Jan 11, 2013

8 Tips Beraktifitas Di Forum Online


Forum online
Pada waktu yang lalu blog Bisnis Online telah memposting tentang tips mendapatkan backlink dari forum online dan daftar forum online yang dapat di gunakan untuk mendapatkan traffic ke blog.

Pada kesempatan ini Blog Bisnis Online kembali meposting tentang tips beraktifitas di forum online. Silahkan baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

Sebagai sebuah media yang mempertemukan banyak orang, forum adalah salah satu yang sangat efektif dalam berbagi informasi di internet. Member dan pengunjung yang datang ke suatu forum adalah mereka dengan minat yang relative sama. Factor ini menjadi salah satu penyebab intensnya interaksi mereka pengguna forum.

Seperti halnya media yang lain, beraktifitas di forum selau menuntut kita untuk memperhatikan etika yang belaku di forum tersebut. Baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Mengedepankan etika dengan mentaati aturan main merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai pengguna forum.

Apa yang harus di perhatikan ketika beraktifitas di suatu forum online?

Berikut ini di sajikan tips memilih dan beraktifitas di forum online.

1.Pilih forum yang memiliki PR dan ATR tinggi. PR ( Page Rank ) yang tinggi merupakan indicator yang dapat dijadikan parameter mengukur reputasi dan kualitas suatu forum. Bagi anda yang bermaksud mendapatkan backlink tentu forum seperti ini jauh lebih baik karena PR yang lebih tinggi. Begitu pula ATR ( Alexa Traffic Rank ) tinggi ( angka semakin kecil ) merupakan salah satu indicator menilai reputasi dan jumlah traffic yang masuk ke forum tersebut.

2. Pilih forum yang memiliki pengunjung dan treath yang banyak. Jumlah pengunjung  dan treath yang banyak menunjukkan forum tersebut  memiliki dinamika tinggi dengan ragam informasi yang juga banyak. Informasi yang banyak dapat menjadi umpan bagi semakin banyaknya pengunjung yang bakal datang ke forum tersebut.

3. Jangan mendaftar untuk kabur. Beberapa di antara mereka yang mendaftar di forum dengan tujuan sekedar mendapatkan backlink melakukan tindakan seperti ini. Jika itu di lakukan maka link seperti itu sangat kecil kemungkinan memberi manfaat bagi blog target. Ingat!, kebanyakan forum di setting dengan status nofollow.

4. Jangan keburu memasang signatur ( tanda tangan online ). Ini boleh tidak boleh juga sih. Apalagi memang ada forum yang membolehkan pemasangan signatur. Hanya saja jika anda sudah eksis dan telah memiliki beberapa postingan  yang di share ke member yang lain maka pemasangan itu lebih alami dan tidak mengindikasikan sebagai seorang oportunis yang hanya memanfaatkan forum sebagai sumber backlink gratis.

Signatur  dan link yang menyertainya bermanfaat jika kita selalu berbagi informasi yang bermanfaat dan menjadikan kita lebih dipercaya oleh member atau pengunjung forum. Mereka akan mencari lebih banyak informasi dengan mengunjungi blog atau referensi yang kita pasang di signatur.

5. Baca TOS sebelum beraktifitas. Ini sangat penting bagi anda yang baru terdaftar di suatu forum. Baca dan pahami term of service, rule atau FAQ  untuk mengetahui apa yang boleh dan yang tidak boleh di lakukan sebagai  member. Banyak forum yang memiliki operator atau admin pengelola yang sangat ketat dan tegas menjaga kualitas forum dengan menegakkan aturan forum mereka. Sekali saja melakukan pelanggaran sudah cukup menjadi alasan menskors akun anda tanpa ampun.

6. Perkenalkan diri ke member lain. Sebagai member baru selayaknya anda memperkenalkan diri kepada anggota lain sebelum anda membuat treath atau postingan. Sebenarnya ini boleh tidak boleh, hanya saja tentu lebih etis memperkenalkan diri sebelum kita berinteraksi dengan member yang sudah duluan terdaftar.

7. Jangan spam. Siapapun tidak menyukai hal ini kecuali mereka yang berniat menjadi spammer. Spam biasanya di ukur dari tingkat aktifitas yang berlebihan dan dengan link affiliasi atau iklan yang menyertai setiap postingan. Kalau mau jualan lebih baik buat di lapak jual beli yang biasanya juga tersedia di suatu forum.

8. Berbagi informasi yang bermanfaat. Salah satu tujuan kita mendaftar di suatu forum adalah berbagi informasi yang bermanfaat bagi member forum lain. Inilah yang menjadi pintu dan jalan masuknya traffic ke blog anda

Apa yang tertulis diatas merupakan bentuk pemahaman pribadi setelah beraktifitas di beberapa forum online selama ini.  Kita semua bisa berbeda dalam pemahaman dan cara beraktifitas di forum. Secara umum kita semua memiliki standar etika pribadi yang mewarnai aktifitas keseharian termasuk aktifitas di forum. Semua itu sah sah saja. Yang penting adalah keberadaan kita di forum tidak menjadi gangguan bagi member lain dan admin pengelola forum tersebut.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda memiliki tips lain yang dapat di share ke pembaca lain?. Biarkan kami tahu dengan menuliskannya dalam komentar di bawah.

Untuk apapun yang ingin anda katakana tentang tips beraktifitas di forum ini, sebelumnya di ucapkan terima kasih. 


7 comments:

  1. @Bung Andi Hasbi Jaya, Terima kasih udah berkunjung ke Blog Bisnis Online.

    ReplyDelete
  2. Tips nya bagus sekali mas. Saya perhatikan memang tiap forum diseting nofollow utk linknya. Tapi kita masih bisa dapat keuntungan dari trafik langsung dari member forumnya. Thanks

    ReplyDelete
  3. @Max Manroe, terima kasih telah berkunjung ke Blog Bisnis Online. Memang sesungguhya yang kita incar adalah traffic dari sebuah forum. Semua kita menyadari bahwa semua upaya SEO yang di lakukan oleh blogger/webmaster sesungguhnya bermuara ke mendatangkan traffic ke web/blog.

    ReplyDelete
  4. Artikelnya sangat menarik, memang pada umumnya para blogger bergabung di forum semata-mata mencari backlink. sehingga berkomentar terlihat hanya sekedarnya saja, dan hanya basa basi..

    terima kasih sharingnya, jadi dapat pelajaran untuk lebih memperbaiki dalam berkomentar..

    ReplyDelete
  5. Tipsnya bermanfaat sekali mas. forum terkadang masih saja yang menjadi spammer, karena mereka belum mengenal lebih dalam aturan main menjadi member suatu forum.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan. Semoga artikenya bermanfaat Ok

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!