Jan 18, 2013

8 Indikator Menilai Kemajuan Blog

Pertumbuhan dan kemajuan blog dari waktu kewaktu merupakan hal yang sangat di inginkan oleh setiap blogger. Membangun blog dan membuat mereka tumbuh adalah tantangan bagi setiap blogger.

Supaya lebih terarah dalam membagun blog maka di bawah ini Blog Bisnis Online berbagi informasi tentang indicator yang dapat di jadikan parameter membangun dan menilai kemajuan blog.

Apakah yang dapat di jadikan indicator untuk menilai kemajuan suatu blog.


1. PR. Page Rank adalah indicator utama yang selalu menjadi acuan ketika orang menilai kualitas dan popularitas suatu blog. PR di gunakan oleh google untuk menilai dan menentukan popularitas dan posisi suatu blog/web di SERP. Jumlah link masuk dari web site relevan dan kualitas konten merupakan factor penting yang berpengaruh pada peningkatan PR. Walaupun perubahan/peningkatan PR tidak secepat indictor lain namun inilah yang menjadi salah satu ukuran untuk menilai pertumbuhan.

2. ATR. Alexa Traffic Rank adalah merupakan angka yang menunjukkan popularitas web site di suatu negara dan secara global. Alexa membuat daftar urutan website berdasarkan jumlah traffic dan link masuk ke suatu website. Jadi jika suatu web/blog statistic ATR nya menunjukkan grafik naik maka dapat dipastikan web/blog tersebut sedang mengalami pertumbuhan atau kemajuan. Paling tidak jumlah traffic dan atau jumlah link masuknya masih terus bertambah.

3. Jumlah dan frekwensi postingan. Salah satu kendala yang di hadapi blogger adalah membuat postingan secara berkala dalam jangka waktu tertentu secara kontinu dan konsisten. Walaupun ada banyak tips memacu atau meningkatakan kreatifitasmenulis postingan yang dapat di aplikasikan, namun kenyataannya banyak blogger yang terkendala membuat postingan secara berkala. Misalnya satu postingan perpekan atau pertiga hari atau malah perhari. Ada saja kendala seperti: kehilangan ide, kesibukan pada hal lain, dll.

Dalam hubungannya dengan pertumbuhan dan kemajuan blog, suatu blog di katakan bertumbuh dan mengalami kemajuan jika jumlah dan frekwensi postingannya terus meningkat. Apalagi jika postingan itu di iringi dengan peningkatan kualitas yang semakin baik dan nilai manfaat bagi visitornya.

4. Komentar. Orang yang berkomentar di suatu blog memiliki beberapa maksud dan tujuan. Jika blog anda di setting menggunakan rel nofollow maka saya yakin yang datang bukan mereka yang bermaksud mendapatkan backlink gratis. Mereka datang sebagai traffic organic karena menemukan blog anda di serch engine dengan kata kunci tertentu. Mereka akan dengan senang hati menulis komentar sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan pengunjung blog atas manfaat informasi yang di sharing pada postingan. Makin banyak yang menulis komentar berarti makin banyak yang mengapresiasi postingan anda.

5. Jumlah backlink. Semakin banyak backlink pada blog semakin popular blog tersebut. Apalagi jika link yang masuk berasal dari web/blog relevan yang memiliki otoritas dan PR tinggi  Pertambahan jumlah backlink dari waktu ke waktu akan mendokrak PR dan posisi web/blog di halaman hasil pencarian mesin pencari ( SERP )

6. Jumlah page view harian. Page view adalah banyaknya suatu halaman di llihat oleh seorang pengunjung web/blog. Blog yang jumlah page viewnya meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu berarti blog tersebut sedang berada pada jalur yang benar. Blog tersebut sedang terus mengalami pertumbuhan dan kemajuan.

7. Pengunjung ( Visitor ).Visitor adalah orang yang mengunjungi suatu web/blog. Pengunjung dapat di bedakan atas dua macam yaitu pengunjung tetap ( unique visitor ) dan  ( New visitor ).  Di atara dua macam pengunjung ini maka pengunjung tetap atau bisa di sebut pelanggan blog merupakan yang lebih baik dari kategori yang lain. Makin banyak pengunjung tetap makin baik bagi suatu blog.

8. Email Subscribs. Email subscribs adalah cara terbaik mendapatkan pelanggan artikel blog. Mereka merupakan prospek yang siap menjadi pelanggan setia blog anda. Makin banyak orang yang mensubmit email di form semakin banyak pula orang yang percaya dan mau menjadi pelanggan artikel blog anda. Ini juga dapat di jadikan sebagai salah satu cara mengukur kemanfaatan dan tingkat kepercayaan pengunjung ke anda sebagai admin/blogger yang mengelola blog.

Saya berharap informasi tersebut di atas dapat bermanfaat bagi anda yang  membutuhkan informasi dan referensi dalam menilai kemajuan blog anda.

Jika anda memiliki sesuatu yang terpikirkan setelah membaca artikel di atas, biarkan kami tahu apapun itu dengan menuliskannya pada kotak komentar di bawah. 

9 comments:

  1. Untuk point yang ke 8 alhamdulillah saya sudah punya 200 lebih subscriber...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hayardin Putra, terima kasih sudah mengunjungi Blog Bisnis Online. Syukurlah jika email subscriber anda sudah ada 200 lebih. Semoga angka itu terus bertambah setiap hari.

      Delete
  2. Makasih sharingnya, gan.
    Infonya bagus2 banget dan jadi dapet ilmu baru terus kalu berkunjung kemari.. :)

    ReplyDelete
  3. @Direktori WebBlog, terima kasih juga untuk kunjungannya.

    ReplyDelete
  4. semoga semua yang disebutkan bisa tercapai oleh blog-ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Blog Of Hariyanto, Ya semoga. Kita semua berharap begitu.

      Delete
  5. Hal yang paling membosankan itu mencari backlink makanya hingga hari ini saya jarang sekali menanam backlink untuk semua blog saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Blog Bisnis Online, mungkin blogger lain juga merasakan hal yang sama. Namun mau apa lagi, kebanyakan dari kita harus turun tangan sendiri membangun backlink untuk meningkatkan petumbuhan blog. Apalagi sekarang google pinguin sangat tidak mentolerir backlink yang di outsorsing di penyedia layanan backlink builder ( penjual backlink)

      Delete
  6. oke semoga blog saya semakin maju, terima kasih mas, atas artikelnya

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!