Sep 15, 2011

Sudahkah Anda Berlangganan Newsletter?

Newsletter merupakan salah satu cara untuk menyebarkan berbagai macam informasi. Dalam prakteknya pemilik blog membuka form untuk menjaring pelanggan newsletter.

Terutama yang berhubungan dengan topik yang menjadi konten di blog mereka. Hal ini dimaksudkan sebagai cara untuk mewartakan informasi aktual sehingga pelanggan bisa segera mengetahuinya.

Sebagai blogger pemula atau newbie bisnis online, hal ini boleh jadi merupakan sebuah kebutuhan primer karena dari situ mereka dapat mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan topik-topik yang relevan dengan minatnya. 

Misalnya ketika Anda mengikuti program afiliasi di suatu program bisnis online, Anda akan mendapat informasi fresh setiap kali ada up date artikel dari pemilik produk/situs. Sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dan mungkin mengadaptasi hal-hal/kebijakan baru yang di sampaikan.

Pelanggan newsletter dapat menerima banyak tips-tips yang dapat segera diaplikasikan tanpa repot-repot mencarinya. Misalnya tips make money online, membangun backlink, teknik SEO, Design blog/web, membangun blog, monetize blog, Menguangkan konten, atau Anda bisa juga menerima penawaran produk dan jasa dari produsen dengan potongan harga selama periode penawaran.

Dengan informasi di newsletter tersebut, Anda bahkan dapat memperoleh materi dan memunculkan ide untuk menulis postingan diblog Anda. Misalnya jika Anda menerima tips SEO on page atau off page blog maka Anda dapat menulis ulang atau menerjemahkan jika itu dirasa perlu.

Bahkan sebagai pelanggan newsletter Anda bisa jadi mendapatkan pasilitas dari pemilik blog, berdiskusi dan bertanya tentang hal yang relevan dengan topic blog.

Dari pengalaman satu tahun terakhir, saya dan Smart Bisnis Online memperoleh banyak sekali manfaat dari berlangganan newsletter terutama dalam memperoleh ide tulisan dan materi postingan di blog. Ini penting karena terkadang blogger juga kehilangan ide atau mood menulis postingan di blognya.

Jadi intinya dengan newsletter Anda akan menerima informasi banyak hal, dari berbagai topik. Anda hanya perlu memilih dan memilah mana informasi yang di butuhkan mana yang tidak. Sisihkan informasi yang dianggap tidak penting, terutama yang tidak terkait dengan minat Anda sebagai blogger. Ini juga penting supaya Anda tetap pocus pada tema utama konten blog serta agar Anda tidak dibuat pusing oleh informasi yang melimpah.

Cobalah untuk blokwalking dan mencari blog/web yang di kelola oleh seorang expert dibidangnya. Jika Anda tertarik dengan mereka silahkan submit alamat email Anda di form yang tersedia. Blog yang baik biasanya di lengkapi dengan form submit/subscribe email. Ini merupakan pintu masuk bagi pengunjung untuk berlangganan newsletter dan cara yang baik menjaring pelanggan dan list building.

Bagaimana, sudahkah Anda berlangganan newsletter ?

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!