May 9, 2011

Memahami Alexa Traffick Rank

Postingan ini di latar belakangi oleh fakta naik turunnya peringkat alexa traffick rank secara global dan nasional yang terjadi pada blog ini, Sekitar tiga minggu yang lalu blog ini mencapai peringkat satu juta empat puluh empat ribu sekian  dan dalam target saya minggu lalu ( Minggu pertama Mei 2011 ) peringkat blog Smart Bisnis Online ( SBO ) sudah ada dibawah satu jutaan.

Tetapi apa yang terjadi bukannya makin meningkat justeru malah makin gembrot ( satu juta enam puluh tujuh ribuan ). Melihat fakta ini saya jadi penasaran apa yang terjadi ? pada hal dinamika blog ini cukup baik .

Rata-rata tiap dua hari atau lebih ada postingan baru, pengunjung juga walaupun tidak bayak-banyak amat tapi tiap hari ada saja yang mampir. Rata-rata tiap hari ada new viewer yang bersumber dari beberapa link dan google organic. Begitu yang terdeteksi di google analitycs.

Selain itu jumlah backlink/inbound link blog ini menurut prediksi saya sudah lebih dari apa yang tertera pada status bar alexa. Bukan apa-apa, sebagai blogger yang masih baru maka melihat peningkatan alexa traffick rank blog ini menjadi salah satu motivasi sehingga kita tetap bersemangat.

Betapa tidak, peringkat itu menunjukkan usaha yang dilakukan di blog ini mendapat apresiasi  dari salah satu situs yang secara objektif menilai kinerja suatu blog didunia dan di suatu Negara ( secara nasional ).

Jadi apa yang membuat alexa berperilaku seperti itu  ?
Setelah mencoba menggali informasi, cari tahu lansung ke sumbernya, www.alexa.com , ternyata dalam menentukan  perinkat alexa memperhatikan pada indicator kombinasi rata-rata pengunjung harian dan tampilan halaman yang di lihat pengunjung suatu blog dalam periode 3 bulan terakhir.

Blog dengan kombinasi tertinggi dari pengunjung dan tampilan halaman akan ditempatkan di peringkat # 1. Jadi jika suatu blog mengalami penurunan maka kemungkinan yang terjadi adalah :

1. Blog rutin di up date tetapi pengunjung yang menurun
2. Pengunjung tidak menurun tetapi blog yang jarang di update
3. Pengunjung menurun dan blog pun jarang di up date
Untuk urusan link maka alexa meng up date setiap 3 bulan dengan ketentuan suatu link akan di hitung jika link tersebut mendatangkan traffick ke suatu blog. Jika tidak,  ya alexa tidak bakal menghitungnya. Selain itu link yang bersumber dari web yang sama hanya dihitung satu kali.

Nah sekarang bisa di mengerti tentang apa  yang terjadi pada blog ini terutama dalam kaitannya dengan alexa traffick rank dan jumlah link yang mengarah ke blog ini.

Jadi sudah jelas jika blog anda mau alexa traffick ranknya  meningkat maka tidak ada kata lain kecuali :
 
1. Up date blog secara rutin dengan artikel yang dibituhkan oleh pengguna atau artikel yang memberi manfaat, solusi bagi suatu perncari informasi di internet.
Artikel inilah yang akan mendatangkan traffick  ke blog, jumlah pengunjung sangat tergantung dari seberapa SEO Friendly artikel tersebut.

2. Bangun link yang berkualitas dari berbagai sumber terutama yang berasal dari situs yang relevan dengan tema blog.
 

Kira kira begitulah paling tidak menurut pendapat saya pribadi. Jika pembaca ada yang mau menambahkan silahkan dengan berkomentar pada box komentar di bawah ini.

Terima kasih sebelumnya atas apapun yang ingin teman-teman pembaca katakan sebagai komentar anda.

4 comments:

  1. Kayaknya baik juga jika kita tahu perkembangan blog dengan memantau alexa traffick rank. Paling tidak untuk menjaga konsistensi dan kontinuitas blog

    ReplyDelete
  2. Bagi sebagian blogger atau web admin, masalah naik turunnya Alexa Rank dan Google pagerank mungkin kurang atau bahkan sama sekali tidak diperhatikan karena dianggap tidak penting ya gan.. padahal keduanya sangat penting terutama buat blogger sekalibar juragan admin Blog Bisnis Online

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jasa SEO, terima kasih sudah mampir ke Blog Bisnis Online.Untuk hal yang anda maksud penting tidak penting sih. Bagi saya sumber daya apapun yang dapat memberi informasi tentang kemajuan blog maka itu berarti penting. Sebagian besar kita mengetahui alexa adalah salah satu sumber daya yang memiliki kemampuan mengukur reputasi suatu blog baik itu secara global terlebih lagi secara nasional. Sebagai blogger atau admin blog terkadang kita membutuhkan informasi seperti itu untuk suatu keperluan memaintenence blog kita masing-masing. Jika ada blogger lain yang tidak menganggap penting PR dan Alexa traffic rank ya…. sah-sah aja. Mungkin mereka memeiliki indicator lain yang di jadikan parameter kemajuan blognya. Atau bisa juga memang tidak mau tahu dengan hal seperti itu. Semua sah dalam konteks kepentingan masing-masing.

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!