalin silaturahmi  atau bersosialisasi dengan komunitas di ceruk ( niche ) anda adalah factor utama untuk membangun hubungan dan lalu lintas ke blog. Ada banyak cara yang dapat di pilih untuk bersosialisasi dengan komunitas dan salah satu di antaranya adalah menulis komentar di blog lain. 

Berkomentar yang baik dapat memberi manfaat yang besar bagi komentatorsekaligus salah satu bentuk upaya saling mendukung sesama blogger. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika menulis komentar di suatu blog. Karena tujuan utamanya adalah membangun hubungan dengan pemilik blog maka etika penulisan harus benar-benar di perhatikan. Karena jika tidak,  bisa saja yang terjadi adalah si pemilik blog merasa tersinggung, dianggap spam, dan pada akhirnya komentar tersebut hanya berakhir di kotak sampah.

“Terima kasih artikelnya”, “artikel yang baik”, “ Posting yang baik”, atau yang kira-kira sejenis dengan itu dalam bentuk dan variasi bahasa yang berbeda. Ini adalah komentar yang sangat miskin dan tidak member efek SEO  yang signifikan. Atau ada juga yang menulis komentar justeru seperti membuat artikel baru. Ditulis dalam jumlah kalimat yang banyak dan panjang, tetapi isinya adalah bahan promosi suatu produk dan kemudian diakhiri dengan mereferensikan suatu alamat web/blog untuk mendapat in formasi yang lebih banyak. Ini jelas kurang, bahkan tidak etis. Jika bermaksud mengiklankan suatu produk atau jasa tertentu akan jauh lebih baik  menghubungi si pemilik blog dan bicara atau bernegosiasi dengan mereka. Minta space iklan dengan harga yang cocok. Benar ngak…:D.

Komentar yang miskin yang tidak member tambahan percakapan/pembahasan seperti itu malah justeru dapat merusak hubungan dengan komunitas di ceruk kita. Padahal selama ini kita telah berusaha menjadi bagian yang penting dari komunitas. Jadi sangat perlu membuat prioritas komentar yang baik atau jika tida,  lebih baik tidak berkomentar sama sekali.
Menurut Christopher Antoni dari thetraffickblogger.com komentar dapat berarti :

     1Membantu membangun hubungan dengan pemilik situs dan pembaca nya.
     2.  Memberikan kesan pertama dari situs Anda kepada pembaca.
     3.  Memberikan kesempatan pembaca untuk mengunjungi situs Anda.
     4.  Menetapkan pendapat Anda pada subjek yang di komentari.

Saat sekarang mendapatkan backlink dari berkomentar sudah sangat sulit karena sebagian besar blog di setting dengan tag no follow. Jadi harapan terbesar selain bersosialisasina adalah  mengarahkan lalu lintas.

Bagaimana Komentar Blog Meningkatkan lalu lintas? Komentar Blog dapat meningkatkan lalu lintas dalam beberapa cara: 

1. Komentar memungkinkan Anda untuk meninggalkan link ke blog Anda dan pembaca lainnya bisa mengklik jika mereka menyukai apa yang Anda katakan.
2. Hal ini dapat membuat Anda diperhatikan oleh blogger lain yang mungkin menyebabkan mereka link ke blog Anda. 

Untuk membuat komentar bekerja untuk lalu lintas, maka memilih blog dengan jumlah lalu lintas besar, memilih blog yang relevan dan menjadi komentator pertama pada postingan adalah cara yang benar untuk di lakukan.

Saya berharap kita semua sebagai blogger dapat mengambil manfaat dari yang maksimal dari bersosialisasi dengan komentar yang relevan dengan blog masing-masing. Karena selain menjaga silaturahmi dan membagun lalu lintas sekaligus ini menberi penegasan penguasaan dan pemahaman pada beberapa topic yang yang dominan di niche tertentu. Dan bagi blogger mendapat pengakuan dan reputasi adalah hal baik untuk petumbuhan dan perkembangan blog.


3 comments:

  1. Memberikan komentar diblog teman adalah merupakan wujud asli jati diri kita,apakah kita orang yang serius dalam bersahabat atau hanya orang yang suka basa-basi saja,Akan tetapi kawan kita memang nggak bisa menyalahkan pada teman-teman yang just say hello dikolom komentar,mungkin saja mereka sedang kejar target backlink,atau memang sedang sibuk membalas kunjungan teman-teman lain,jadi dimaklumi sajalah .Justru hal itu akan memberikan warna dalam Blog ini kawan.

    ReplyDelete
  2. @BODIN LINGGA,Terima kasih sudah sampai di blog Smart Bisnis Online. Pada dasarnya saya sependapat dengan anda. Sekedar menanbahkan saja bahwa mengambil inisiatif untuk mengunjungi suatu blog pada niche yang sama merupakan kesempatan untuk menunjukkan eksistensi dan menarik lalu lintas yang tertarget ke blog kita.

    ReplyDelete
  3. Wahh numpang keren Nich di blogger keren seIndonesia... Josshh pokoknya dahh...

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!