Feb 21, 2011

PayPal Solusi bertransaksi Online di Internet

Salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan dalam
bertransaksi di internet adalah PayPal. Dengan PayPal seseorang berbelanja,membeli berbagai macam produk dengan sangat mudah dan praktis. Bagi yang sudah tahu tentang PayPal bahkan munkin sering bertransaksi dengan menggunakan alat ini tentu tidak membingungkan, tetapi bagi teman-teman yang belum tahu informasi ini kiranya dapat memberi pencerahan.
Informasi yang tersaji pada artikel ini adalah konfilasi beberapa sumber seperti www.Wikipedia.com , www.paypalindonesia.com dan www.PayPal.com. Dengan demikian informasi yang di bagi memiliki akurasi yang yang terjaga.
PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. Ada juga yang medefinisikanya sebagai salah satu alat pembayaran (Payment procesors) . Selain menyedikan jasa transfer uang, PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain.Perusahaan yang bermarkas di San Jose, California ,Amerika Serikat ini, berdiri sejak tahun tahun 2000 silam yang merupakan marger dari dua perusahaan yang mengalami kebangkrutan yaitu Confinity dan X.com.
Apa kelebihan PayPal disbanding kompetitornya
Sejak marger Confinity dan X.com kemudian berubah PayPal seperti yang dikenal sekarang  perusahaan baru ini menunjukkan performa yang terus membaik. Data eBay pada bulan Februari 2000 , tercatat rata-rata ada 200.000 penawaran barang perhari yang menggunakan Paypal. Dua bulan kemudia,tepatnya pada April ditahun yang sama menunjukkan, dari 1 juta penawaran menggunakan Paypal.
Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap PayPal menunjukkan bahwa PayPal efektif , praktis dan aman dalam bertransaksi secara online. Kenyataan ini  membuat eBay pada tahun 2002 mengakuisisi Paypal dengan nilai US$ 1,5 Miliar, untuk selanjutnya menggunakannya sebagai alat untuk bertransaksi dengan eBay menggatikan Billpoint yang sebelumnya dipakai bertransaksi dengan pelanggannya.
Pada kuarter pertama 2006 total transaksi melalui PayPal senilai US$8 Miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun. Perusahaan tetap fokus kepada perkembangan secara internasional dan kepada peningkatan pada divisi layanan merchant, dan menyediakan alat pembayaran online bagi pengguna ebay
Kelebihan PayPal adalah tingkat keamanannya yang tinggi, Pembeli / Buyer yang merasa dirugikan atau tidak sesuai deskripsi yang diberitahukan bisa meminta uang kembali kepada Penjual / Seller dalam waktu maksimal 45 hari setelah terjadi pembayaran. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya. PayPal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain yang tidak benar dari pembeli sesuai pembuktian. Perlindungan untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak mempunyai catatan bukti pembayaran dan deskripsi transaksi, setiap pembelian dan pembayaran menggunakan PayPal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account PayPal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang antara keduanya. Dari sini bisa diambil kesimpulan menggunakan PayPal lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan catatan deskripsi, serta dapat melakukan komplain yang benar jika terjadi sesuatu atau terhindar dari komplain yang salah,   Selain itu PayPal juga efektif dan mudah melakukannya. Untuk bertransaksi kita hanya menggunakan email yang terproteksi dengan password .
Tercatat sampai Februari 2010 PayPal sudah menerima 190 negara dan 23 mata uang, pengguna PayPal di Indonesia masih harus menggunakan hitungan US dollar karena rupiah belum ada di PayPal, dana yang ditarik langsung dari kartu kredit akan dikonversi ke US dollar otomatis.
Apa syaratnya untuk membuat account di PayPal

Jika anda sekarang sudah berusia minimal 18 tahun atau lebih dan mempunyai :
1) Alamat email = Sebagai username account PayPal anda nantinya
2) Rekening bank atau Kartu kredit = Yang akan digunakan untuk menjadi Terverifikasi / Verified dan untuk dapat Withdraw (Menarik Saldo PayPal ke Media Lain) nantinya , maka anda sudah bisa membuat account di PayPal.
Mungkin yang agak berat adalah memenuhi syarat memiliki kartu kredit. Jika anda memeliki pekerjaan dengan gaji yang agak besar kemungkinan bank akan memenuhi pengajuan permohonan anda untuk mengurus kartu kredit. Jika tidak anda harus menjaminkan uang Rp.3000.000 untuk memperoleh kartu kredit. Tapi jangan kwatir ada informasi yang menyatakan bahwa verifikasi account PayPal dapat dilakukan dengan VCC ( Virtual Credit Card ) yang harganya kurang lebih Rp.200.000. Nah ini kabar baik bagi kita yang tidak memeliki kartu kredit dari bank. Beberapa perusahaan dalam negeri menjual VCC untuk verifikasi ini.
Lainkali kita berbagi informasi tentang cara verifikasi account PayPal dengan VCC. Ok….!
Semoga artikel ini dapat membantu dan memberi pencerahan 

1 comment:

  1. Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang yang sering bertransaksi ( jual beli ) barang dan jasa di internet adalah Paypal. Memiliki account Paypal sangat membantu dan mempercepat proses pembayaran dari dan ke orang lain secara online.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!