Mar 14, 2011

Apakah Anda Melakukan 8 Tips Ini Untuk Memastikan Suatu Situs bukan SCAM?

Ide tulisan ini saya buat setelah seorang teman blogger dengan senang hati berkomentar pada salah satu artikel di blog Smart Bisnis Online. Ketika saya mencermati komentar nya saya jadi terhenyak bertanya-tanya dalam  hati benar ngak ya situs/program paid survey yang saya ikuti scam atau bukan. Karena saya belum tahu gimana caranya mengetahui scam (penipu) atau bukan scam maka saya lakukan riset kecil-kecilan mencari bahan artikel yang bisa dijadikan materi tulisan.
Tulisan ini merupakan kompilasi dari beberapa sumber yang saya himpun menjadi satu artikel ini.
Materi ini saya anggap sangat penting ,bagi semua orang yang mau CARI DUIT  atau menekuni bisnis online di internet. Terutama bagi anda yang pemula yang terkadang tidak memiliki filter yang dapat memproteksi anda dari program scam yang  ternyata jumlahnya tidak sedikit.
Inilah yang harus anda lakukan untuk memastikan suatu situs atau program scam ( penipu ) atau bukan :
1.Perhatikan program yang di tawarkan
  Program yang yang ditawarkan  oleh situs scam tidak logis. Artinya  mereka menawarkan insentif yang kelihatanya sangat bagus. Kerjanya sangat mudah dollarnya lumayan besar. Atau mereka menawarkan insentif sekitar $5 untuk registrasi (free sig in). Gunakan logika anda untuk menilai kewajaran insentif yang di janjikan.

  Sebagai contoh program Paid To Clic ( PTC ) harga perklik iklannya sekitar 0.01 atau 0,02 USD untuk PTC rupiah sekitar Rp 25 sampai Rp200 per klik. Jadi nika ada yang menawarkan lebih besar dari ukuran rata-rata WASPADALAH, WASPADALAH…….

2.Perhatikan system kerjanya
  Sistem kerja yang ditawarkan ril atau fiktif. Apa yang anda kerjakan untuk   memperoleh uang dari situs tersebut. Menjual , apa yang dijual, mengajak teman ( referral ). Ada situs scam yang awalnya memberi anda pekerjaan ril tetapi kemudian bulan-bulan berikutnya tidak lagi, sehingga anda sangat sulit mencapai batas minimal untuk cash out. Anda akan dibuat menunggu dan menunggu. Hal seperti ini biasa terjadi pada program survey online.

3.Perhatikan bukti pembayarannya
  Apakah situs yang anda ikuti memperlihatkan bukti pembayaran. Perhatikan tanggal dari bukti pembayaran tersebut apakah lebih muda atau lebih tua dari tanggal lahir situs tersebut. Dari situ bisa kelihatan ngibulnya.

4.Perhatikan umur situsnya
  Perhatikan umur situsnya sudah berapa lama. Prinsipnya adalah semakin lama umur suatu situs berarti makin teruji situsnya. Umur suatu situs dapat diketahui dari Whois situs trsebut . Apa itu Whois? Whois adalah sebuah fitur untuk mengetahui kapan sebuah domain situs dibeli, siapa yang memiliki, siapa yang mendaftar, hostingnya di mana, dan sebagainya. Setiap domain pasti memiliki data WHOIS, jadi Anda bisa mengecek untuk memastikannya.

Bagaimana cara mengecek WHOIS record dari sebuah domain? Jangan khawatir karena di internet cukup banyak situs yang menyediakan jasa untuk melakukan cek per cek data Whois suatu situs. Beberapa diantaranya seperti :

     www.who.is/
    www.easywhois.com/
    www.whois.domaintools.com/
    www.internic.net/whois.html
  www.easywhois.com/
  www.whois-search.com/

       Ketik alamat situs Whois checker/nama situs yang mau di chek.
    Misalnya : www.who.is/namasitusyang mau di chek.com

5.Perhatikan popularitas situsnya
  Apakah situs yang anda ikuti banyak di bicarakan di internet atau tidak. Silahkan periksa di search engine. Seberapa banyak situs yang membicarakan program anda. Semakin banyak orang membicarakan semakin terkenal situs/program tersebut. Tapi ingat situsnya terkenal karena kebaikannya atau kejelekannya.

6.Perhatikan Review situs tersebut 
  Untuk melihat review situs/program yang sedang anda ikuti dapat di lihat blog yang berisi halaman yang membahas jenis-jenis program/situs yang anda ikuti. Mengapa di blog ? karena blog selain menampilkan posting artikel juga menampilkan komentar dari pembaca. Dari komentar tersebut anda dapat menilai apakah situs/programnya scam atau bukan

7.Cek pendapat komunitas money maker di forum
  Ada banyak forum yang berisi diskusi yang dilakukan oleh para pencari uang di unternet. Ikuti dan berpartisipasilah di forum tersebut. Anda boleh bertanya atau memberi taggapan. Ada banyak informasi yang berharga untuk suatu situs/program yang anda ikuti, sehingga anda akan lebih tau situsnya scam atau bukan

8.Cek nama situs tersebut di search engine dengan menambahkan kata scam
  Ini adalah cara yang paling mudah cepat dan tepat.  Gunakan search engine ketikkan nama situs Plus kata scam sebagai akhiran  lalu enter, maka anda akan mendapatkan sejumlah situs yang membahas tentang scam atau bukan situs yang anda sedang ikuti programnya. Misalnya dengan mengetik : namasitusscam.
Demikianlah delapan tips yang dapat anda jadikan patokan untuk menilai apakah situs atau program make 
money yang anda ikuti merupakan scam ( penipu ) atau bukan. Dengan memiliki panduan atua pedoman seperti ini saya berharap anda terhindar dari tipu muslihat alias scam dari pemilik  situs yang tidak bertanggung jawab.

Ingat di internet jumlah orang dan situs yang seperti ini jumlahnya cukup banyak. Jadi hati-hatilah.
Walaupun ketika anda free sig in ( mendaftar gratis ) tetapi bagi anda yang mau serius men cari duit dengan membangun bisnis online di internet, akan kehilangan banyak waktu. Udah serius bekerja tau-tau tidak dapat bayaran. Uhhhh… cxapek deh.

1 comment:

  1. Berhati-hati dalam memilih situs dan program make money nya sangat penting, terutama bagi pemula yang baru menekuni bisnis online di internet. Artikel seperi diatas perlu di baca sehingga anda punya patokan dalam menentukan pilihan yang tepat.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!