Nov 3, 2013

Membidik Pasar Lewat Situs Mobil


perangkat mobil 
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat, telah merubah banyak cara dan kebiasaan orang dalam mengakses informasi di internet. Jika sekitar 10 sampai 5 tahun yang lalu orang masih bergelut dengan perangkat desktop dan leptop untuk beraktifitas di internet, maka tahun-tahun belakangan ini kebiasaan itu mulaui bergeser ke arah penggunaan perangkat mobil. Kehadiran smartphone dan tablet dengan harga terjangkau dan fiture yang mendukung serta akses internet yang semakin murah, membuat semuanya lebih mudah bagi pengguna.

Uraian di bawah ini merupakan kompilasi dari beberapa sumber yang tersedia di banyak tempat.

Kenapa harus situs mobil

Data dan pakta statistic di bawah ini kiranya dapat menjadi alas an yang kuat mengapa situs mobil penting bagi IM dan blogger.

Dairine kennedy ( Adsense Mobile Specialis ) memprediksi bahwa di tahun 2015 setiap orang akan memiliki perangkat mobil( Google blog ). Pada tahun 2012, studi Google menemukan bahwa 94 % dari pengguna ponsel menggunakan perangkat mereka untuk mencari informasi,  produk dan layanan lokal

Penelitian oleh komunikasi perusahaan Walker Sands mengungkapkan bahwa trafik mobil saat ini menyumbang 23% dari semua kunjungan situs.  Meningkat 283 % sejak Januari 2011( sumber: dudamobile).

Gejala yang sama terjadi di Indonesia. Masyarakat kita semakin melek teknologi informasi, komunikasi dan internet.

CIA  ( lembaga intelijen Amerika Serikat ), menyebutkan bahwa jumlah pengguna ponsel di Indonesia Mencapai 236,8 juta pelanggan seluler. Menempati posisi kelima negara dengan jumlah pengguna ponsel terbanyak di dunia.

Riset dari lembaga AC Nielsen mencatat 95% pengguna ponsel di Indonesia memanfaatkan alat itu untuk menjelajahi Internet ( sumber:  http://www.sby.dnet.net.id )

Kepemilikan smartphone dan tablet bahkan telah menjadi life style di banyak kalangan. Ini berarti ratusan juta bahkan miliaran pengguna perangkat mobil siap menjadi prospek dan calon konsumen bagi banyak internet marketer. 

Apa yang harus di lakukan

Data statistic dan pakta di atas jelas menunjukkan betapa besarnya potensi pasar di internet. Oleh karena itu sangat penting bagi para IM dan blogger mulai membangun situs mobil sebagai media pemasaran.

Kedepan, akan menjadi kebutuhan bagi IM dan blogger memiliki situs mobil untuk mempublikasikan konten jualannya.  Walaupun konten di situs desktop tetap bisa di akses menggunakan perangkat mobil namun tentu sangat berbeda jika memang situs nya di buat mobile friendly.

Situs mobil adalah situs yang sengaja di bangun dengan struktur yang di sesuaikan dengan perangkat mobil. Sedangkan situs desktop adalah situs seperti yang kita akses selama ini dari perangkat computer desktop dan leptop. Situs ini tetap bisa di akses dari perangkat mobil dengan tampilan yang di sesuaikan dengan perangkat mobil yang di gunakan.

Situs yang di bangun untuk diakses di perangkat mobil di buat dengan struktur yang mobile friendly. Ketika di akses tampilan dan ukurannya normal ( bahkan tidak perlu di zom ), navigasi yang mudah di gunakan. Kenapa….? Karena situs mobil di buat menggunakan template khusu mobil yang sesuai.

Beberapa situs layanan kini menyediakan cara membangun situs mobil yang mudah. Bahkan anda tidak perlu membuat dari awal. Jika sudah ada situs desktop yang sudah online , maka tinggal melakukan setting ulang dengan menambahkan/menggunakan template mobil dan beberapa pengaturan tambahan.

Selain itu kita juga dapat membangunnya dari awal seperti ketika kita membuat situs selama ini ( Membeli domain, hosting dan membagun situs mobil dengan template yang rama dengan perangkat mobil ).

Kemana untuk memulai

Kemana kita harus pergi untuk memulai membangun situs mobil. Beberapa situs penyedia layanan di bawah ini mungkin dapat anda pertimbangkan:

1. http://www.joosee.com/home/index.html
2. http://www.dudamobile.com/
3. http://sites.google.com/mobilize

Situs-situs tersebut menyediakan layanan gratis dan premium . Kita bebas memilih layanan yang sesuai dengan kemampuan keuangan ,asing-masing atau kalo tidak gunakan saja yang versi gratis.

Jika Anda siap untuk memulai membuat situs mobile,silahkan mengunjungi salah satu link url di atas. Jika belum silahkan baca beberapa ketentuan umum dan persiapan yang patut di perhatikan.

1.    Sebuah logo situs yang ukurannya tidak lebih dari lebar 250 piksel dan tinggi 85 piksel.
2.    Gambar yang di inginkan di situs. Sebaiknya gambar tidak lebih dari lebar 250 piksel.
3.    Tujuan situs mobil.
4.    Pilih salah satu template atau mulai dengan situs kosong.
5.    Pilih nama situs dan URL.
6.    Berikan deskripsi  situs mobil tersebut sehingga orang dapat menemukannya.
7.    Pilih apakah situs ingin terlihat untuk semua orang atau hanya orang-orang tertentu.
8.    Tambahkan teks, gambar, tombol dan gadget ke situs untuk membantu personalisasi dan menyampaikan pesan.

Nah bagaimana.....siap action ?
Saya berharap artikel diatas dapat membantu memberi gambaran dan pemahaman tentang pentingnya penggunaan situs mobil untuk meraih potensi pasar internet yang begitu besar.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!