Jun 7, 2011

Apakah Blog Anda Dofollow Atau Nofollow

Apakah blog anda dofollow ?, atau mungkin blog anda nofollow ?. Apakah ini penting untuk di pertanyakan, apakah ini penting untuk di bahas ?. 

Bagi blogger pemula tentu informasi seperti ini sangat bermanfaat mengetahui status blognya dofollow atau nofollow, apa manfaat masing-masing status blog seperti itu dan, dan seterusnya........!

Mari berbagi informasi tentang kedua status blog tersebut dengan memahami pengertian dan manfaat kedua kata yang dimaksud.

Dofollow adalah kata yang memberi perintah ke mesin pencari agar memberi efek peningkatan ranking pada target link suatu teks hyperlink yang di indeks oleh mesin pencari tersebut. Artinya setiap teks hyperlink yang mengarah ke suatu blog/page target, dianggap oleh mesin pencari sebagai dukungan terhadap blog tersebut. Hal ini berpotensi meningkatkan PR blog target.

Nofollow adalah kata yang menginstruksikan mesin pencari agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada target link suatu teks hyperlink yang di indeks oleh mesin pencari tersebut. Artinya suatu teks hyperlink yang mengarah ke suatu blog/page target oleh mesin pencari tidak dianggap sebagai dukungan dan link masuk sehingga tidak memiliki effek peningkatan PR pada blog target.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui status suatu blog dofollow atau nofollow. Salah satu diantaranya adalah dengan langsung melihat struktur HTML suatu blog dengan menekan Ctrl+U kemudian Menekan Ctrl+F di keyboard, kemudian ketik kata follow. Klik next untuk melihat alternatif kata follow yang lain.
Lalu apa manfaat dan kekurangan keduanya.

Blog dofollow akan kebanjiran traffic dan komentar dari dari blog walker pencari backlink gratis. Apalagi jika blognya memiliki PR yang lebih baik dari blog pengunjung.

Hanya saja di antara pengunjung tersebut terkadang memberi komentar seadanya bahkan asal asalan( seperti: trims, artikel yang baik, bagus juga dll) sehingga lebih tepat dianggap sebagai spam. Motivasi kedatangan mereka adalah mencari backlink bukan mencari informasi.

Selain itu mesin pencari seperti google tidak terlalu suka dengan blog dofollow karena banyaknya link keluar. Akibatnya blog sulit terindeks bahkan bisa saja blog atau beberapa artikel postingan terhapus dari mesin pencari.

Untuk mengimbangi link keluar maka sebaiknya membangun backlink yang berkualitas dengan cara yang sama, blogwalking dengan komentar berkualitas atau membeli paket backlink.

Blog nofollow tidak akan kebanjiran traffic dari pencari backlink. Jika ada pengunjung yang datang dan meninggalkan komentar maka itu adalah traffic organic yang datang dari mesin pencari.

Mereka dalah para pencari informasi untuk menyelesaiakan suatu masalah yang di hadapi dan jika berkomentar maka bisanya berkualitas dan relefan dengan tema artikel yang di bahas.

Biasanya blog ini lebih cepat terindeks oleh mesin pencari dan PR nya tidak mudah kedodoran. Jika blog yang di bangun untuk mencari duit dengan bisnis online dan atau blog untuk memonitizekontennya maka nofollow sangat baik, karena pengunjugnya lebih tertarget sehingga berpotensi memperbesar peluang pendapatan pemiliknya.

Jadi yang mana yang anda mau, dofollow atau nofollow ?
Pertimbangannya sudah jelas dan perlu juga anda perhatikan adalah apakah blog anda dibangun untuk monetize blog atau konten atau sekedar blog pribadi yang berisi curhat dan yang sejenisnya. 

Pilihan 100% ada di ujung jari anda.
Selamat berfikir dan putuskan dengan benar......Ok.

4 comments:

  1. aku sempet kemaren ta' ganti blog aku menjadi do follow terus aku gugling kebaikan dan keburukan blog yang dofollow, ternyata kalau blog bisnis jangan diganti menjadi dofollow, jadinya aku ganti lagi jadi nofollow...hiks

    ReplyDelete
  2. @belajar autocad, Blog yang berorientasi bisnis membutuhkan pengunnjung yang tertarget. jadi pengunnjung yang datang adalah para pencari informasi yang membutuhkan solusi. mereka datang dari mesin pencari dengan mengetik kata kunci yang ada di blog kita. sementara blog yang dofollow pengunjungya adalah para pencari backlink gratis. Mereka datang dari mesin pencari dengan mengetik kata kunci blog dofollow.

    ReplyDelete
  3. informasi sangat penting,saya terapkan dan keuntungan besar bagi bisnisku

    ReplyDelete
  4. @anisa, Artinya Anda sudah memilih dan menerapkannya dengan benar. Ok sukses selalu teman.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!