Menulis
postingan di blog merupakan salah satu pekerjaan rutin dan utama seorang
blogger. Setiap hari harus ada minimal satu artikel yang siap di posting. Apalagi
yang telah membuat jadwal posting harian di blognya.
Tuntutan
memenuhi jadwal posting telah membuat anda bekerja keras dan cerdas membuat
artikel postingan. Seperti yang pernah di bahas di salah satu artikel di Blog
Bisnis Online, bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktifitas
dan kemampuan menulis postingan adalah pemenuhan target waktu yang sesuai
jadwal.
Teman-teman blogger
yang berpengalaman, hal seperti ini bisa jadi bukan sesuatu yang menimbulkan
masalah. Mereka memiliki kemampuan dan
sumber daya untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu beberapa mereka juga
memiliki penulis tamu yang antri menyumbangkan artikelnya untuk di posting kapanpun.
Bagaimana
caranya agar kita dapat membuat tulisan yang siap di posting?
Pada
kesempatan ini Blog Bisnis Online ingin berbagi informasi dan tips tentang cara
menulis postingan di blog.
1. Ketahui topik yang banyak dicari di
niche blog anda
Pada tahap
awal hal yang penting di lakukan adalah mengetahui topik yang banyak di cari di niche blog anda. Ini penting di
ungkapkan untuk memberi pemahaman bahwa artikel bagi sebuah blog adalah produk.
Nah kita sebagai blogger merupakan penjual produknya. Karena itu jika mau di
konsumsi banyak pengunjung maka artikel yang kita tulis sebaiknya topik yang
sedang hangat di bicarakan, sedang popular atau di butuhkan di niche blog anda.
Apa yang
orang banyak cari di mesin pencari dapat di ketahui dengan menggunakan sumber
daya gratis dari google.com ( seperti: google trend, google keyword tool dan
google analitycs) atau menggunakan mesin pencari lain.
Inilah yang perlu
di lakukan sebelum menulis untuk menghasilkan artikel yang berorientasi pada
kebutuhan pembaca blog. Sayangkan jika sudah meluangkan banyak waktu dan tenaga
menulis artikel tetapi tidak ada yang membaca kecuali anda sendiri.
2.
Riset kata kunci
Setelah
selesai melakukan pencarian topik yang hangat dan banyak dicari di niche anda.
Selanjutnya tugas anda melakukan riset kata kunci. Kok kata kunci untuk apa
nih…
Tujuannya
jelas menemukan kata tertentu yang paling banyak di gunakan oleh pengguna
internet ketika mereka mencari informasi menggunakan search engine. Riset kata
kunci sangat di perlukan untuk mendapatkan pembaca yang lebih tertarget. Kata
kunci yang tepat berpotensi mendatangkan pengunjung yang lebih banyak ke blog
anda.
Ada banyak sumber
daya yang tersedia untuk melakukan riset kata kunci. Beberapa di antaranya
seperti : Flash Keyword Miner, Keyword Spyglass , Market samurai atau anda dapat menggunakan sumber daya gratis dari google seperti google keyword tool untuk menyelesaikan
pekerjaan anda.
3. Kumpulkan data dan informasi
pendukung
Untuk membuat
artikel lebih bernilai kita perlu menyertakan data informasi yang akurat dan
dapat di pertanggung jawabkan. Data yang di perlukan bisa dalam bentuk angka, nilai,
cuplikan pernyataan dari orang yang memiliki otoritas, gambar pendukug, dan
referensi rujukan untuk informasi yang lebih lengkap.
Data dan
informasi itulah yang kita coba di reproduksi dalam sudut pandang kita sebagai
penulis. Hal ini perlu untuk membuatnya unik dan tidak di kira hanya copas dan
palagiat karya orang. Jika mengambil
cuplikan orang lain, jangan lupa mencantumkan sumber informasinya.
4.
Buat judul artikel yang kuat
Selanjutnya
membuat judul artikel yang kuat. Kuat dalam arti judul tersebut menarik ( menimbulkan
rasa ingin tahu ) pada orang untuk melanjutkan membaca lebih banyak. Dalam
banyak kasus judul sangat menentukan apakah artikel akan di baca tau tidak.
Jadi ambil waktu lebih untuk memikirkan judul artikel anda.
Ini tentu
tidak mudah, di butuhkan pengalaman untuk melakukan dengan baik. Jangan
khawatir pada kesempatan ini saya menyertakan tips dari blog.ezinearticles.com. Saya kira rekomendasi ini cukup untuk di
jadikan panduan membuat judul yang kuat.Jangan lupa memasukkan kata kunci utama
dalam judul artikel anda.
5. Mulai menulis
Ketika data
sudah cukup terkumpul, sekarang saatnya mulai menulis artikel anda. Mulai dari membuat
kerangka tulisan paragraf pengantar/
pembukaan/pendahuluan, isi dan penutup/kesimpula. Ini merupakan format standar
pada setiap artikel yang di tulis. Lakukan saja papun yang muncul di pikirang
anda pada saat itu. Jangan berpikir ini tidak baik atau dengan kata lain tidak
perlu mengedit dulu. Biarkan tangan anda menyalurkan isi pikiran yang muncul
pada saat itu, lakukan terus sampai selesai.
6. Edit tulisan anda
Setelah selesai
menulis anda boleh memutuskan apakah langsung mengedit pada saat itu atau di
tinggal beberapa saat ( satu malam ) baru di edit. Memang apa bedanya…?
Jika artikel
yang anda buat kejar posting maka sebaiknya segera di selesaikan pada saat itu
juga. Langsung di edit. Jika artikel anda masih punya cukup waktu, maka
sebaiknya biarkan dulu sampai besok baru di edit. Cara ini relatif untuk setiap
orang. Bagaimanapun setiap orang punya kemampuan yang berbeda. Ini bekerja baik
untuk saya.
Membiarkan
beberapa saat artikel tersebut baru di edit akan membuat kita lebih objektif
dan biasanya pikiran lebih segar untuk melihat sisi kekurangan yang masih bisa
di benahi sebelum di posting.
Yang jelas
pada tahap inilah anda akan membaca ulang, menilai dan melihat kesalahan tata
bahasa, kesalahan pengetikan dll.
Silahkan di
tuntaskan untuk mendapatkan artikel yang tidak saja di tulis dengan tata bahsa
yang baik ( formal atau non formal ) tetapi juga memiliki struktur baik dan
manfaat bagi pembacanya.
Paling tidak
kiita telah berusaha melakukan semaksimal mungkin untuk yang terbaik. Setelah
itu bialrah pembaca yang menilai.
Semoga informasi
ini bermanfaat. Jika anda terinspirasi atau apapun dengan artikel di atas,
sudilah kiranya membiarkan kami tahu dengan menuliskannya di kotak komentar.
Terima kasih anda mau berbagi.
No comments:
Post a Comment
Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!