Nov 3, 2012

6 Langkah Mudah Menulis Postingan Di Blog


Mudah Menulis
Menulis postingan di blog merupakan salah satu pekerjaan rutin dan utama seorang blogger. Setiap hari harus ada minimal satu artikel yang siap di posting. Apalagi yang telah membuat jadwal posting harian di blognya.

Tuntutan memenuhi jadwal posting telah membuat anda bekerja keras dan cerdas membuat artikel postingan. Seperti yang pernah di bahas di salah satu artikel di Blog Bisnis Online, bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktifitas dan kemampuan menulis postingan adalah pemenuhan target waktu yang sesuai jadwal.

Teman-teman blogger yang berpengalaman,  hal seperti ini bisa jadi bukan sesuatu yang menimbulkan masalah.  Mereka memiliki kemampuan dan sumber daya untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu beberapa mereka juga memiliki penulis tamu yang antri menyumbangkan artikelnya untuk di posting kapanpun.

Bagaimana caranya agar kita dapat membuat tulisan yang siap di posting?

Pada kesempatan ini Blog Bisnis Online ingin berbagi informasi dan tips tentang cara menulis postingan di blog.

1. Ketahui topik yang banyak dicari di niche blog anda
Pada tahap awal hal yang penting di lakukan adalah mengetahui topik yang banyak  di cari di niche blog anda. Ini penting di ungkapkan untuk memberi pemahaman bahwa artikel bagi sebuah blog adalah produk. Nah kita sebagai blogger merupakan penjual produknya. Karena itu jika mau di konsumsi banyak pengunjung maka artikel yang kita tulis sebaiknya topik yang sedang hangat di bicarakan, sedang popular atau di butuhkan di niche blog anda.

Apa yang orang banyak cari di mesin pencari dapat di ketahui dengan menggunakan sumber daya gratis dari google.com ( seperti: google trend, google keyword tool dan google analitycs) atau menggunakan mesin pencari lain.

Inilah yang perlu di lakukan sebelum menulis untuk menghasilkan artikel yang berorientasi pada kebutuhan pembaca blog. Sayangkan jika sudah meluangkan banyak waktu dan tenaga menulis artikel tetapi tidak ada yang membaca kecuali anda sendiri.

2.  Riset kata kunci
Setelah selesai melakukan pencarian topik yang hangat dan banyak dicari di niche anda. Selanjutnya tugas anda melakukan riset kata kunci. Kok kata kunci untuk apa nih…

Tujuannya jelas menemukan kata tertentu yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet ketika mereka mencari informasi menggunakan search engine. Riset kata kunci sangat di perlukan untuk mendapatkan pembaca yang lebih tertarget. Kata kunci yang tepat berpotensi mendatangkan pengunjung yang lebih banyak ke blog anda.

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk melakukan riset kata kunci. Beberapa di antaranya seperti : Flash Keyword Miner, Keyword Spyglass , Market samurai atau anda dapat menggunakan sumber daya gratis dari google seperti google keyword tool untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

3. Kumpulkan data dan informasi pendukung
Untuk membuat artikel lebih bernilai kita perlu menyertakan data informasi yang akurat dan dapat di pertanggung jawabkan. Data yang di perlukan bisa dalam bentuk angka, nilai, cuplikan pernyataan dari orang yang memiliki otoritas, gambar pendukug, dan referensi rujukan untuk informasi yang lebih lengkap.

Data dan informasi itulah yang kita coba di reproduksi dalam sudut pandang kita sebagai penulis. Hal ini perlu untuk membuatnya unik dan tidak di kira hanya copas dan palagiat karya  orang. Jika mengambil cuplikan orang lain, jangan lupa mencantumkan sumber informasinya.

4.  Buat judul  artikel yang kuat
Selanjutnya membuat judul artikel yang kuat. Kuat dalam arti judul tersebut menarik ( menimbulkan rasa ingin tahu ) pada orang untuk melanjutkan membaca lebih banyak. Dalam banyak kasus judul sangat menentukan apakah artikel akan di baca tau tidak. Jadi ambil waktu lebih untuk memikirkan judul artikel anda.

Ini tentu tidak mudah, di butuhkan pengalaman untuk melakukan dengan baik. Jangan khawatir pada kesempatan ini saya menyertakan tips dari blog.ezinearticles.com. Saya kira rekomendasi ini cukup untuk di jadikan panduan membuat judul yang kuat.Jangan lupa memasukkan kata kunci utama dalam judul artikel anda.

5.  Mulai menulis
Ketika data sudah cukup terkumpul, sekarang saatnya mulai menulis artikel anda. Mulai dari membuat kerangka  tulisan paragraf pengantar/ pembukaan/pendahuluan, isi dan penutup/kesimpula. Ini merupakan format standar pada setiap artikel yang di tulis. Lakukan saja papun yang muncul di pikirang anda pada saat itu. Jangan berpikir ini tidak baik atau dengan kata lain tidak perlu mengedit dulu. Biarkan tangan anda menyalurkan isi pikiran yang muncul pada saat itu, lakukan terus sampai selesai.

6. Edit tulisan anda
Setelah selesai menulis anda boleh memutuskan apakah langsung mengedit pada saat itu atau di tinggal beberapa saat ( satu malam ) baru di edit. Memang apa bedanya…?

Jika artikel yang anda buat kejar posting maka sebaiknya segera di selesaikan pada saat itu juga. Langsung di edit. Jika artikel anda masih punya cukup waktu, maka sebaiknya biarkan dulu sampai besok baru di edit. Cara ini relatif untuk setiap orang. Bagaimanapun setiap orang punya kemampuan yang berbeda. Ini bekerja baik untuk saya.

Membiarkan beberapa saat artikel tersebut baru di edit akan membuat kita lebih objektif dan biasanya pikiran lebih segar untuk melihat sisi kekurangan yang masih bisa di benahi sebelum di posting.
Yang jelas pada tahap inilah anda akan membaca ulang, menilai dan melihat kesalahan tata bahasa, kesalahan pengetikan dll.

Silahkan di tuntaskan untuk mendapatkan artikel yang tidak saja di tulis dengan tata bahsa yang baik ( formal atau non formal ) tetapi juga memiliki struktur baik dan manfaat bagi pembacanya.

Paling tidak kiita telah berusaha melakukan semaksimal mungkin untuk yang terbaik. Setelah itu bialrah pembaca yang menilai.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika anda terinspirasi atau apapun dengan artikel di atas, sudilah kiranya membiarkan kami tahu dengan menuliskannya di kotak komentar. Terima kasih anda mau berbagi.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!