Sep 24, 2012

Verifikasi Domain Baru Dengan CNAME record


Tutorial ini saya buat berdasarkan pangalaman dalam mingu ini ( 7 hari terakhir ) dimana saya telah register domain baru di namecheap.com untuk di gunakan sebagai custom domain ( domain berbayar )  salah satu blog yang di hosting di ghs.google.com ( blogspot.com ).

Berulang kali saya coba dengan prosedur seperti yang selama ini di lakukan ( mengganti domain blogspot.com dengan domain berbayar ) tetapi selalu gagal. Blogspot meminta untuk memverifikasi kepemilikan domain baru tersebut dengan menggunakan CNAME record.  Ini merupakan aturan baru dari blogspot.com untuk mengganti URL blog yang menggunakan subdomain blogspot.com ke URL yang  menggunakan custom domain. Setiap pemilik custom domain harus bisa membuktikan kepemilikannya dengan verifikasi domain baru menggunakan CNAME record. Ini berlaku pada pembelian dan register domain baru di luar blogger.com/blogspot.com.

Bagaimana cara verifikasi domain baru dengan CNAME record?


Ikuti step by step tutorial di bawah ini!

1.  Log in ke akun anda di google ( blogger.com)
2. Klik setting > basic > publishing
3.  Klik add custom domain
4. Selanjutnya test saja dengan mengisi kotak isian custom domain anda kemudian Save, biarkan error (error 12 ) . Perhatikan di bagian atas tertulis berwarna merah, permintaan untuk memverifikasi domain baru tersebut.
5. Klik Setting instructions


dan hasilnya seperti di bawah ini:


6. klik atau pilih  On a top level domain ( www. Example.com)  sehingga tampil petunjuk yang dapat anda ikuti untuk mensetting domain baru anda . Hasilnya seperti gambar di bawah ini:


Dari petunjuk diatas di peroleh data seperti :

1. ghs.google.com
2. VM4GH….dst  sesuaikan dengan kode yang anda lihat di layar anda ( ini kode acak dari google ) jadi masing-masing domain akan berbeda.
3. gv7WW7RDGGH6BZ……SPSCAMIC4A.domainverify.googlehosted.com .

Data –data itulah yang di butuhkan untuk di setting di web site penyedia layanan register domain. Karena saya register domain di namecheap.com maka urain di bawah ini merupakan prosedur yang dapat dilakukan di namecheap.com. Untuk penyedia layanan register domain yang lain silahkan menyesuaikan ( saya kira prosedurnya hampir sama )

- Login ke account Anda dan pergi ke My Account> Manage a Domain;
- Klik pada nama domain yang Anda ingin modifikasi;
- Pergi ke All Host Records (sisi kiri menu);
- Di sini Anda akan perlu untuk memasukkan catatan berikut:
1)  Anda harus membuat 4 terpisah "@" catatan host dengan alamat IP berikut (216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21)  ini hanya opsional.( boleh di abaikan )
2) Masukkan “ghs.google.com di HOST NAME ( www ) sebagai IP ADRESS/URL ( ini merupakan CNAME record yang pertama.
3)  Masukkan UKO3…..dst  sebagai NAMA HOST( SUB DOMAIN SETTING ) dan gv-7WW7RDGGH6BZ…..SPSCAMIC4A.domainverify.googlehosted.com . sebagai ALAMAT IP / URL. Kemudian pilih CNAME sebagai TYPE REKOR dari menu drop-down. Ini merupakan CNAME record yang kedua.


7.  Klik save change

Sekarang domain baru anda sudah terverifikasi dengan menggunakan CNAME record. Selanjutnya anda sudah boleh mengganti domain blogspot.com blog anda dengan domain berbayar ( custom domain. Caranya KLIK DISINI!

Semoga tutorial ini dapat membantu anda yang mungkin mengalami kesulitan yang sama dengan saya.

2 comments:

  1. gimana gan, ane udah masukkam cname sama recordnya sesuai dgn instruksi, tapi pas ane save malah error terus, ditunggu 24 jam juga error terus, kenapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sigit Eko Baskoro, Jika data dari Blogger sudah lengkap, coba sekali lagi ulangi dari sisi web register domain anda pastikan semua tahap anda lakukan dengan benar. Jika masih mengalami kendala saya sarankan anda menghubungi Tim Support web register domain anda untuk meminta bantuan teknis. Mereka dengan senang hati membantu menyelesaikan persoalan kliennya.

      Delete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!