Jun 9, 2011

Apakah Anda Memperhatikan 3 Faktor Penting Ini Dalam Membangun Link


Back link
Pada postingan ini Blog Bisnis Online ingin berbagi informasi tentang 3 faktor penting yang harus menjadi perhatian dalam membangun link masuk dan keluar suatu blog.3 faktor yang dimaksud adalah kuantitas,kualitas dan relevansi link.

Blogger sangat memahami bahwa link sangat penting bagi kehidupan suatu blog. Salah satu teknik SEO yang sering di upayakan oleh para blogmaster adalah membangun link teruma link masuk yang banyak, berkualitas dan relevan.

Hal ini dapat di mengerti karena link merupakan suatu pembuluh dara yang dapat mengalirkan traffic dari dan ke suatu blog.

Link pula merupakan suatu bentuk dukungan yang dapat menyebabkan perubahan posisi dan PR di suatu mesin pencari seperti google bing, yahoo dan yang lainnya.

3 Faktor Penting Dalam Membangun Link


Kuantitas

Kuantitas adalah banyaknya link yang masuk atau keluar blog. Hanya saja perlu di ketahui bahwa link yang baik dalam jumlah yang banyak adalah link yang menuju ke blog anda. Sedangkan jika link yang mengarah keluar apalagi jika jumlahnya banyak tidak terlalu baik bagi blog itu sendiri.

Link keluar yang di sukai mesin pencari adalah jika jumlahnya lebih sedikit dari link masuk.Misalnya postingan ini terdapat empat link keluar tetapi mendapat link masuk yang jumlahnyak jauh lebih banyak ketika artikel ini di submit diberbagai mesin pencari,social bookmarking dan dari hasil blog walking.

Jumlah link yang masuk ke blog dapat di ketahui dengan menggunakan google analityc, alexa,iWEBTool.com atau sumber daya lainnya.

Kualitas

Yang manakah yang dimaksud dengan link yang berkualitas ? Suatu link di anggap berkualitas jika link tersebut memenuhi criteria seperti :

1. Jumlah link keluar lebih sedikit dibanding link masuk
2. Link keluar tersebut harus mengarahkan pembaca atau pengunjung kesuatu sumber terpercaya yang dapat di jadikan rujukan. Link seperti ini disukai oleh google sebagai mesin pencari karena dianggap memberi solusi bagi pembaca.
3. Link masuk berasal dari blog yang memiliki page rangk yang lebih baik. Semakin tinggi PR blog yang memberi link masuk maka semakin baik bagi blog target. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan ketika anda melakukan blog walking.
4. Link berasal dari blog yang relevan dengan blog penerima.
5. Link berasal dari anchor teks yang mengarah ke target link yang sesuai dengan anchor teks tersebut.

Relevansi

Relevansi suatu link dimaksudkan sebagai kesesuaian antara sumber link dengan blog penerima link. Misalnya suatu blog dofollow yang bertema bisnis online dianggap memliki link yang relevan jika penerima link adalah blog yang juga bertema bisnis online.

Atau dapat pula relevansi itu di lihat dari kesesuaian antara teks yang mengandung hyperlink ( anchor teks ) dengan link target.

Misalnya disuatu artikel kata yang mengandung hyperlink kesuatu link target adalah bisnis online maka hal ini dapat di anggap memiliki relevansi jika target link juga memiliki kata yang sama dan membahas tentang bisnis online. Kata itu bisa terdapat di URL suatu blog, bisa juga di Titel blog atau di judul artikel suatu postingan yang di target.

Membangun link pada dasarnya mengupayakan ketiga hal tersebut sehingga blog dapat betengger di posisi halaman pertama mesin pencari,dan inilah yang kita mau......

Bagaimana dengan link blog anda ?

1 comment:

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!