Sep 9, 2011

Inilah 7 Viral Marketing Yang Efektif Anda Gunakan

Anda mungkin masih ingat bagaimana video dari seorang polisi di Gorontalo yang di unggah ke You tube. Briptu Norman Kamaru. Pak Polisi yang didalam video itu menunjukkan ke bolehannya bernyanyi caiya-caiya.

Dalam hitungan hari video itu telah ditonton jutaan orang dan menjadi berita yang banyak di perbincangkan oleh banyak media dan banyak orang.

Inilah contoh kasus yang menggambarkan bagaimana suatu informasi menyebar secara cepat seperti layaknya virus ( viral ) yang dapat menyebar sangat cepat dalam hitungan menit ke banyak korban.

Apa itu Viral Marketing?

Pikirkan sejenak tentang hal itu. Dari seorang Polisi yang tidak di kenal kecuali keluarga ,teman dan rekan sejawatnya,hanya dalam beberapa minggu yang singkat, kemudian menjadi buah bibir banyak orang di seluruh Indonesia di berbagai lapisan masyarakat. 

Dampaknya, Pak Norman kemudian laris manis menjadi tamu di beberapa acara TV nasional.Itulah kekuatan dari viral marketing. Jadi, apa sebenarnya viral marketing?

Menurut David Jackson dalam SiteProNews, viral marketing adalah kata dari mulut ke mulut. Dan seperti yang Anda tahu, kata dari mulut ke mulut adalah metode iklan yang paling kuat di dunia online ataupun offline.

Istilah viral marketing pertama kali digunakan pada tahun 1997 untuk menjelaskan pertumbuhan yang luar biasa dari Hotmail yang terakumulasi lebih dari 8 juta pengguna di 18 bulan yang menakjubkan. Hotmail kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 dengan nilai konvensasi sebesar $400 juta.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang tanpa sadar telah melakukan viral marketing ini dengan cara merekomendasikan suatu produk atau jasa yang memberi kepuasan pemakaian kepada orang lain, keluarga, teman atau orang lain. 

Dindunia online ada banyak review suatu produk dan jasa yang terkadang telah mempengaruhi sehingga pembaca memutuskan menggunakan produk dan jasa seperti yang di tulis di review.

Bagaimana Menerapkan Strategi Viral Marketing

Untuk menerapkan strategi viral marketing maka syarat yang harus dipenuhi adalah :

1. Sesuatu yang dapat dengan mudah dikirim ke orang lain dengan sedikit usaha
2. Harus menjadi sesuatu yang "menonjol" dari seluruh konten di Internet
3. Harus memiliki semacam nilai pendidikan atau nilai hiburan

Berikut 7 teknik viral marketing yang dirkomendasikan oleh David Jackson yang dapat menjadi bagian dari strategi pemasaran Anda

1. Video. Upload sebuah video yang menarik, pendidikan dan atau menghibur ke YouTube, Metacafe dan video lainnya.

2. Media Sosial. sulit untuk membayangkan bisnis memiliki tingkat keberhasilan yang sama saat ini tanpa ikut serta dalam jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan lainnya.

3. Artikel pemasaran. Ini dapat menyebar cepat  asalkan tentu saja, mereka ditulis dengan baik, menarik, pendidikan dan atau menghibur serta memberikan nilai yang baik.

4. Tombol tweet. Tombol tweet cukup banyak di mana-mana hari ini. Widget ini berguna memungkinkan pengguna untuk mengirim tweet ke profil Twitter mereka dari situs web apapun.

5. Berbagi pakai Widget. Widget Berbagi memberikan pengunjung Anda kemampuan untuk dengan mudah berbagi dan bookmark situs Anda melalui jaringan website sosial populer.

6. E-Book. Jika ebook berisi konten yang menarik, menghibur dan atau pendidikan, dan menawarkan nilai yang baik, pembaca antusias akan menularkannya kepada orang lain.

7. Newsletter. Newsletter tidak hanya merupakan cara terbaik untuk menjaga nama bisnis Anda di depan pelanggan Anda, mereka juga memiliki potensi virus yang sangat baik. Untuk mengambil keuntungan penuh dari potensi ini, pada akhir newsletter Anda, SELALU mendorong pembaca untuk mengirim newsletter Anda kepada orang lain

Demikian sekilas informasi tentang Viral Marketing. Semoga ini bisa bermanfaat. Sukses selalu untuk bisnis online Anda

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!