Oct 26, 2013

Tips Meningkatkan Konten Kualitas Rendah


Anda memiliki blog dengan sejumlah artikel di dalamnya? Artikel itu adalah konten yang menjadi roh kehidupan sebuah blog. Dan konten yang baik adalah raja.

Sebagai blogger pemula selalu saja ada kendala dalam banyak hal terkait dengan konten, salah satu di antaranya adalah konten yang berkualitas rendah:

Ada apa dengan konten kualitas rendah ?

Ini era pasca Google Panda. Era dimana google dengan teknologi terbarunya sebagai mesin pencari,  benar-benar menempatkan kualitas sebagai filter dan indicator dalam mengindeks sebuah konten blog. Oleh karena itu, Anda dan saya tentunya, harus mengevaluasi kualitas konten di blog dan memperbaikinya  sebagai cara meningkatkan  pengunjung tinggal lebih lama di blog , menghasilkan link secara alami dan peringkat lebih baik .

Sebagai langkah awal kenali ciri-ciri konten kualitas rendah.
Secara umum kualitas konten yang rendah dapat di didentifikasi dari hal-hal berikut ini:

1.       Kurang bermanfaat bagi visitor

2.       Di tulis dengan tata bahasa yang kurang baik

3.       Lahir dari copas

4.       Memiliki kata kunci yang banyak (Keyword Stuffing )

5.       Terlalu pendek < 300 kata

Manfaat konten di indikasikan oleh jumlah pengunjung yang melihat atau membacanya. Kita hanya perlu datang ke Google analytics untuk memeriksa jumlah visitor yang melihat/membaca sebuah postingan.  Postingan yang memiliki jumlah visitor yang sangat sedikit atau mungkin tidaka ada, merupakan konten yang memiliki kualitas rendah.

Tata bahasa yang baik dan benar merupakan syarat yang harus di penuhi oleh artikel yang ingin di publikasikan. Karena itu, penting bagi setiap artikel sebelum di publish untuk di baca, di telaah dan mungkin di edit. Pilihan dan jumlah kata, penulisan /pengetikan dan tanda baca adalah asfek yang perlu di periksa.

Artikel yang di buat dari copy paste, selain secara etika tidak baik ( kecuali atas izin dari pemilik ) sekaligus menempatkan konten duplikat kedalam blog anda. Konten duplikat adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan sebuah blog mengalami deindeks oleh mesin pencari. Jadi cobalah untuk kreatif dan lebih bersahabat dengan mesin pencari.
Katakan tidak untuk Keyword Stuffing. Adalah sebuah kesalahan jika anda fokus pada kata kunci terlalu banyak (Keyword Stuffing ). Banyak blogger berpikir cara terbaik untuk peringkat kata kunci tertentu adalah dengan memasukkannya ke dalam setiap komponen halaman blog seperti:  judul, deskripsi, konten , alt tag gambar dan link internal . Menurut ahli SEO, Kata kunci isian ini pada akhirnya hanya akan menyebabkan blog kita menerima hukuman dari Google .

Jadi bukan menempatkan banyak kata kunci (Keyword Stuffing ) tatpi memastikan bahwa artikel yang di tulis adalah tentang kata kunci tersebut . Ingat artikel di buat untuk manusia bukan untuk masin pencari.
Artikel yang di tulis terlalu pendek mengindikasikan bahwa artikel tersebut di buat prematur, terburu-buru, miskin informasi dan tidak memiliki banyak hal yang dapat di ambil sebagai manfaat. Walaupun ini sangat relativ tetapi selalu saja ada kesan seperti itu. Dan salah satu indikator yang menjadi acuan kualitas bagi mesin pencari adalah jumlah kata dalam sebuah artikel. 

Apa yang dapat di lakukan

Setelah kita memahami ciri-ciri konten yang berkualitas rendah maka selanjutnya mari membahas cara terbaik untuk menanganinya. Ada dua hal yang dapat di laukan yaitu:

                 1.    Menghapus artikel tersebut atau

                 2.    Merewrite

Menghaspus artikel adalah tindakan yang sangat muda di lakukan. Hanya saja konsekwensi yang dapat timbul adalah hilangnya inbound link dan terbentuknya broken link di internal blog. Ini bias menjadi masalah yang sangat menganggu visitor yang mengklik link tersebut. Jadi kita harus menanganinya dengan hati-hati.

Pilihan kedua adalah melakukan rewrite ( menulis kembali ) artikel tersebut. Tindakan ini bisa berarti membongkar artikel dan membenahi semua hal yang menjadi kekurangan .  Secara sfecifik mungkin kita akan melakukan:

                 1.    Merubah kalimat judul

                 2.    Mengganti kalimat dan kata yang lebih baik

                 3.    Menambah data dan informasi

                 4.    Menambah jumlah kata

                 5.    Menambahkan gambar pendukung

Setelah di anggap cukup selanjutnya tinggal memposting ulang dan mengoptimasi kembali untuk mempercepat di indeks oleh mesin pencari.
Bagaimana menurut anda..? Berbagilah dan biarkan  kami mengetahui tanggapan anda dengan menuliskan komentar di bawah.


2 comments:

  1. Terimakasih tipsnya ya, sangat bermanfaat

    http://pendaftaran-cpns.blogspot.com

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!