May 23, 2011

Kapan Sebaiknya Blog, Anda Jadikan Sebagai Produk Andalan (1)

Apakah anda Seorang pemula? Apakah anda sudah memiliki blog?. Apakah blog anda hidup ? Apakah anda berniat menjadikan blog tersebut sebagai produk anda?.Jika ya maka silahkan baca terus tulisan ini.

Mungkin tulisan ini sedikit dapat membantu memberi tambahan wawasan dan pemahaman dalam membuat blog sebagai produk.Sebagai catatan,Sebuah blog yang sering di up date dengan artikel secara berkala belum dapat dikatakan sebagai sebuah produk.

Apalagi produk andalan. Blog sebagai produk ( bukan blog yang dibuat untuk di jual ) adalah monetize blog. Artinya membuat blog sebagai sumber penghasilan.

Mungkin anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat blog dan menghabiskan beberapa hari untuk membuat artikel dan memposting ke blog anda.Memasang iklan teks,banner dan link affiliasi.

Setelah itu anda berharap blog tersebut akan bekerja sebagai mesin yang siap mendatangkan keuntungan buat anda. Tidak, sama sekali tidak. Terlalu dini anda berharap seperti itu.

Walaupun hak anda untuk memeliki perasaan dan harapan seperti itu. Hanya saja menjadikan blog sebagai sebuah produk tidak serta merta langsung jadi. Apalagi sebagai pemula yang belum memiliki pengetahuan tentang how make money online with monetize your blog atau how make money online with monetize your blog content.

Lalu kapan 

Untuk menjadikan blog sebagai sebuah produk, dibutuhkan waktu dan usaha yang maksimal. Bahkan cenderung melelahkan dan membosangkan. Tetapi hal itu sepadan dengan hasil yang bakal anda peroleh kelak.

Hal yang paling urgen pada tahap awal adalah membuat artikel/konten blog yang menjawab dan memberi solusi bagi pencari informasi di internet.

Jadi pertanyaan pentingnya adalah “Apa yang diinginkan orang dan apa yang dapat anda berikan sebagai solusi”. Anda membutuhkan riset dan survey mengumpul informasi di beberapa sumber yang dapat di andalkan.

Katakanlah misalnya anda mendatangi google trend, google produk, google insight, amazone, ebay, dll. Anda harus bisa mendapatkan data tentang apa yang sedang banyak di bicarakan dan di cari pengguna internet.

Kata dan fhrase kata kunci apa yang banyak diketik di mesin pencari google, yahoo dan bing atau yang lain. Data- data itu akan membawa anda pada pemahaman tentang kebutuhan pasar di suatu wilayah/ target demografi dengan baik.

Selanjutnya tinggal bagaimana anda menerjemahkannya menjadi sebuah artikel yang unik dan menarik kemudian memposting di blog anda. Itulah rutinitas kerjaan anda setiap kali menyiapkan sebuah postingan.

Ping artikel baru anda di google,yahoo,bing dan bookmark di media social bookmarking sehingga artikel cepat terindeks oleh mesin pencari. Ingat semakin cepat terindeks dan semakin popular sebuah artikel di mesin pencari maka semakin besar peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari.

Inilah yang disebut teknik SEO. Cara untuk mengoptimalkan blog/artikel anda sehingga bisa tampil di halaman pertama mesin pencari.

Kenapa harus begitu

Jawabannya sederhana. Blog butuh pengunjung dan artikel butuh pembaca. Pengunjung datang dan membaca artikel anda melalui arahan mesin pencari. Persis seperti ketika anda mencari sebuah informasi, mengetik kata kunci dan anda diarahkan pada 10 alamat sumber di halaman pertama.

Siapa pembaca Anda. Adakah orang yang sukarela mengikuti anda. Datang dan membaca artikel di blog???.Siapa diri anda, mungkin tidak ada yang menganal di jagat internet.

Tidak ada orang yang mau dengan sukarela berkunjung keblog anda untuk menjadi pembaca artikel anda. Kecuali anda adalah Dika Andika,Joko Susilo, Dini santi,atau blogger papan atas yang sudah terkenal( yang pasti bukan saya hehehe...:).

Kabar baiknya adalah anda tidak perlu di kenal oleh siapapun  untuk bisa mendatangkan pengunjung ke blog anda. Kok bisa? Ya, internet dapat melakukan hal seperti itu. Bahkan dengan biaya yang sangat minim malahan nihil alias gratis...........bersambung bag (2)

3 comments:

  1. Mungkin pengecualian kalo blognya di buatkan oleh blog designer yang sudah berpengalaman dan kontentnya di buatkan oleh penulis artikel yang berbayar.

    ReplyDelete
  2. jd produk blog klo sy masih jauh mas, bikin artikel satu aja, bisa nyampe berhari-hari, haduhhh ternyata perjuangan masih panjang :)

    ReplyDelete
  3. @Souvenir tasbih, paling tidak kita sudah memulai, kesulitan akan membuat kita lebih baik. Jadi tidak masalah maju terus...

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!