Jul 3, 2011

Blogwalking, Sebaiknya Bagaimana?

Blogwalking in Blog Bisnis Online
Blogwalking siapa yang tidak tahu, apalagi blogger yang sudah lama blogging pastilah ini bukan hal yang aneh. Tetapi bagi blogger pemula mungkin ini masih menjadi tanda Tanya apasih blogwalking itu?.

Pada postingan ini Blog Bisnis Online inging berbagi cerita tentang blog walking. Apakah ini penting di bahas ? Ah pokonya penting ngak penting yang jelas ini ide yang muncul ketika sedang melakukang blogwalking dan membaca beberapa komentar yang di tinggalkan orang lain .

Blogwalking adalah kunjungan blogger ke beberapa blog orang lain. Ada beberapa maksud dan tujuan melakukan blog walking. Beberapa di antaranya adalah :

1. Mencari informasi  
2. Membalas kunjungan blogger lain ( menjalin silaturahmi sesama blogger )
3. Menncari back link 

Lalu apa yang harus di perhatikan ketika anda sedang melakukan blog walking ? Sepintas ini hal yang sepeleh. Apaka memang ada yang harus di perhatikan jika sedang bertandang ke blog orang lain. Yah seharusnya memang ada. Ini menyagkut etika perilaku blogwalking. 

Jadi apa yang harus di perhatikan
1.    Jika anda sedang berkunjung ke suatu blog untuk mencari informasi maka, tidak ada persoalan jika anda sekedar datang dan membaca informasi yang ada di blog tersebut.

       Meng copy beberapa kalimat untuk dijadikan data dan bahan tulisan. Jangan mengambil kesulurauhan artikel dan memindahkannya ke blog anda kecuali anda meminta izin dari penulis dan menyebutkan sumbernya. 
   
       Coba pikirkan bagaimana jika tulisan anda yang di bajak tanpa mencantumkan nama dan blog anda. Pastilah ada rasa dongkol. Bagi blogger pemula, copy paste tidak membuat anda bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

       Kita harus belajar menulis untuk membuat postingan di blog, karena hanya dengan begitu kita memiliki ketrampilan menulis. Itu jauh lebih penting dari sekedar memenuhi jadwal postingan di blog.

2.   Jika anda blogwalking  dengan maksud membalas kunjungan blogger lain yang datang ke blog anda dan menulis komentar, maka sebaiknya lakukan sesegera yang anda bisa. Sekalipun ini bukan kewajiban tetapi membalas kunjungan sebagai bentuk silaturahmi rasanya sangat perlu.

       Bagi blog yang di kunjungi,  ini merupkan salah satu cara mendatangkan traffic ke blog. 

3.   Jika anda blog walking dengan tujuan mencari back link, maka sebaiknya anda mencari blog dofollow, memperhatikan Page Rank dari blog yang anda kunjungi. Selain itu blog yang relevan dengan topic blog anda serta gunakan Angkor teks yang relevan dengan kata kunci yang ada di blog  yang inging anda beri back link. Tulis komentar yang berkualitas dan relevan dengan topic yang di bahas pada artikel yang anda komentari. 

       Jangan asal berkomentar seperti misalnya “Artikel yang baik, trims, Artikel yang mengispirasi , trims artikelnya Mas”. Dll yang seirama dengan kalimat seperti itu . Jangan meninggalkan kesan artkel ngomong apaaaa?  anda ngomong apa. 

       Jika anda menulis komentar yang berkualitas, mungkin anda menambai  atau melengkapi keterangan tambahan, artikel tersebut atau mengemukakan pertanyaan yang berkaitan dengan artikel tersebut, sehingga memancing terjadinya diskusi antara anda dengan pemilik blog atau dengan komentator yang lain.

       Dalam keadaan seperti itu anda berpeluang  mendapat keuntungan ganda. Pertama anda mendapat back link gratis, yang kedua anda berpeluang mendapat traffic dari blogger lain yang membaca kementar anda.

       Jadi menulis komentar pada dsarnya dapat anda jadikan sebagai media mempromosikan diri dan blog anda sekaligus. Jadi jangan asal memberi komentar kalu asal jangan berkomentar…  :D

Sebenarnya anda boleh saja mengatakan  ya suka-suka aku. Benar! yang lakukan kan anda sendiri.

Kalau pun saya memposting artikel ini, tidak lain karena adanya keinginan membangun kesadaran etika berperilaku online terutama blogging.

Selain itu, rasanya sungguh elegan menjadikan blog sebagai media meningkatkan komampuan dan kepribadian diri kita.Kali aja bisa menjadi lebih baik.
Bagaimana dengan anda?

4 comments:

  1. saya berkunjung gan, smua poin klo bisa terpenuhi hehe

    ReplyDelete
  2. salam kenal. Klo blog wolking dengan tujuan backlink dan kita mempunyai web jualan. Sebaiknya kita kasih link web utama jualan kita atau web blog kita?
    Mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
  3. cara mengetahui blog yg dofollow itu bgaimana ?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak cara dan alat yang bisa di gunakan untuk mengetahui suatu blog do follow atau nofollow. Misalnya anda dapat menggunakan salah satu plug in berikut ( chorome plug in: Nofollow chacker, Astral nofollow atau Nofollow eyes ) selain itu anda juga dapat menginstal plug in SEO Quake di Firefox. Plug in tersebut dapat di download gratis. Selain itu jika anda menemukan blog WP yang memasang plug in Comment Luv, itu berarti blog tersebut kemungkinan besar do follow. Ini bisa di lihat di bagian commentar. Ok semoga ini bisa menjawab pertanyaan anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Bisnis Online.

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!