Oct 30, 2012

Cara Cepat Mencari Dan Memperbaiki Broken Link


Blog Bisnis Online pada kesempatan ini ingin berbagi pemahaman tentang broken link.

Artikel ini di latar belakangi oleh masalah yang  di hadapi oleh Blog Bisnis Online yang baru saja  migrasi ke penggunaan domain berbayar (TLD ) bulan lalu. Proses migrasi ini cukup memberi banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Salah satu di antyaranya adalah banyaknya link yang rusak ( broken link ) terutama pada artikel yang sudah lama dan masih menggunkan alamat url sub domain blogspot.

Setelah bergerilya mencari data dan informasi akhirnya terkumpul juga. Informasi ini berguna paling tidak untuk dua hal yaitu :

1. Menjadi solusi pada masalah yang di alami oleh Blog Bisnis Online
2. Menjadi data bahan pendukung  untuk penulisan artikel ini.

Sebagai blogger saya berkeyakinan bahwa masalah broken link bukan hanya di alami oleh Blog Bisnis Online tetapi bisa jadi yang lain pun mengalaminya. Karena itu rasanya baik jika kemudian informasi ini saya  tulis lagi untuk di bagikan ke orang lain.

Broken link adalah link ( koneksi ) yang patah atau tidak nyambung.  Link yang di maksud adalah yang keluar blog dan link yang menghubungkan halaman di dalam blog itu sendiri.

Broken link dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

1. Kesalahan penulisan link/url
2. Halaman target sudah tidak ada

Bagaimana cara mengatasinya.

Bagi blogger atau webmaster managemen link sangat di perlukan untuk menangani maslah broken link tersebut. Sebagai pengguna internet , kita pernah mengalami kekecewaan ketika kita klik suatu link tetapi kemudian ternyata halaman Not found ( 404 ) yang tampil. Padahal informasi tersebut sangat penting bagi kita. Belajar dari hal seperti itulah maka kita sebagai blogger seharusnya memiliki kepedulian dan waktu mengurus , memeriksa dan memperbaiki atau menghapus jika ternyata ada broken link.

Mencari dan menemukan broken link adalah pekerjaan yang sangat menguras banyak waktu , apalagi blog yang sudah memiliki ratusan  bahkan ribuan postingan. Betapa repotnya jika kita harus mengecek satu persatu halaman atau postingan tersebut. Mungkin karena itulah kita terkadang lalai memeriksa broken link yang ada di dalam halaman blog.

Apa kerugian broken link

Broken link tampaknya sepele, mungkin karena itu banyak di antara blogger  dan webmaster tidak terlalu merisaukannya. Akibatnya broken link tersebut tidak tertangani dengan baik, bahkak mereka terabaikan sampai begitu lama. Pada hal jika kita menyadari broken link dalam waktu lama bisa menjadi penyakit kronis sebuah blog. Penyakit ini akan menggerogoti blog sehingga berdampak kerugian seperi:

1. Broken link dapat menghentikan robot mesin pencari pada link tersebut
2. Mempersulit proses indeks halaman target link
3. Menghentikan jalur pengunjung untuk mengakses halaman target
4. Tidak SEO friendly
5.  Blog akan di tinggalkan oleh pengunjung
6.  Blog di anggap tidak professional
7. Pemilik blog juga akan memiliki reputasi buruk
8 Dapat mematikan bisnis online anda. Ihhhh sampai segitu nya….

Jadi betapa besar dampak yang di timbulkan nya. Mungkin jika itu hanya satu atau dua broken link tidak terlalu besar dampak negatifnya. Tetapi jika sudah puluhan atau lebih wah alamat buruk. WASPADALAH..!

Untuk mencari dan menemukan  lokasi broken link , dapat di lakukan dengan memanfaatkan layanan web yang menghususkan diri pada urusan seperti itu. Salahsatu yang dapat anda gunakan adalah : xml-sitemaps.com  situs ini tidak hanya menciptakan Sitemaps tetapi juga mencari link yang rusak di situs web dan kemudian menginformasikan webmaster atau pemilik website tentang link mereka yang mengalami krusakan. Prosesnya otomatis memeriksa broken link  sehingga akan menghemat waktu yang tepat untuk webmaster dan pemilik blog.  Anda hanya perlu memasukkan alamat url di form yang tersedia sisanya biarkan situs ini yang menyelesaikan.

Selain itu anda dapat pula memanfaatkan layanan dari:  brokenlinkcheck.com. dari nama domainnya saja sudah ketahuan layanannya bukan. Situs ini dapat anda gunakan memeriksa, mencari dan menemukan lokasi broken link di dalam blog anda. Bahkan sampai ribuan halaman dapat di periksa dalam beberapa menit.  Layanan mereka gratis jika halaman yang anda periksa masih di bawah 1000, tetapi berbayar jika sudah lebih banyak. 

Layanan Mana yang akan anda pilih tergantung dari anda. Saran saya silahkan memeriksa ke masing-masing TKP melihat apa yang bisa mereka berika pada kliennya. Setelah itu silahkan putuskan mau yang gratis atau premium.

Dengan managemen link yang baik berarti anda memiliki kepedulian terhadap, diri sendiri, web/blog anda dan yang lebih penting terhadap pengunjung blog anda.  Selain itu anda telah membuat blog anda lebih sehat dan lebih bersahabat dengan mesin pencari seperti google, bing, yahoo atau yang lainnya. Karena merekalah yang membawa pengunjung ke blog dan sebaliknya. Jadi mari kita lebih bersahabat dengan mereka.

Saya berharap informasi ini setidaknya dapat memberi wawasan dan pemahaman tentang managemen broken link.  Semoga blog kita masing-masing dapat lebih dioptimalkan dengan membebaskan mereka dari penyakit broken link.

Jika anda merasa terinspirasi dari membaca artikel diatas, sudilah kiranya membiarkan saya dan yang lainnya mengetahui apapun yang anda ingin katakan. Silahkan tulis pikiran anda di kotak komentar di bawah ini.

Terima kasih anda mau berbagi dengan teman-teman yang lain. Sukses selalu untuk kita semua .

4 comments:

  1. Jika anda memiliki akun di google, anda dapat memanfaatkan juga webmaster tool untuk mencari, menemukan dan menghapus broken link tersebut. Bahkan cara di GWT jauh lebih praktis. jadi silahkan di coba.

    ReplyDelete
  2. waduh, saya waktu cek webmaster, ada broken link di comment kotak komentar yg dihapus oleh visitor tsb,

    trus yang diwebmaster juga saya hapus, gimana cara mengembalikan yg di webmaster itu masbro?

    ReplyDelete
  3. @wanbul, jika link yang di hapus belum terlalu lama beberapa hari, kemungkinan google belum menghapusnya secara permanen. Bahkan masih berstatus pending. Untuk mengembalikan link yang terlanjur di hapus, silahkan kunjungi lagi GWT lihat daftar link yang telah masuk dalam status pending. Pilih link yang mau di kembalikan kemudian klik CANCEL. Semoga jawaban ini dapat membantu.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!