Oct 24, 2012

Inilah 20 Sumber Daya Gratis Dari Google



Sebagai blogger kita patut berterima kasih pada google yang telah menyediakan sumber daya gratis yang dapat di gunakan membangun dan mengembangkan web/blog. Dengan sumber daya tersebut banyak hal yang dapat di lakukan untuk membuat situs kita berkinerja lebih maksimal. 

Pada postingan ini Blog Bisnis Online ingin berbagi informasi sumber daya yang dapat di gunakan untuk kepentingan membangun web/blog kita masing-masing.

Di bawah ini 20 sumber daya gratis dari google


1. Google keyword tool. Sumber daya ini memungkinkan anda melakukan riset kata kunci ( keyword ) yang prospektif. Dengan layanan ini anda dapat membuat analisis tingkat persaingan  berdasarkan jumlah pengguna suatu kata kunci tertentu dengan jumlah orang yang mencarinya pada suatu periode dan tempat tertentu.  Hasil analisis anda dapat di gunakan misalnya untuk membuat topic, judul artikel, nama domain dll.

 2. Google analytics. Pantau perkembangan pengunjung  blog/website persentase kunjungan, populeraritas kata kunci tertentu yang  membuat visitor datang ke web/blog anda. 

Google Analytics membantu Anda untuk mengetahui  cara pengunjung masuk  dan melakukan navigasi dalam web/blog.  Informasi berharga bagi Anda untuk memanfaatkan secara optimal kunjungan orang-orang yang tertarik datang ke web/blog Anda melalui AdWords. Layanan ini gratis dan menawarkan cara jitu untuk menganalisis data pengunjung Anda. Selain itu, Anda dapat melihat data Analytics dari dalam akun AdWords, sehingga mempermudah Anda untuk menyempurnakan iklan.

3. Google drive. Layanan ini memungkinkan anda membuat form kontak atau form submit di blog, menyimpan dan berbagi dokumen dengan orang lain hingga 5GB. Kapasitas yang cukup besar.

4. Google url shortener. Persingkat url link anda dengan sumber daya ini dan dapatkan link anda lebih sederhana, lebih seo friendly. Kunjungi (http://goo.gl/) untuk menggunakannya.

5. Google tag manager. Tambahkan kata kunci /tag tertentu ke web/blog anda hanya dari satu tempat tanpa harus membuka  page editor  web/blog anda . Google Manajer Tag memungkinkan Anda menambahkan dan memperbarui tag website Anda, mudah dan gratis, kapanpun Anda inginkan, tanpa harus meminta bantuan orang-orang TI.

6. Google insigh. Ketahui kecenderungan dan perkembangan pencarian dari waktu ke waktu pada suatu kata kunci tertentu  di suatu Negara, bahkan provinsi 

7. Google blog search. Cari blog tertentu dengan google pencarian blog.

8. Google trend. Ketahui kecenderungan topic dan moment penting di dunia yang menjadi trend setiap minggu. Informasi ini membantu anda membuat konten yang relefan dengan trend saat ini. Dengan demikian kemungkinan seseorang menemukan web/blog anda dengan cepat.

10. google web master tool. Daftarkan dan klaim kepemilikan web/blog anda di sini. Selain itu dari layanan ini pula web/blog anda dapat mempercepat indeksin google setiap artikel baru yang anda posting dengan memasukkan site map web/blog anda. Selain itu anda dapat mendiagnosa kesehatan web/blog anda untuk melakukan perbaikan segera.

11. google page speed . Layanan ini memungkinkan mengukur kecepatan loading web/blog anda dengan memasukkan URL di form page speed . Setelah itu dapatkan saran perbaikan  sebagai hasil analisis google speed. Kunjungi : (https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights ) untuk mendapatkan layanan tersebut.
Contoh hasil dari blog bisnis online : Halaman Blog Bisnis online mendapat Skor PageSpeed ​​keseluruhan 93 (dari 100) cukup baik.

12. Google bookmark . bookmark setiap halaman favorit anda sehingga kelak akan mempermudah membuka kembali ketika kita membutuhkannya lagi kunjungi alamat ini (https://www.google.com/bookmarks/

13. Google mail. Google mail adalah salah satu layanan email yang sangat handal. Menggunakan gmail akan sangat membantu berkomunikasi dengan pelanggang, prospek atau klien anda.Walaupun layanan ini gratis tetapi kapasitas ruang penyimpanan datanya sangat besar. Selain itu teknologi anti spam dan malwarenya juga bekerja sangat baik

14. Google toobar. Permudah mengakses layanan google hanya dari satu bar yaitu google sumber daya bar. (http://www.google.com/intl/id/sumberdayabar/ie/index.html )

15. You Tube. Buat dan up load video kampanye  atau tutorial yang akan mengarahkan visitor ke blog anda. Dari You tube juga anda dapat membangun link ke blog tertentu.

17. Google reader. Layanan ini membuat anda tetap up to date dengan  Google Reader  yang  terus-menerus memeriksa situs berita favorit Anda dan blog untuk konten baru. Gunakan di mana saja untuk memamtau up date berita dan postingan blog favoritmu.

18. Google +1.  Web social networking besutan google ini berfungsi layaknya facebook atau twitter bagi bisnis anda. Anda bisa memanfaatkannya untuk memperluas jaringan pemasaran anda. Atau mempercepat orang di lingkaran anda menemukan dan membaca artikel postingan terbaru anda.

19. Google Adplanner. Sumber daya Google ini bermanfaat untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah situs web. Ada berapa banyak orang yang mengunjungi web tersebut, berapa jumlah pengunjung yang unik, berapa jumlah halaman yang dilihat, dan topik yang menarik para pengunjung web. Informasi seperti ini sangat di perlukan oleh internet marketer seperti anda untuk memilih tempat yang tepat untuk memasang iklan.

20. Blogger. Blogger atau blogspot adalah salah satu platform untuk membuat blog. Layanan ini gratis bersama web hostingnya ( ghs.google.com) Dengan memanfaatkan layanan ini,,Anda dapat membangun blog dengan mudah dan cepat. Walaupun gratis anda tetap dapat menggunakan custom nama domain ( menggunakan domain berbayar ) yang akan membuat blog anda tidak benar-benar 100% gratis.

Kedepan seiring dengan kemajuan dan perkembangan internet. Google terus berinovasi dan menambah sumber daya baru yang dapat di manfaatkan oleh pengguna internet.

Silahkan maksimalkan semua potensi sumber daya yang telah di sediakan oleh google untuk mendukung perform web/blog anda.

Jika menurut anda masih ada sumber daya google  yang terlewatkan  untuk memaksimalkan kerja kinerja web/blog, silahkan di tambahkan dengan menuliskannya di kotak komentar. Terima kasih anda mau berbagi dengan pengunjung Blog Bisnis Online.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!