Jul 29, 2014

Mengatur Penargetan Halaman Situs Untuk Negara Tertentu

Penargetan halaman
Bagi teman teman webmaster yang menggunakan bing webmaster tool, tentu sudah sangat akrab dengan fitur yang di sediakan oleh mereka..Salah satu di antaranya adalah geo targeting yaitu fitur penargetan halaman untuk masyarak/auidiens di daerah atau lokasi Negara tertentu.

Fitur ini merupakan salah satu kelebihan bing di bandingkan dengan seach engine yang lain bahkan termasuk google.

Penargetan geografis fitur memungkinkan Anda untuk memberikan Bing dengan petunjuk tentang audiens yang di target untuk situs web Anda (atau bagian dari situs Anda) dengan menghubungkannya ke suatu daerah atau negara. Sedangkan Webmaster tool yang lain membiarkan Anda melakukan hal ini hanya di tingkat situs,

Fitur penargetan Bing menyediakan Anda kebebasan dan control penuh dengan fleksibilitas tambahan: seperti situs multinasional tidak perlu memverifikasi setiap bagian yang mereka inginkan untuk geo targeting secara terpisah. 

Sebaliknya, Bing Webmaster Tools memungkinkan Anda untuk menentukan penargetan audiens negara untuk website  atau hanya bagian dari tampilan tunggal website Anda . Selain itu, Anda dapat melakukan ini pada beberapa tingkat seperti:

Di tingkat domain:
 Pilihan ini memungkinkan Anda untuk geo targeting seluruh domain untuk negara tertentu.  Misalnya ketika anda menggunakan Top level Domain yang sudah di custom untuk Negara tertentu seperti misalnya co.id, web id, .uk, . my dll

 Di tingkat subdomain :
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengatur negara target  untuk subdomain seluruh situs Anda. Ini adalah pilihan bagus jika Anda menggunakan sub domain situs Anda untuk segmen konten menurut negara.  

Misalnya http://id.example.com untuk Indonesia. http://nl.example.com untuk Nederland/Belanda atau http://fr.example.com  untuk negara Francis.

Jadi walaupun domainnya .com adalah di target global tetapi kemudian di setting pada subdomain untuk untuk suatu nedara tertentu.

Di tingkat direktori :
Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengatur negara target untuk folder tertentu di situs Anda. Pilihan ini baik  jika Anda menggunakan direktori khusus negara atau folder di situs Anda.

Misalnya http://www.example.com/indonesia/untuk Indonesia, http://www.example.com/malaysia/ untuk audiens di malaysia .Semua halaman dalam folder akan dipertimbangkan untuk audiens sesuai direktori tersebut

Di tingkat halaman :
Pilihan ini  bahkan lebih fleksibel,  Anda dapat mengatur sebuah negara di tingkat halaman. Penargetan halaman ini adalah pilihan terbaik jika Anda memiliki halaman arahan tunggal bagi pengunjung dari negara tertentu. 

Bagaimana melakukan  penargetan halaman


Untuk melakukan Geo targeting pada situs atau bagian dari situs Anda, ikuti langkah berikut:

Silahkan buka akun bing webmaster tool anda, kemudian pilih fitur geo targeting( tempatnya ada di sebelah kiri layar anda ) 

Penargetan halaman Bing


Tarik kebawah halaman, Kemudian pilih jenis URL dari situs atau bagian situs Anda yang ingin di geo targeting seperti dijelaskan dalam bagian di atas.
Masukkan URL yang sesuai untuk tipe URL ( pilih type URL )
Pilih negara dari negara/kawasan tarik turun
Klik Submit

Penting: Jangan lakukan ini jika situs anda di buat untuk target global.

Setelah Anda memiliki pengaturan geo targetingsitus atau bagian situs, pengaturan Anda ini akan dilihat oleh bing sebagai sinyal kuat yang memperkuat  sinyal lain dari data/indikator yang  sudah gunakan untuk hasil pencarian yang lebih baik,. 

Oleh karena itu Anda harus mulai sekarang juga dan pastikan untuk menggunakan alat penargetan halaman sebagai bagian integral dari strategi SEO global jangka panjang situs 
anda.

Saya ber
harap informasi ini dapat berguna bagi teman-teman webmater atau blogger terutama untuk memaksimalkan kehadiran situsnya di search engine. Terutama bing.

Catatan: artikel ini merupakan kompilasi dari beberapa sumber.

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!