Pertumbuhan dan kemajuan blog dari waktu kewaktu merupakan hal
yang sangat di inginkan oleh setiap blogger. Membangun blog dan membuat mereka
tumbuh adalah tantangan bagi setiap blogger.
Supaya lebih terarah dalam membagun blog maka di bawah ini Blog Bisnis Online berbagi
informasi tentang indicator yang dapat di jadikan parameter membangun dan menilai
kemajuan blog.
Apakah yang dapat di jadikan indicator untuk menilai kemajuan suatu blog.
1. PR. Page Rank adalah
indicator utama yang selalu menjadi acuan ketika orang menilai kualitas dan
popularitas suatu blog. PR di gunakan oleh google untuk menilai dan menentukan
popularitas dan posisi suatu blog/web di SERP. Jumlah link masuk dari web site
relevan dan kualitas konten merupakan factor penting yang berpengaruh pada
peningkatan PR. Walaupun perubahan/peningkatan PR tidak secepat indictor lain
namun inilah yang menjadi salah satu ukuran untuk menilai pertumbuhan.
2. ATR. Alexa
Traffic Rank adalah merupakan angka yang menunjukkan popularitas web site di
suatu negara dan secara global. Alexa membuat daftar urutan website berdasarkan
jumlah traffic dan link masuk ke suatu website. Jadi jika suatu web/blog
statistic ATR nya menunjukkan grafik naik maka dapat dipastikan web/blog tersebut
sedang mengalami pertumbuhan atau kemajuan. Paling tidak jumlah traffic dan
atau jumlah link masuknya masih terus bertambah.
3. Jumlah dan
frekwensi postingan. Salah satu kendala yang di hadapi blogger adalah
membuat postingan secara berkala dalam jangka waktu tertentu secara kontinu dan
konsisten. Walaupun ada banyak tips memacu atau meningkatakan kreatifitasmenulis postingan yang dapat di aplikasikan, namun kenyataannya banyak
blogger yang terkendala membuat postingan secara berkala. Misalnya satu postingan
perpekan atau pertiga hari atau malah perhari. Ada saja kendala seperti:
kehilangan ide, kesibukan pada hal lain, dll.
Dalam hubungannya dengan pertumbuhan dan kemajuan blog, suatu
blog di katakan bertumbuh dan mengalami kemajuan jika jumlah dan frekwensi
postingannya terus meningkat. Apalagi jika postingan itu di iringi dengan peningkatan
kualitas yang semakin baik dan nilai manfaat bagi visitornya.
4. Komentar. Orang
yang berkomentar di suatu blog memiliki beberapa maksud dan tujuan. Jika blog anda
di setting menggunakan rel nofollow maka saya yakin yang datang bukan mereka
yang bermaksud mendapatkan backlink gratis. Mereka datang sebagai traffic
organic karena menemukan blog anda di serch engine dengan kata kunci tertentu. Mereka
akan dengan senang hati menulis komentar sebagai bentuk apresiasi dan
penghargaan pengunjung blog atas manfaat informasi yang di sharing pada postingan.
Makin banyak yang menulis komentar berarti makin banyak yang mengapresiasi
postingan anda.
5. Jumlah backlink.
Semakin banyak backlink pada blog semakin popular blog tersebut. Apalagi jika
link yang masuk berasal dari web/blog relevan yang memiliki otoritas dan PR
tinggi Pertambahan jumlah backlink dari
waktu ke waktu akan mendokrak PR dan posisi web/blog di halaman hasil pencarian
mesin pencari ( SERP )
6. Jumlah page view
harian. Page view adalah banyaknya suatu halaman di llihat oleh seorang
pengunjung web/blog. Blog yang jumlah page viewnya meningkat secara signifikan
dari waktu ke waktu berarti blog tersebut sedang berada pada jalur yang benar.
Blog tersebut sedang terus mengalami pertumbuhan dan kemajuan.
7. Pengunjung (
Visitor ).Visitor adalah orang yang mengunjungi suatu web/blog. Pengunjung
dapat di bedakan atas dua macam yaitu pengunjung tetap ( unique visitor )
dan ( New visitor ). Di atara dua macam pengunjung ini maka
pengunjung tetap atau bisa di sebut pelanggan blog merupakan yang lebih baik
dari kategori yang lain. Makin banyak pengunjung tetap makin baik bagi suatu
blog.
8. Email Subscribs.
Email subscribs adalah cara terbaik mendapatkan pelanggan artikel blog. Mereka
merupakan prospek yang siap menjadi pelanggan setia blog anda. Makin banyak
orang yang mensubmit email di form semakin banyak pula orang yang percaya dan
mau menjadi pelanggan artikel blog anda. Ini juga dapat di jadikan sebagai
salah satu cara mengukur kemanfaatan dan tingkat kepercayaan pengunjung ke anda
sebagai admin/blogger yang mengelola blog.
Saya berharap informasi tersebut di atas dapat bermanfaat
bagi anda yang membutuhkan informasi dan
referensi dalam menilai kemajuan blog anda.
Jika
anda memiliki sesuatu yang terpikirkan setelah membaca artikel di atas, biarkan
kami tahu apapun itu dengan menuliskannya pada kotak komentar di bawah.
Untuk point yang ke 8 alhamdulillah saya sudah punya 200 lebih subscriber...
ReplyDelete@Hayardin Putra, terima kasih sudah mengunjungi Blog Bisnis Online. Syukurlah jika email subscriber anda sudah ada 200 lebih. Semoga angka itu terus bertambah setiap hari.
DeleteMakasih sharingnya, gan.
ReplyDeleteInfonya bagus2 banget dan jadi dapet ilmu baru terus kalu berkunjung kemari.. :)
@Direktori WebBlog, terima kasih juga untuk kunjungannya.
ReplyDeletesemoga semua yang disebutkan bisa tercapai oleh blog-ku :)
ReplyDelete@Blog Of Hariyanto, Ya semoga. Kita semua berharap begitu.
DeleteHal yang paling membosankan itu mencari backlink makanya hingga hari ini saya jarang sekali menanam backlink untuk semua blog saya :D
ReplyDelete@Blog Bisnis Online, mungkin blogger lain juga merasakan hal yang sama. Namun mau apa lagi, kebanyakan dari kita harus turun tangan sendiri membangun backlink untuk meningkatkan petumbuhan blog. Apalagi sekarang google pinguin sangat tidak mentolerir backlink yang di outsorsing di penyedia layanan backlink builder ( penjual backlink)
Deleteoke semoga blog saya semakin maju, terima kasih mas, atas artikelnya
ReplyDelete